Benarkah Asam Jawa Ampuh Atasi Sakit Tenggorokan?
searchtext customer service

Adakah Manfaat Asam Jawa untuk Sakit Tenggorokan?

Asam jawa diyakini bermanfaat untuk menjaga kesehatan tenggorokan. Bahan alami ini konon dapat mengatasi sakit tenggorokan. Benarkah begitu? Cek faktanya!
Adakah Manfaat Asam Jawa untuk Sakit Tenggorokan?

Klikdokter.com, Jakarta Rasa asam manis yang ditawarkan Tamarindus indica alias asam jawa kadang sulit ditolak. 

Salah satu bahan tradisional ini kerap dijadikan sebagai campuran dalam beragam sajian, seperti sayur asem, sambal, hingga minuman.

Bukan itu saja, asam jawa juga sering digunakan dalam pengobatan tradisional. Salah satu manfaat unggul asam jawa yang sering disebut-sebut adalah mengatasi sakit tenggorokan. 

Tapi, benar efektif atau tidak, ya, khasiat asam jawa untuk tenggorokan itu? Yuk, cari tahu!

Artikel Lainnya: Sakit Tenggorokan Sebelah? Ternyata Ini Penyebabnya!

Menilik Manfaat Asam Jawa untuk Tenggorokan

Menilik Manfaat Asam Jawa untuk Tenggorokan

Asam jawa termasuk dalam golongan polong-polongan, karena menghasilkan buah yang berbentuk seperti kacang polong. Tumbuhan ini mengandung daging asam yang menjadi sangat manis saat dimatangkan. 

Asam jawa mengandung magnesium, potasium, zat besi, kalsium, serta vitamin B1, B2, dan B3. Buah ini pun juga mengandung 6 gram serat, 3 gram protein, dan 1 gram lemak. 

Tamarin. nama lain asam jawa, memiliki kandungan kalori sebesar 287 yang hampir semuanya berasal dari gula.

Karena punya kalori yang cukup tinggi dibandingkan buah lain, Anda yang sedang dalam program diet mungkin harus membatasi konsumsinya.

Lantas, bagaimana dengan manfaat asam jawa untuk tenggorokan? Hingga saat ini, belum ada penelitian yang menyebutkan bahwa buah tersebut efektif dalam mengobati sakit tenggorokan. 

Meski begitu, asam jawa mengandung polifenol yang memiliki sifat antioksidan dan antiradang. Keduanya konon dapat menurunkan risiko masalah kesehatan, seperti penyakit jantung, kanker, dan diabetes.

Ekstrak biji asam jawa juga diyakini bisa membantu menurunkan kadar gula darah. Ekstrak daging buahnya pun digadang-gadang dapat membantu Anda menurunkan berat badan. 

Artikel Lainnya: Makanan yang Aman Dikonsumsi Saat Sakit Radang Tenggorokan

Tips Minum Asam Jawa

Tips Minum Asam Jawa

Manfaat air asam jawa untuk sakit tenggorokan memang belum terbukti secara klinis. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa menikmati kesegaran tamarin beserta manfaat sehatnya. 

Cara menyiapkan minuman asam jawa sebenarnya cukup sederhana. Pertama, rebuslah air hingga mendidih. Lalu, masukkan sekitar 1 sendok makan asam jawa ke dalamnya, dan aduk rata. Tambahkan gula jawa atau gula pasir sesuai selera. Rebus hingga larut.

Bila air asam jawa sudah berwarna kecokelatan, matikan kompor. Saring dan tuang ke dalam gelas. Minumlah selagi hangat. 

Selain membuatnya sendiri, Anda juga bisa mengonsumsi asam jawa dalam bentuk suplemen. Cara ini tergolong lebih praktis, mudah, dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. 

Hanya saja, mengingat asam jawa punya kandungan gula, sebaiknya Anda tetap perhatikan pemanis tambahan dalam minuman. 

Jika memutuskan untuk mengonsumsi asam jawa dalam bentuk suplemen, Anda pun sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter. Hal ini bertujuan untuk menghindari kemungkinan efek samping merugikan.

Artikel Lainnya: Batuk Sudah Sembuh, Kenapa Tenggorokan Masih Sakit?

Namun, jangan sembarangan mengonsumsi asam jawa. Orang dalam kondisi tertentu harus cermat sebelum mengonsumsi asam jawa. 

Penderita diabetes dan orang yang sedang dalam program diet, misalnya, perlu berkonsultasi lebih lanjut kepada dokter apabila ingin mengonsumsi asam jawa secara rutin.

Hal tersebut berkaitan dengan kandungan kalori yang cukup tinggi di dalam asam jawa. 

Semakin banyak kalori yang masuk ke dalam tubuh, semakin besar juga risiko obesitas atau berat badan di atas normal.

Seperti diketahui, obesitas adalah salah satu faktor risiko berbagai penyakit mematikan, seperti penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke

Artikel Lainnya: Kenali Penyebab Sakit Tenggorokan Setelah Jogging

Kondisi Sakit Tenggorokan yang Harus Dibawa ke Dokter

Kondisi Sakit Tenggorokan yang Harus Dibawa ke Dokter

Ketika mengalami sakit tenggorokan, pertolongan pertama yang dapat Anda lakukan adalah mengonsumsi air hangat. 

Tidak ada salahnya juga jika Anda ingin mencoba mengonsumsi olahan asam jawa, asalkan tetap meminimalkan penggunaan pemanis tambahan agar tak malah merugikan kesehatan.

Apabila keluhan tidak kunjung membaik, terlebih disertai dengan demam tinggi, sulit menelan, hingga gangguan makan, sebaiknya segera berkonsultasi kepada dokter. Hal ini bertujuan untuk diagnosis lebih lanjut guna mengetahui terapi yang paling tepat.

Baca Juga

Masih punya pertanyaan seputar bahan alami untuk mengatasi sakit tenggorokan? Anda bisa berkonsultasi lebih lanjut kepada dokter secara daring melalui Live Chat 24 jam atau aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Febryan Agus Pramudyo, Sp. GK

Spesialis Gizi Klinik
wallet
Rp. 50.000

ARTIKEL TERKAIT

Manfaat Minyak Jarak untuk Kesehatan

Info Sehat
11 Mei

Manfaat Jus Seledri untuk Tumbuhkan Rambut?

Info Sehat
08 Mei

Efek Samping Kapulaga yang Perlu Anda Waspadai

Info Sehat
08 Mei

Manfaat Bunga Brahmi untuk Kesehatan

Info Sehat
22 Apr

Manfaat Air Pandan, Meredakan Demam hingga Turunkan Risiko Kanker

Info Sehat
18 Apr

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat