search

Ketahui Perbedaan Face Wash dan Face Cleanser

Banyak yang beranggapan kalau face wash dan face cleanser memiliki fungsi yang sama. Padahal, tidak! Intip beda face wash dan cleanser di sini.
Ketahui Perbedaan Face Wash dan Face Cleanser

Klikdokter.com, Jakarta Saat ini banyak jenis pembersih muka yang ditawarkan di pasaran. Selain face wash, ada juga face cleanser. Wah, memang berbeda face wash dan face cleanser, ya? 

Jika diartikan, face wash dan face cleanser memang memiliki arti yang kurang lebih sama. Namun, jika dilihat lebih dalam, keduanya memiliki fungsi yang berbeda.

1 dari 3

Beda Face Wash dan Face Cleanser?

loading

Agar lebih jelas mengetahui perbedaan face wash dan face cleanser, simak ulasan di bawah ini:

1. Face Wash

Face Wash
loading

Face wash atau sabun pembersih wajah adalah produk yang berbahan dasar air. Biasanya diformulasikan dalam bentuk gel, busa, ataupun batangan. Produk ini digunakan untuk membersihkan wajah dari kotoran, debu, dan polusi.

Kebanyakan sabun pencuci muka akan menjadi sangat berbusa saat dipijat ke kulit wajah. Kandungan astringent dalam face wash yang menghasilkan busa pada sabun pembersih wajah.

Busa pada face wash menandakan bahwa sabun benar-benar masuk ke dalam kulit dan membersihkan pori-pori, sekaligus menyapu minyak. Bagi Anda  yang memiliki kulit berminyak, face wash bisa sangat membantu mengurangi sebum berlebih di wajah.

Artikel lainnya: Mengungkap Salah Kaprah tentang Kulit Berminyak

Namun begitu, bukan berarti face wash tidak bekerja pada orang dengan jenis kulit kering, sensitif, kombinasi, atau normal. Anda hanya perlu menyesuaikan dengan kandungan yang tepat.

Menggunakan face wash disarankan tidak terlalu sering, yakni dua kali dalam sehari saja. Jika Anda terlalu sering menggunakannya, dikhawatirkan terlalu banyak minyak hilang dari kulit. Hal itu dapat menyebabkan kulit terasa “kencang” dan kering.

2. Face Cleanser

Face Cleanser
loading

Face cleanser adalah solusi lain dalam menghilangkan kotoran dan minyak di wajah. Produk ini juga bekerja lebih efektif dalam menghilangkan riasan dan produk kecantikan lainnya dibandingkan face wash

Beberapa orang bahkan menggunakan face cleanser  sebelum menggunakan produk perawatan wajah lainnya atau sebelum menggunakan make up. Hal ini karena face cleanser  tidak memiliki konsistensi busa seperti sabun pencuci muka. Penggunaannya pun tidak perlu dibilas dengan air.

Melansir shorthillsderm, tidak seperti sabun pencuci muka pada umumnya, face cleanser  tidak mengandung bahan pengiritasi kulit, seperti natrium lauril sulfat. Selain itu, face cleanser  juga lebih lembut di kulit dan melembapkan lebih baik daripada face wash.

Menurut para ahli kulit, penggunaan pembersih kulit bervariasi berdasarkan gaya hidup Anda. Anda yang sering merias wajah atau bepergian ke luar rumah disarankan menggunakan cleanser untuk menghilangkan polutan dan penumpukan produk kecantikan di wajah.

Artikel lainnya: Benarkah Puasa Skin Care atau Skin Fasting Bermanfaat untuk Kulit?

2 dari 3

Dapatkah Face Wash dan Face Cleanser Dipakai Bersama?

Dapatkah Face Wash dan Face Cleanser Dipakai Bersama?
loading

Dijelaskan oleh dr. Astrid Wulan Kusumoastuti menggunakan face wash dan face cleanser pada dasarnya boleh digunakan bersama. Namun, penggunaannya perlu disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan kulit.

“Pakai satu saja, atau double cleanse, atau tidak sama sekali, kembali ke jenis kulit masing-masing. Sesuaikan dengan  kebutuhan, dan kandungan dari face wash atau cleanser-nya,” ucap dr. Astrid.

Jika Anda termasuk orang yang sering menggunakan riasan wajah atau sering terkena polusi udara, disarankan untuk menggunakan face cleanser terlebih dahulu. Setelah itu, barulah gunakan face wash agar wajah Anda benar-benar bersih dari kotoran, polusi, dan sisa make-up.

Jika penggunaan face wash atau face cleanser membuat kulit terasa lebih kering atau sensitif, mungkin Anda perlu menyesuaikan lagi produk yang digunakan.

Jika terjadi kemerahan atau tanda-tanda alergi dari pembersih muka yang Anda gunakan segera hentikan pemakaian. Konsultasikan dengan dokter kulit untuk mencari tahu penyebab dan cara mengatasinya.

Baca Juga

Anda kini sudah tahu beda face wash dan cleanser. Bila masih ada pertanyaan seputar topik ini, manfaatkan layanan Live Chat di aplikasi Klikdokter untuk berkonsultasi langsung dengan dokter.

[HNS/JKT]

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Deryne A Paramita, Sp.KK(K)

Spesialis Kulit dan Kelamin
wallet
Rp. 50.000
avatar

dr. Vina Feriza, Sp. KK

Spesialis Kulit dan Kelamin
wallet
Rp. 30.000
avatar

dr. Monalisa Manik, M.Ked, Sp.KK

Spesialis Kulit dan Kelamin
wallet
Rp. 50.000

ARTIKEL TERKAIT

Apa Bedanya Skincare Face Mist dan Toner?

Info Sehat
02 Apr

Wajib Tahu, Ini Kandungan Skincare yang Tidak Boleh Dipakai Bersamaan

Info Sehat
31 Mar

Sedang Tren, Ini Manfaat Bubble Mask untuk Kulit Wajah

Info Sehat
27 Mar

Berbagai Masalah Kulit yang Sering Dialami Bayi

Info Sehat
27 Mar

Mengenal Manfaat Detoks Rambut dan Kulit Kepala

Info Sehat
24 Mar

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat