6 Obat Herbal untuk Nyeri Sendi yang Bisa Anda Pilih
search

Obat Nyeri Sendi Alami yang Bisa Anda Jadikan Pilihan

Nyeri sendi tak melulu bisa diatasi dengan obat dari dokter. Ada pula beberapa obat herbal nyeri sendi yang bersifat alami dan terbukti efektif. Apa saja? Yuk, cari tahu.
Obat Nyeri Sendi Alami yang Bisa Anda Jadikan Pilihan

Klikdokter.com, Jakarta Nyeri sendi bisa menjadi masalah serius bagi kebanyakan orang. Oleh karena itu, penderitanya selalu berupaya agar bisa segera terbebas dari penyakit tersebut.

Salah satu cara yang dapat secara efektif mengatasi nyeri sendi ringan adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan herbal yang bersifat alami. 

Adapun beberapa obat herbal nyeri sendi yang bisa Anda jadikan pilihan, yaitu:

1. Teh Hijau

"Teh hijau memiliki banyak kandungan polifenol, serta bersifat antiradang dan antioksidan. Efek biasanya meredakan nyeri akibat radang sendi," kata dr. Muhammad Iqbal Ramadhan.

2. Jahe

"Jahe bisa digunakan sebagai obat antiradang. Sifat ini mirip dengan obat rheumatoid arthritis, seperti ibuprofen atau COX 2 inhibitor," jelas dr. Iqbal.

Berdasarkan dr. Iqbal, jahe juga bisa digunakan untuk mengurangi nyeri sendi akibat asam urat.

Artikel Lainnya: Berbagai Penyakit Sendi yang Harus Anda Waspadai

1 dari 3

3. Lidah Buaya

Lidah Buaya
loading

Siapa sangka, lidah buaya ternyata tak hanya dapat digunakan untuk masalah kecantikan dan rambut. Tumbuhan bernama aloe vera ini juga dapat digunakan untuk masalah nyeri sendi, lho!

“Lidah buaya memiliki efek antiradang. Sifatnya mencegah pelepasan enzim pemicu peradangan ke dalam darah," tegas dr. Iqbal.

4. Air Garam

"Bisa menggunakan rendaman air garam. Air hangat yang dicampur dengan garam disinyalir bisa meredakan nyeri derajat ringan akibat peradangan sendi," tutur dr. Iqbal.

5. Kunyit

Kunyit sering digunakan sebagai bahan masakan. Siapa sangka, herbal tersebut ternyata juga bisa mengatasi sensasi nyeri akibat radang sendi

Kandungan nutrisi utama kunyit, yaitu kurkumin, memiliki sifat antiradang. Kunyit telah lama dipakai dalam pengobatan tradisional Ayurveda dan Cina. 

Beberapa studi menduga, rempah ini bisa membantu mengatasi nyeri sendi dan kondisi rematik lainnya.

Artikel Lainnya: Jangan Lengah, Ini 3 Gejala Awal Radang Sendi (Osteoartritis)

2 dari 3

6. Eucalyptus

Eucalyptus
loading

Eucalyptus atau minyak hasil sulingan daun kayu putih memiliki sifat antibakteri, antivirus, dan antiradang. 

Flavonoid dan tanin dalam daun kayu putih juga memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan dan nyeri.

Sebuah studi tahun 2016 yang terbit dalam National Library of Medicine (PubMed) mengatakan, ekstrak daun kayu putih dapat secara signifikan mengurangi dua enzim peradangan: interleukin-6 dan tumor necrosis factor alpha.

Anda dapat membeli ekstrak kayu putih sebagai minyak esensial. Anda dapat mencampurkannya sebagai air rendaman untuk mandi. 

Akan tetapi, orang sensitif harus berhati-hati saat menggunakan ramuan tersebut. Paparan minyak kayu putih dapat menimbulkan reaksi alergi pada orang-orang yang sensitif terhadap bahan tersebut.

Itu dia deretan herbal yang bisa dijadikan sebagai obat alami nyeri sendi. Agar manfaatnya optimal dan terhindar dari efek samping, Anda sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter sebelum menggunakannya.

"Efek sampingnya ada beberapa, misalnya nyeri perut atau perut kembung. Biasanya karena belum makan, untuk ramuan herbal yang diminum," ucap dr. Iqbal.

"Bisa juga mengalami mual, muntah, dan diare kalau penggunaannya berlebihan atau dikonsumsi dalam keadaan perut kosong," pungkasnya.

Baca Juga

Tertarik dengan tanaman herbal untuk nyeri sendi? Konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter agar mendapatkan manfaat yang optimal dan terhindar dari efek samping.

Apabila butuh tuntunan lebih lanjut dari dokter sebelum menggunakan obat herbal nyeri sendi, Anda bisa berkonsultasi lebih lanjut dengan memanfaatkan layanan LiveChat 24 jam atau di aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Nadia Syifa

Dokter Umum
wallet
Rp. 15.000
avatar

dr. Peter Fernando

Dokter Umum
wallet
Rp. 35.000
avatar

dr. Jessica Wirjosoenjoto

Dokter Umum
wallet
Rp. 10.000

ARTIKEL TERKAIT

Tak Cuma Jadi Obat Ambeien, Ini Manfaat Daun Ungu untuk Kesehatan

Info Sehat
05 Apr

Manfaat Istimewa Daun Kratom bagi Kesehatan

Info Sehat
05 Apr

Manfaat Jus Seledri untuk Tumbuhkan Rambut?

Info Sehat
04 Apr

Manfaat Daun Beluntas untuk Kesehatan Tubuh Anda

Info Sehat
03 Apr

Tak Hanya untuk Ikan Cupang, Ini Manfaat Daun Ketapang bagi Manusia

Info Sehat
02 Apr

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat