search

Pakai Celana Jeans Saat Hamil Bisa Ganggu Perkembangan Janin?

Katanya, ibu tak boleh pakai celana jeans saat hamil karena dapat membahayakan janin. Benarkah? Untuk tahu jawabannya, simak penjelasan dokter berikut ini.
Pakai Celana Jeans Saat Hamil Bisa Ganggu Perkembangan Janin?

Klikdokter.com, Jakarta Kehamilan membawa banyak perubahan bagi seorang wanita, salah satunya soal gaya berpakaian. Karena perut yang semakin membesar, umumnya ibu hamil akan memakai legging atau celana bahan agar merasa lebih nyaman.

Namun, ada juga ibu hamil yang tetap memakai celana jeans sebagai pakaian sehari-hari. Sayangnya, penggunaan celana jeans saat ibu sedang hamil kerap menjadi pantangan tersendiri. 

Sebab, pakai celana jeans dapat menekan bagian perut ibu dan menghambat perkembangan janin. Benarkah demikian?

1 dari 3

Benarkah Pakai Celana Jeans saat Hamil Mengganggu Perkembangan Janin?

Benarkah Pakai Celana Jeans saat Hamil Mengganggu Perkembangan Janin?
loading

Melansir dari The Health Site, sampai saat ini tidak ada penelitian yang membuktikan bahwa pakai celana jeans selama hamil dapat membahayakan atau menghambat perkembangan janin. 

Pasalnya, di dalam rahim terdapat banyak cairan ketuban yang melindungi janin terhadap tekanan  dari luar. 

Kendati tidak berbahaya, namun dr. Reza Fahlevi, Sp. A, mengatakan bahwa penggunaan celana jeans selama hamil tetap perlu diperhatikan. Ibu harus menggunakan atau memakai celana jeans yang tidak terlalu ketat.

“Secara umum, kalau masih kehamilan muda dan hanya sesekali pakai celana jeans masih tidak apa-apa. Tetapi kalau sering, kehamilannya sudah masuk trimester 2, atau jeans-nya terlalu ketat, maka bisa menyebabkan beberapa gangguan selama kehamilan,” ucap dr. Reza.

Artikel Lainnya: Tips Berpakaian untuk Ibu Hamil agar Bisa Bergerak Lebih Nyaman

Dilansir dari beberapa sumber, memakai celana jeans terlalu ketat saat sedang hamil dapat menyebabkan dampak berikut ini. 

  1. Ibu Tidak Nyaman Bergerak

Ukuran celana jeans saat hamil dan sesudah hamil pasti berbeda. Sebab, kehamilan akan membuat ukuran celana, paha, dan perut ibu bertambah besar. Jika memakai celana yang kesempitan, ibu bakal merasa tidak nyaman saat bergerak. 

  1. Berisiko Menyebabkan Meralgia Paresthetica

Melansir dari Babymed, meski tidak terbukti mengganggu perkembangan bayi, namun memakai celana jeans ketat saat hamil dapat menyebabkan masalah kesehatan tertentu.

Mengenakan celana jeans ketat saat hamil dapat memicu kondisi yang disebut meralgia paresthetica. Kondisi ini terjadi ketika saraf tertekan oleh jaringan sekitarnya. Akibatnya paha terasa nyeri, mati rasa, dan kesemutan.

Artikel Lainnya: Supaya Tetap Nyaman, Ini Tips Memilih Bra untuk Ibu Hamil

  1. Menyebabkan Heartburn

Ibu hamil yang menggunakan celana jeans ketat dapat mengalami heartburn. Pasalnya, celana yang kesempitan atau ketat dapat menekan bagian perut, sehingga ibu hamil dapat mengalami refluks asam lambung yang berujung pada munculnya heartburn. 

Gejala lain dari kondisi heartburn saat hamil adalah rasa terbakar atau panas di dada. 

  1. Infeksi Jamur Vagina

Penggunaan celana jeans terlalu sering dapat meningkatkan pertumbuhan jamur di vagina. Karena kebanyakan bahan celana jeans kurang dapat menyerap keringat. 

Dampaknya, area vagina menjadi lembap dan panas. Kondisi vagina seperti itu merupakan tempat ideal bagi jamur berkembang biak.

  1. Aliran Darah Tidak Lancar

Aliran darah tubuh ibu hamil saat pakai celana jeans bisa menjadi tak lancar. Hal ini mesti dihindari, karena sirkulasi darah yang lancar sangat penting untuk mengirim oksigen dan makanan ke janin. 

Selain itu pakai celana jeans terlalu ketat saat ibu sedang hamil dapat menyebabkan rangkaian saraf dan otot jadi terhimpit. Akibatnya, bisa timbul pembengkakan, kesemutan, kebas, atau rasa nyeri di kaki. 

Artikel Lainnya: Tips Mandi Sehat untuk Ibu Hamil Sesuai Trimester Kehamilan

2 dari 3

Tips Memilih Pakaian yang Aman untuk Ibu Hamil

Tips Memilih Pakaian yang Aman untuk Ibu Hamil
loading

Dokter Reza Fahlevi menyarankan ibu untuk mengenakan pakaian yang aman selama hamil. Berikut adalah tips memiliki pakaian saat hamil:

  • Gunakan pakaian atau celana yang longgar agar aliran darah ibu hamil lancar. Pakaian tersebut juga dapat membuat nyaman sehingga ibu bebas bergerak saat hamil.
  • Pilih pakaian atau celana berbahan katun karena kainnya ringan dan mudah menyerap keringat.
  • Gunakan celana yang bagian pinggangnya menggunakan tali, bukan karet atau kancing. Celana pinggang tali dapat menyesuaikan dengan besar kecilnya perut ibu saat hamil.
  • Gunakan rok atau dress agar lebih mudah saat ibu buang air kecil.
Baca Juga

Itu dia penjelasan mengenai bahaya pakai celana jeans saat ibu sedang hamil. Jika masih punya pertanyaan lain seputar kehamilan Anda bisa berkonsultasi langsung dengan dokter menggunakan fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter.

(OVI/JKT)

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Donny Sutrisno Winardo, Sp. OG

Spesialis Kebidanan dan Kandungan
wallet
Rp. 50.000
avatar

dr. Akbar Novan Dwi Saputra, Sp. OG

Spesialis Kebidanan dan Kandungan
wallet
Rp. 15.000
avatar

dr. Veny Melinda, Sp. OG

Spesialis Kebidanan dan Kandungan
wallet
Rp. 50.000

ARTIKEL TERKAIT

Kenali Gejala Abortus Habitualis atau Keguguran Berulang

Info Sehat
05 Apr

Habis Suntik KB, Bolehkah Langsung Berhubungan Seks?

Info Sehat
02 Apr

Terdeteksi Protein Positif 1 di Hasil Cek Kehamilan, Apa Artinya?

Info Sehat
01 Apr

Manfaat Daun Ubi untuk Ibu Hamil

Info Sehat
30 Mar

Penyebab Terjadinya Hidden Twins dan Pengaruhnya pada Janin

Info Sehat
27 Mar

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat