10 Pilihan Makanan Agar Bayi Tidur Lebih Nyenyak
searchtext customer service

Pilihan Makanan Pendamping ASI yang Bikin Bayi Tidur Lebih Nyenyak

Orang tua bisa membantu bayi untuk tidur lebih nyenyak lewat makanan. Mari ketahui makanan apa saja yang bisa membuat bayi tidur lebih pulas.
Pilihan Makanan Pendamping ASI yang Bikin Bayi Tidur Lebih Nyenyak

Klikdokter.com, Jakarta Tidur merupakan aktivitas yang sangat penting bagi bayi. Tidur yang cukup akan membuat bayi sehat karena saat tidur, sel-sel tubuh beregenerasi dan terjadi detoksifikasi sehingga dapat mengembalikan energi setelah bangun. 

Selain itu, tidur yang cukup dapat membantu pertumbuhan bayi. Karena saat bayi tertidur lelap di malam hari, hormon-hormon pertumbuhan akan keluar.

Agar bayi tidur nyenyak, tentunya orang tua perlu melakukan sleep hygiene. Misalnya, dengan mengganti popok dan pakaian, membacakan cerita, serta memperhatikan kenyamanan kamar tidur bayi.  

Hal lainnya yang tidak kalah penting adalah asupan makanan, karena bayi tentunya tidak dapat tidur nyenyak jika berada dalam kondisi lapar. Nah, berikut adalah beberapa makanan yang bisa membuat bayi tidur nyenyak

1 dari 11

1. ASI

ASI
loading

ASI diberikan secara eksklusif pada bayi kurang dari 6 bulan. Pada bayi, ASI dapat diberikan sebelum tidur dan menjadi pengantar tidur. 

ASI mengandung nutrisi yang lengkap dan membuat anak kenyang sehingga ia dapat tertidur dengan nyenyak. Bahkan, banyak bayi yang tertidur sambil menyusui di malam hari. 

Artikel lainnya: Kesalahan Menyiapkan MPASI yang Umum Dilakukan Orang Tua

2 dari 11

2. Pisang

Pisang
loading

Pada anak di atas 6 bulan, MPASI dengan berbagai komposisi sudah dapat diberikan. Salah satu MPASI yang bisa disajikan kepada bayi yakni pisang.

Pisang adalah makanan yang dapat membuat bayi mudah tertidur nyenyak. Selain kandungan karbohidrat di dalamnya yang mengenyangkan, pisang juga menyimpan melatonin dan magnesium yang membantu bayi terlelap pulas. 

3 dari 11

3. Salmon

Salmon
loading

Makanan lain yang dapat membuat bayi cepat tidur adalah salmon. Ikan salmon merupakan sumber protein dan omega-3 yang baik untuk kesehatan serta tumbuh kembang bayi. 

Tak hanya itu, ikan salmon juga dapat memicu keluarnya hormon melatonin yang bisa membuat bayi tidur lebih nyenyak.

4 dari 11

4. Oat

Oat
loading

Pada bayi usia 6 bulan ke atas, orang tua dapat memberikan oat di malam hari agar bayi tidur lebih pulas. 

Oat membuat bayi kenyang lebih lama, sehingga ia bisa tertidur lebih pulas. Apalagi oat juga mengandung melatonin yang dapat membuat bayi tidur sepanjang malam. 

Kandungan serat yang terdapat dalam oat juga mampu memperlancar sistem pencernaan bayi Anda.

Artikel lainnya: 10 Resep MPASI untuk Bayi Usia Enam Bulan atau Lebih

5 dari 11

5. Nanas

Nanas
loading

Buah nanas dapat diberikan kepada bayi dalam jumlah terbatas sebagai pengenalan rasa. Selain untuk memperkenalkan rasa kepada bayi, nanas juga mengandung melatonin sehingga membuatnya mudah tidur. 

Para peneliti menemukan bahwa setelah mengonsumsi nanas, penanda melatonin dalam tubuh dapat naik hingga 266 persen. Itulah mengapa nanas bisa menjadi MPASI untuk membantu bayi terlelap. 

6 dari 11

6. Anggur

Anggur
loading

Anggur merupakan salah satu makanan yang membuat bayi tidur lebih nyenyak. Itu karena anggur mengandung melatonin di dalamnya. 

Anggur memiliki rasa yang enak serta tekstur yang lunak, sehingga biasanya digemari oleh bayi. Namun, tetap batasi konsumsi anggur untuk bayi karena kandungan gulanya cukup tinggi.

7 dari 11

7. Bayam

Bayam
loading

Sayuran yang satu ini sering diolah menjadi menu MPASI karena nutrisinya yang beragam. Selain mengandung zat besi serta vitamin C, bayam juga menyimpan asam amino triptofan. 

Triptofan dapat merangsang pengeluaran hormon melatonin dan serotonin, sehingga dapat membantu bayi tidur nyenyak.

Artikel lainnya: Telat Memberikan MPASI Dapat Mengakibatkan Hal Ini pada Bayi

8 dari 11

8. Nasi Putih

Nasi Putih
loading

Kandungan karbohidrat yang terdapat dalam nasi putih dapat membantu bayi kenyang hingga tertidur pulas. 

Studi menunjukkan bahwa konsumsi makanan tinggi karbohidrat menjelang waktu tidur dapat meningkatkan rasa kantuk. 

Namun, tentunya nasi tidak berikan sendirian saja kepada bayi. Tetap harus dikombinasikan dengan sumber protein dan lemak agar menjadi menu seimbang untuk bayi. 

9 dari 11

9. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan
loading

Berbagai jenis kacang-kacangan merupakan makanan yang dapat membuat bayi tidur lebih nyenyak. Ini berkat kandungan protein dan melatonin di dalamnya.

Perlu diingat untuk tidak memberikan kacang dalam bentuk utuh kepada bayi, karena dapat membuatnya tersedak. Berikanlah kacang yang sudah dihaluskan agar lebih mudah ditelan.

10 dari 11

10. Ubi

Ubi
loading

Karena mengandung karbohidrat, pemberian ubi bisa menjadi cara untuk membuat bayi kenyang dan tidur nyenyak. Ubi pun memiliki melatonin di dalamnya. 

Sama seperti nasi, sebaiknya ubi diberikan bersama makanan lain seperti sumber protein dan karbohidrat. Dengan begitu, nutrisinya akan lengkap dan kesehatan bayi pun lebih terjaga. 

Baca Juga

Kini Anda telah mengetahui berbagai pilihan makanan yang dapat membuat bayi tidur lebih nyenyak. Namun, perlu diingat bahwa masih perlu penelitian lebih lanjut untuk membutikan hal-hal di atas. Semoga bermanfaat.

Jika Anda masih punya pertanyaan mengenai topik ini, jangan ragu konsultasi dengan dokter via Live Chat di aplikasi KlikDokter.

[RS]

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Lianto Kurniawan Nyoto, Sp. A

Spesialis Anak
wallet
Rp. 50.000
avatar

dr. Marlina Tanjung, M. Ked, Sp. A

Spesialis Anak
wallet
Rp. 25.000
avatar

dr. Silvia Wowiling, Sp. A

Spesialis Anak
wallet
Rp. 50.000

ARTIKEL TERKAIT

BAB Bayi Berbusa, Bahayakah?

Info Sehat
19 Apr

Mengenali Tanda Sembelit pada Bayi

Info Sehat
18 Apr

Cara Mengobati Alergi Pada Bayi

Info Sehat
11 Apr

Penyebab Vernix Caseosa pada Bayi Baru Lahir

Info Sehat
11 Apr

Cara Tepat Merawat Gigi dan Mulut Bayi

Info Sehat
07 Apr

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat