search

Mata Merah Setelah Menangis, Ini Alasan Medisnya!

Menangis sering membuat mata merah dan bengkak setelahnya. Pernahkah Anda berpikir alasan di balik mata merah setelah menangis? Yuk, simak faktanya dari dokter!
Mata Merah Setelah Menangis, Ini Alasan Medisnya!

Klikdokter.com, Jakarta Menangis adalah respons yang secara normal dikeluarkan oleh tubuh saat Anda merasa sedih atau bahagia berlebih. Setiap orang pasti pernah melakukannya, setidaknya sekali semasa hidupnya.

Namun, coba Anda perhatikan. Setelah menangis, apakah mata Anda berubah menjadi kemerahan? Kira-kira, apa penyebab mata merah setelah menangis? Yuk, cari tahu!

1 dari 3

Penyebab Mata Merah Setelah Menangis

Penyebab Mata Merah Setelah Menangis
loading

Melansir The Irish Times, penyebab mata merah ketika menangis pernah dibahas oleh Profesor Jeremy Tuttle dari departemen ilmu saraf Universitas Virginia Health System.

Dirinya mengatakan, saat Anda menggunakan mata untuk melihat dan tidak menangis, pembuluh darah yang mengalirkan oksigen dan nutrisi ke jaringan tersebut tidak melebar. 

Ketika menangis, kelenjar air mata akan mengeluarkan sekresi. Kelenjar ini berfungsi untuk membantu menjaga kelembapan mata. 

Saat menangis, pembuluh di sekitar mata akan melebar karena membutuhkan proses pengeluaran air mata yang lebih banyak. 

Artikel Lainnya: Cara Mengatasi Mata Merah yang Mengganggu

Senada dengan itu, dr. Astrid Wulan Kusumoastuti mengatakan mata merah karena menangis disebabkan oleh pembuluh darah yang melebar.

“Pembuluh darah melebar untuk memasok darah ke kelenjar air mata. Karena pada dasarnya, air mata diproduksi dari darah itu sendiri,” jelas dr. Astrid.

Lagi-lagi, pembuluh darah di mata yang melebar itulah yang menyebabkan warna kemerahan setelah menangis.

Tidak perlu khawatir jika Anda mengalami mata merah karena menangis. Hal tersebut adalah kondisi normal alias tidak berbahaya. Bahkan, mata merah setelah menangis akan hilang dalam hitungan menit atau jam saja. 

Kendati begitu, Anda tetap harus waspada. Apabila mata merah tidak kunjung hilang dan disertai gatal, hal ini bisa menjadi tanda iritasi. 

Segera teteskan obat tetes mata steril atau periksa ke dokter untuk diagnosis yang lebih tepat. 

Artikel Lainnya: Mata Sering Terasa Kering? Waspada Mengidap Sindrom Sjogren

2 dari 3

Tips Atasi Mata Merah Setelah Menangis

Tips Atasi Mata Merah Setelah Menangis
loading

Tak ingin menunggu mata merah setelah menangis reda dengan sendirinya? Anda bisa melakukan hal-hal berikut ini untuk mengembalikan warna mata yang merah setelah menangis dengan lebih cepat:

  • Kompres Dingin 

“Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meredakan mata merah setelah menangis adalah dengan memicu konstriksi pembuluh darah tersebut,” ucap dr. Astrid.

“Caranya adalah dengan mengaplikasikan kompres dingin pada mata. Anda bisa menggunakan es batu yang sudah dibalut dengan kain. Hindari menyentuh langsung kulit dengan es batu, karena bisa menimbulkan efek perih atau sensasi terbakar,” sambungnya.

  • Gunakan Rol Mata 

Anda juga bisa menggunakan rol mata untuk mengurangi mata merah dan sembap setelah menangis. 

Rol mata biasanya sudah dilengkapi dengan kafein dan nutrisi lain, yang efektif dalam melebarkan pembuluh darah sehingga dapat meredakan mata merah dan bengkak.

Artikel Lainnya: Menangis saat Tidur, Apa Penyebabnya?

  • Tetes Mata 

Gunakan tetes mata steril atau air mata buatan untuk meredakan kemerahan pada indra penglihatan Anda. Perhatikan aturan pakai guna menghindari kemungkinan efek samping.

  • Istirahatkan Mata 

Jika tidak punya obat tetes atau rol mata, istirahatkanlah mata Anda untuk beberapa saat. 

Cobalah untuk tidur agar mata Anda bisa kembali relaks, dan pembuluh darah sekitar mata jadi tidak tegang. 

Saat bangun nanti, usahakan untuk mencuci wajah agar penampilan Anda terlihat lebih segar dari sebelumnya. 

Baca Juga

Sekarang sudah tahu alasan medis mata merah setelah menangis, bukan? Kondisi tersebut tak perlu dikhawatirkan, apalagi jika tidak disertai dengan keluhan-keluhan lainnya.

Jika merasa sangat khawatir dengan mata merah karena menangis, Anda sebaiknya melakukan konsultasi lebih lanjut kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau aplikasi Klikdokter.

(NB/AYU)

ARTIKEL TERKAIT

Tanda-Tanda Anda Harus Memeriksakan Mata di Dokter

Info Sehat
07 Apr

Efektifkah Jus Lidah Buaya untuk Mengatasi Mata Minus?

Info Sehat
06 Apr

Kenapa Hidung Berair Saat Menangis? Ini Penjelasan Medisnya

Info Sehat
23 Mar

Operasi LASIK untuk Mata Silinder, Apakah Terbukti Bermanfaat?

Info Sehat
23 Feb

Pakai Gadget Seharian? Waspada Gangguan Mata Lelah!

Info Sehat
23 Feb

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat