search

Pentingnya Mineral untuk Gigi Sensitif, Bisa Atasi Ngilu?

Gigi sensitif membutuhkan perawatan dengan pasta gigi khusus setiap hari. Yuk, berkenalan dengan pasta gigi bermineral untuk gigi sensitif!
Pentingnya Mineral untuk Gigi Sensitif, Bisa Atasi Ngilu?

Klikdokter.com, Jakarta Gigi sensitif merupakan rasa ketidaknyamanan pada gigi sebagai respons terhadap suatu rangsangan, seperti suhu panas, dingin, atau asam. Kondisi ini ditandai dengan rasa ngilu pada gigi.

Keluhan ngilu karena gigi sensitif dapat terjadi ketika tubulus dentin terbuka. Hal tersebut dapat disebabkan oleh hilangnya mineral pada lapisan email gigi dan penurunan gusi, sehingga tubulus dentin terbuka.

Penyebabnya bisa beragam, misalnya teknik menyikat gigi yang salah dan terlalu keras, konsumsi makanan manis atau asam secara berlebihan, dan penyakit gusi yang menyebabkan penurunan gusi.

Bertambahnya usia juga dapat menjadi faktor kehilangan mineral pada gigi. Hal ini tentu bisa menyebabkan gigi terasa sensitif, terutama saat mengonsumsi makanan atau minuman tertentu.

Salah satu perawatan untuk mengatasi ngilu karena gigi sensitif adalah dengan rutin menyikat gigi dengan pasta gigi khusus.

Pasta gigi sensitif ini mengandung senyawa mineral tertentu yang dapat membantu penutupan tubulus dentin yang terbuka.

Artikel Lainnya: 3 Hal yang Bisa Memperburuk Kondisi Gigi Sensitif

1 dari 3

Manfaat Mineral untuk Gigi Sensitif

loading

Kandungan mineral memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan gigi. Misalnya, mineral yang berperan penting dalam membentuk serta memelihara kesehatan tulang dan gigi.

Mineral lainnya, kalsium silikat, juga terbukti efektif dalam membantu meningkatkan remineralisasi gigi dengan membentuk mineral hidroksiapatit (HAP) pada permukaan gigi.

Gabungan antara kalsium silikat dan natrium fosfat dalam pasta gigi juga dapat  membantu penutupan tubulus dentin.

Gabungan kedua mineral ini diaktivasi oleh air liur untuk membentuk mineral hidroksiapatit sehingga terjadi deposisi pada permukaan dentin.

Selain itu, gabungan mineral ini dapat menghilangkan resistensi dari asam yang melekat pada gigi. Pada akhirnya, gigi dapat lebih terlindungi dari kerusakan lebih lanjut.

Menggabungkan kalsium silikat dan natrium fosfat pada pasta gigi juga akan meningkatkan proses remineralisasi alami oleh saliva (liur) dan membentuk hidroksiapatit yang secara biologis identik dengan mineral dentin.

Memiliki kandungan-kandungan mineral di atas di dalam pasta gigi tentu bisa membantu Anda dalam mencegah dan meredakan keluhan ngilu karena gigi sensitif.

Artikel Lainnya: Pentingnya Fluoride untuk Gigi Sensitif

2 dari 3

Atasi Ngilu karena Gigi Sensitif dengan Pasta Gigi Bermineral

loading

Keluhan ngilu karena gigi sensitif dapat diatasi sesuai dengan penyebabnya. Salah satunya dengan menggunakan pasta gigi khusus untuk gigi sensitif. Anda bisa mencoba Sensitive Mineral Expert by Pepsodent – Sensitivity Treatment.

Pasta gigi generasi terbaru ini memiliki formula Active Remin Complex yang dipatenkan. Active Remin Complex terdiri dari dua bahan utama, yakni kalsium silikat dan natrium fosfat.

Formula tersebut efektif dalam membentuk lapisan mineral alami untuk menggantikan mineral yang terkikis dan hilang penyebab ngilu karena gigi sensitif .

Sensitive Mineral Expert by Pepsodent – Sensitivity Treatment merupakan generasi terbaru dari pasta gigi untuk gigi sensitif.

Produk ini dapat atasi ngilu karena gigi sensitif, hingga penutupan sempurna tubulus dentin dengan lapisan mineral yang secara biologis identik dengan mineral dentin.

Dengan penggunaan Sensitive Mineral Expert by Pepsodent secara teratur, mineral yang terkandung di dalam gigi dapat dikembalikan. Rasa ngilu pun dapat teratasi dan dicegah datang kembali.

Pasta gigi Sensitive Mineral Expert by Pepsodent juga sudah terbukti secara klinis efektif untuk perawatan ngilu karena gigi sensitif tepat pada sumbernya.

Kehilangan mineral pada gigi memang tidak bisa sepenuhnya dihindari. Namun, penggunaan pasta gigi Sensitive Mineral Expert by Pepsodent secara teratur dapat membantu proses remineralisasi pada gigi.

Hal lain yang perlu diingat, pemakaian teratur sangat penting dilakukan untuk mencegah rasa ngilu datang kembali.

Baca Juga

Menggunakan pasta gigi dengan kandungan mineral khusus secara rutin akan menjadi bagian penting dalam perawatan harian gigi sensitif Anda.

Jangan lupa pula untuk selalu lakukan kunjungan rutin ke dokter gigi setiap enam bulan sekali. Dengan begitu, timbulnya rasa ngilu pada gigi sensitif dapat terhindarkan.

(HNS/AYU)

ARTIKEL TERKAIT

Cara Aman Makan Gorengan untuk Pasien Kolesterol, Cukupkah Cek Rutin?

Info Sehat
30 Mar

Bisa Dicoba, Bahan Alami Pengganti Pasta Gigi

Info Sehat
29 Mar

Waspada Dehidrasi, Berapa Kebutuhan Cairan Pasien DBD?

Info Sehat
18 Mar

Cegah Anak Dehidrasi saat Demam, Ini Pentingnya Minuman Isotonik

Info Sehat
17 Mar

Anak Demam Naik-Turun Rentan Dehidrasi, Apa Solusinya?

Info Sehat
17 Mar

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat