search

Manfaat Makan Kolang-Kaling Saat Hamil

Kolang-kaling merupakan bahan makanan yang kerap dijadikan manisan dan digemari banyak orang, termasuk ibu hamil. Apa saja manfaat kolang kaling untuk ibu hamil?
Manfaat Makan Kolang-Kaling Saat Hamil

Klikdokter.com, Jakarta Selama masa kehamilan, ibu diminta untuk menjaga dan memenuhi asupan makannya dengan baik. Salah satu yang bisa dilakukan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi adalah dengan makan kolang-kaling. 

Dibandingkan telur, ati ayam, atau buah alpukat, kolang-kaling memang tidak terlalu populer untuk dikonsumsi ibu hamil. Akan tetapi, bahan makanan yang berasal dari biji pohon aren ini memiliki sejumlah manfaat untuk kehamilan, lho

Artikel Lainnya: 6 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Muda

1 dari 3

Manfaat Kolang-Kaling untuk Ibu Hamil

Manfaat Kolang-Kaling untuk Ibu Hamil
loading

Kolang-kaling memiliki tekstur yang kenyal, tebal, dengan warna putih cenderung bening. Hasil olahan biji pohon aren ini kerap dijadikan campuran di dalam menu kolak atau manisan. Merangkum berbagai sumber, kolang kaling memiliki berbagai nutrisi berikut:

  • Karbohidrat
  • Kalsium
  • Protein
  • Lemak
  • Serat
  • Zat besi
  • Vitamin 
  • Fosfor
  • Mineral
  • Air

Jika dilihat dari kandungannya, buah ini bisa menghadirkan sejumlah manfaat untuk tubuh ibu hamil. Berikut manfaat makan kolang kaling saat hamil.

  1. Melancarkan Pencernaan 

Menurut dr. Sara Elise Wijono, MRes, kolang kaling termasuk ke dalam makanan yang mengandung banyak serat. Kandungan seratnya inilah yang nantinya dapat membantu melancarkan sistem pencernaan ibu hamil. 

“Ibu hamil sangat rentan terkena sembelit atau masalah gangguan pencernaan. Karenanya, ibu hamil wajib memenuhi asupan serat agar sistem pencernaannya tetap lancar. Buah kolang-kaling bisa dijadikan pilihan yang baik. Tapi ingat, batasi asupan porsinya dan imbangi juga dengan buah-buahan lainnya,” ujar dr. Sara Elise Wijono. 

Artikel Lainnya: Makanan yang Harus Dijauhi Ibu Hamil untuk Hindari Risiko Keguguran

  1. Menjaga Kesehatan Sel Tubuh

Kandungan fosfor di dalam kolang-kaling juga berkhasiat untuk memperkuat gigi dan tulang janin. Selain itu, fosfor juga baik untuk memperbaiki jaringan dan sel yang rusak pada tubuh ibu hamil maupun janin. 

  1. Memberi Tambahan Energi 

Meski kandungan karbohidrat dalam kolang-kaling tidak terlalu banyak, tapi zat tersebut dapat memberikan efek kenyang dan energi pada ibu hamil. 

Selain karbohidrat, zat fosfor dari kolang-kaling pun bisa memberikan energi agar ibu dapat menjalani masa-masa kehamilanya dengan baik. 

  1. Mengendalikan Nafsu Makan

Di dalam kolang-kaling mengandung gelatin yang bisa meredakan rasa lapar. Gelatin berfungsi memberikan efek kenyang dan bisa menahan ibu hamil dari  makan secara berlebihan. 

Kendati begitu, jangan terlalu banyak makan buah kolang-kaling, karena dikhawatirkan ibu jadi kenyang dan tak mendapatkan asupan nutrisi seimbang dari makanan lain. 

Artikel Lainnya: Ibu Hamil Hobi Makanan Berlemak, Ini Akibatnya pada Janin

  1. Memberikan Hidrasi bagi Tubuh 

Dokter Sara mengatakan, “Kolang-kaling mengandung banyak air yang berfungsi menghidrasi atau mencukupi kebutuhan cairan selama kehamilan. Tapi jangan hanya andalkan kolang-kaling, tetap utamakan minum air putih untuk mencukupi kebutuhan cairan harian.” 

  1. Sumber Vitamin 

Kolang-kaling mengandung vitamin A, B, C, dan K yang dibutuhkan oleh tubuh. Vitamin-vitamin tersebut efektif untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh ibu dan mencegahnya terkena penyakit selama masa kehamilan. 

2 dari 3

Tips Sehat Mengolah Kolang-Kaling bagi Ibu Hamil

Tips Sehat Mengolah Kolang-Kaling bagi Ibu Hamil
loading

Menurut dr. Sara Elise, tidak ada cara khusus untuk menyajikan kolang-kaling bagi ibu hamil. Anda hanya perlu memerhatikan kebersihan kolang kaling agar kuman yang menempel di makanan tersebut tidak masuk ke dalam tubuh. 

Ibu bisa menyajikan kolang-kaling dengan tambahan sirop. Camilan ini bisa dikonsumsi saat ibu ngidam makanan manis. 

Artikel Lainnya: 5 Manfaat Kolang Kaling untuk Kesehatan

Namun, perhatikan jumlah sirop yang ditambahkan, ya. Kebanyakan sirop mengandung gula buatan dalam jumlah banyak yang berisiko menyebabkan kadar gula darah melonjak. Jika kadar gula dalam darah terus tinggi, ibu berisiko mengalami diabetes gestasional saat hamil. 

Agar lebih aman, Anda bisa merebus kolang-kaling sampai matang dan hindari pemakaian zat pewarna. Lebih baik, makan kolang-kaling tanpa tambahan apa pun atau campurkan ke dalam menu salad buah. 

Ibu bisa mengombinasikan kolang-kaling dengan buah pilihan, seperti buah naga, apel, jeruk, kiwi sebagai camilan sehat.

Baca Juga

Untuk tahu informasi kesehatan saat hamil lainnya, baca terus artikel di aplikasi Klikdokter. Anda juga bisa berkonsultasi langsung dengan dokter menggunakan fitur Live Chat.

(OVI/JKT)

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Bima Ananta, Sp. OG

Spesialis Kebidanan dan Kandungan
wallet
Rp. 50.000
avatar

dr. Daniel, Sp.OG

Spesialis Kebidanan dan Kandungan
wallet
Rp. 25.000
avatar

dr. Donny Sutrisno Winardo, Sp. OG

Spesialis Kebidanan dan Kandungan
wallet
Rp. 50.000

ARTIKEL TERKAIT

Pengobatan Kanker Ovarium pada Ibu Hamil

Info Sehat
13 Apr

Tips Cegah Keguguran yang Wajib Anda Tahu

Info Sehat
12 Apr

Mengenal Gym Ball dan Manfaatnya untuk Ibu Hamil

Info Sehat
11 Apr

Studi: Morning Sickness Bisa Dialami Sejak Tiga Hari Kehamilan

Info Sehat
10 Apr

Menyingkap Manfaat Peanut Ball untuk Ibu Hamil

Info Sehat
09 Apr

REAKSI ANDA

1 KOMENTAR

Avatar
Denada Permata
1 Bulan Lalu

yaya

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat