Suplemen Yohimbe Efektif Atasi Disfungsi Ereksi?
search

Benarkah Suplemen Yohimbe Bisa Atasi Disfungsi Ereksi?

Herbal yohimbe dipercaya bisa mengatasi disfungsi ereksi. Benar atau tidaknya hal tersebut, cek fakta medisnya lewat artikel berikut ini!
Benarkah Suplemen Yohimbe Bisa Atasi Disfungsi Ereksi?

Klikdokter.com, Jakarta Disfungsi ereksi atau impotensi menjadi permasalahan yang cukup genting bagi kaum adam. Karena itulah, berbagai cara akan dilakukan oleh pria untuk mengatasi gangguan tersebut.

Salah satu cara yang dipercaya efektif mengatasi impotensi alias disfungsi ereksi adalah mengonsumsi suplemen yohimbe.

Yohimbe terbuat dari kulit pohon cemara Afrika, yakni Pausinystalia johimbe. Selain meningkatkan performa seks dan mengatasi disfungsi ereksi, binaragawan kerap mengonsumsi herbal ini untuk menghilangkan lemak. Bagi yang ingin punya tubuh ideal, yohimbe dipercaya bisa membantu.

1 dari 3

Efektivitas Yohimbe untuk Disfungsi Ereksi

Efektivitas Yohimbe untuk Disfungsi Ereksi
loading

Yohimbe sebenarnya bukan hal baru dalam pengobatan tradisional, khususnya di Afrika Barat.

Herbal ini sering dijual dalam bentuk kapsul atau tablet, dan diedarkan sebagai ekstrak kulit yohimbe (yohimbine), sebutan untuk bahan aktifnya.

Artikel Lainnya: Jangan Malu Diskusikan Disfungsi Ereksi dengan Dokter, Ini Tipsnya!

Yohimbine dipercaya mampu memblokir reseptor tubuh yang disebut adrenergik alfa-2. Reseptor tersebut bertugas menghambat ereksi. Atas dasar itulah, yohimbine dianggap bisa membuat penis ereksi lebih lama.

Selain itu, yohimbine dapat pula meningkatkan pelepasan oksida nitrat. Senyawa itu bisa melebarkan pembuluh darah dan menstimulasi sirkulasi darah ke organ seksual.

Dalam sebuah studi yang dipublikasikan dalam The Journal of Urology (1989), peneliti mengulas efek yohimbine pada 82 pria dengan masalah impotensi.

Setelah satu bulan diberikan suplemen yohimbe, 34 persen pasien mengalami perbaikan gejala. Sebanyak 20 persennya bahkan melaporkan ereksi penuh dan berkelanjutan sebagai hasil dari manfaat yohimbe.

Namun, tidak diketahui bagaimana hasil dari persentase sisanya. Kemungkinan, mereka tidak mengalami perbaikan kondisi apa pun setelah mengonsumsi suplemen yohimbe.

Di sisi lain, dr. Dyah Novita Anggraini mengatakan bahwa kita tidak bisa mengatakan bahwa yohimbe bisa menjadi solusi jitu dari masalah disfungsi seksual. Sebab, menurutnya, pengobatan gangguan ereksi sangat tergantung dari penyebabnya.

“Terdapat beberapa faktor yang sering menyebabkan disfungsi ereksi, yaitu kondisi psikologis, hormon reproduksi rendah, gangguan pada penis, atau adanya penyakit lain,” jelas dr. Dyah Novita..

“Yohimbe fungsinya mencegah reseptor beta blocker atau agonist beta blocker, penyebab masalah ereksi. Jadi, herbal tersebut hanya bisa membantu apabila penyebabnya dipengaruhi faktor reseptor. Kalau penyebabnya gangguan hormon atau psikis, pasti kurang membantu,” tegasnya.

Artikel Lainnya: 8 Penyebab Disfungsi Ereksi yang Perlu Anda Waspadai

2 dari 3

Jadi, Amankah Menggunakan Yohimbe untuk Atasi Disfungsi Ereksi?

Jadi, Amankah Menggunakan Yohimbe untuk Atasi Disfungsi Ereksi?
loading

Tidak ada pedoman dosis untuk suplemen yohimbe. Meski ada yang menyarankan untuk tidak mengonsumsinya lebih dari 30 miligram per hari, American Urology Association sebenarnya tidak merekomendasikan yohimbine sebagai pengobatan gangguan ereksi.

Badan Pengawas Obat dan Makanan serta Asosiasi Pengusaha Suplemen Kesehatan Indonesia (APSKI) bahkan membuat larangan produksi dan pengedaran herbal tersebut di tahun 2012 silam.

Negara lain yang juga tidak mengizinkan masyarakatnya mengonsumsi yohimbe, yaitu Australia, Kanada, dan Inggris.

Pelabelan produk yang tidak akurat dan efek samping yang berpotensi serius juga dikhawatirkan terjadi akibat konsumsi yohimbe.

Para peneliti dari Harvard Medical School, AS, sempat memeriksa 49 suplemen yohimbe yang berbeda.

Mereka menemukan bahwa 78 persen dari produsen tidak secara jelas memberi tahu tentang banyaknya kandungan yohimbe di dalam produknya.

Artikel Lainnya: Atasi Disfungsi Ereksi dengan Makanan Ini

Hal tersebut sangat mengkhawatirkan, karena bisa menyebabkan overdosis. Efek samping yang paling sering dilaporkan, yaitu gangguan pencernaan, peningkatan denyut jantung, kecemasan, dan tekanan darah tinggi

Beberapa orang bahkan mengalami kejadian yang mengancam nyawa, misalnya serangan jantung, kejang, dan cedera ginjal akut.

Anda sebaiknya tidak tergiur untuk membeli dan mengonsumsi suplemen yohimbe. Anda tidak ingin mengalami masalah kesehatan yang dapat mengancam nyawa gara-gara mengonsumsi sesuatu yang tidak jelas, bukan?

Baca Juga

Lebih baik konsultasikan masalah seksualitas Anda kepada dokter dengan memanfaatkan layanan LiveChat 24 jam atau aplikasi Klikdokter.

Tujuannya, agar Anda mendapatkan saran yang tepat sehingga dapat terhindar dari risiko efek samping.

(NB/AYU)

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Akmal Ramadhan, Sp. And

Spesialis Andrologi
wallet
Rp. 50.000
avatar

dr. Cinta Ayu Abutari, Sp. And

Spesialis Andrologi
wallet
Rp. 30.000

ARTIKEL TERKAIT

Segudang Manfaat Bawang Dayak untuk Kesehatan

Info Sehat
30 Apr

Medfact: Benarkah Vaksin COVID-19 Sinovac Bikin Gangguan Ereksi?

Info Sehat
16 Apr

Manfaat Centella asiatica (Daun Pegagan) bagi Kesehatan Kulit

Info Sehat
14 Apr

Haid Berhenti Usai Minum Teh Daun Jati Cina, Ini Penyebabnya!

Info Sehat
07 Apr

Khasiat Bunga Telang untuk Kesehatan Tubuh Anda

Info Sehat
07 Apr

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat