search

Bolehkah Orangtua Mengecek Isi Ponsel Remaja? Ini Kata Psikolog

Kenakalan remaja bisa berasal dari isi ponsel yang mereka miliki. Tapi, perlukah orang tua sampai mengecek isi ponsel anak remaja Anda? Ini jawaban psikolog.
Bolehkah Orangtua Mengecek Isi Ponsel Remaja? Ini Kata Psikolog

Klikdokter.com, Jakarta Saat memasuki usia remaja, ponsel menjadi salah satu barang pribadi milik anak. Pada masa ini, terkadang orangtua ingin tahu apa yang ada di dalam ponsel anak.

Banyak juga orangtua yang penasaran dengan kehidupan dan pergaulan anak di luar rumah. Salah satu cara untuk mengetahui kehidupan anak di luar adalah dengan membaca isi pesan atau melihat galeri ponsel mereka.

Namun, perlukah orangtua sampai mengecek apalagi memaksa anak untuk membuka isi ponselnya?

Artikel Lainnya: Kapan Boleh Memberi Ponsel untuk Anak?

1 dari 3

Perlukah Ortu Mengecek Ponsel Remaja?

Perlukah Ortu Mengecek Ponsel Remaja?
loading

Menurut Ikhsan Bella Persada, M.Psi., Psikolog, mengecek ponsel remaja sebenarnya boleh-boleh saja, asalkan ada persetujuan dari sang anak.

“Jika anak menolak untuk memberikan ponselnya, maka tanyakan alasannya. Jangan memaksa karena ini bisa membuat perdebatan antara orangtua dan anak. Anda juga harus menghargai privasi anak jika mereka menolak untuk memberikan ponselnya,” ujar psikolog Ikhsan.

Psikolog Ikhsan menganjurkan, bila orangtua ingin tahu masalah atau kondisi anak, maka bangunlah komunikasi yang baik.

Ia mengatakan, “Yang terpenting adalah membuat anak nyaman ketika berkomunikasi dengan kita. Sehingga tanpa kita cari tahu apa yang ada di handphone-nya itu, anak sudah bisa menceritakan kepada ortu. Ini karena rasa percaya antara anak dengan orangtuanya sudah terjalin.”

Apabila Anda tetap memaksa melihat isi ponsel anak, bukan tidak mungkin akan terjadi perang dingin antara orang tua dan anak. Tak heran juga bila anak menjadi malas terbuka apalagi bercerita tentang masalah yang sedang mereka hadapi.

Bangunlah kepercayaan sedini mungkin dengan anak. Bukan dengan membatasi ruang mereka berekspresi, tapi bangun kebebasan agar mereka mengeksplor dirinya.

Jika salah, beri teguran dan peringatan kepada mereka. Jangan langsung memarahi atau menghukum dengan menyita barang pribadi mereka. Hal itu justru membuat anak semakin kesal dan enggan untuk dekat dengan Anda.

Artikel Lainnya: Lakukan 4 Tindakan Ini Saat Ada Konten Mengganggu di Ponsel Anak

2 dari 3

Tips Memantau Isi Ponsel Anak Tanpa Berdebat

Tips Memantau Isi Ponsel Anak Tanpa Berdebat
loading

Menurut Psikolog Ikhsan, tidak ada cara khusus untuk memantau ponsel anak tanpa risiko berdebat.

Oleh sebab itu, psikolog Ikhsan menganjurkan Anda untuk menanyakan langsung kepada anak mengenai hal-hal yang terjadi dengan dirinya belakangan ini. Cara ini tergolong lebih efektif ketimbang mengecek ponsel mereka diam-diam.

“Jika memang tujuannya ingin tahu lokasi mereka demi keamanan anak, maka bisa diskusi dan buat kesepakatan bahwa orangtua akan memantau si anak. Jika anak bersedia, maka silakan saja. Apabila anak tidak keberatan untuk memberikan ponselnya untuk dicek, maka silahkan lakukan,” ujar psikolog Ikhsan.

Apabila ada perubahan dengan sikap anak, jangan sungkan untuk menanyakan suatu hal kepada mereka. Ajak anak duduk bersama dan pelajari juga gestur tubuhnya. Semakin resah anak, semakin mudah orangtua mengetahuinya.

Artikel Lainnya: Tips Mudah Membatasi Screen Time pada Anak

Namun perlu diingat, semakin dewasa anak, semakin besar juga privasi yang mereka butuhkan. Jika hari ini sang anak belum mau bercerita, maka jangan paksa mereka untuk bercerita.

Tunggu waktu yang tepat, barulah Anda menanyakan masalah apa yang sedang mereka hadapi. Tawarkan bantuan, dan berikan solusi yang sekiranya bisa diterima oleh anak.

Baca Juga

Untuk tahu informasi atau tips parenting lainnya, Anda bisa membaca artikel di aplikasi KlikDokter. Anda juga bisa berkonsultasi langsung dengan psikolog melalui fitur Live Chat.

(OVI/JKT)

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

Soviana Martha Ivonne Pratiwi, S. Psi, M. Psi, Psikolog

Psikolog
wallet
Rp. 50.000

ARTIKEL TERKAIT

Mendeteksi Tanda Anak Sedang Berbohong Lewat Bahasa Tubuh

Info Sehat
23 Apr

Cara Mencegah Anak Makan Berlebihan Saat Buka Puasa

Info Sehat
21 Apr

Anak Rewel Mau Punya Adik, Bagaimana Ortu Harus Bersikap?

Info Sehat
11 Apr

Dampak Tumbuh Tanpa Sosok Ayah pada Psikologis Anak

Info Sehat
03 Apr

Kakak Selalu Dipaksa Mengalah, Ini Dampak Psikologisnya

Info Sehat
30 Mar

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat