6 Jenis Kanker Payudara yang Perlu Diwaspadai
search

Jenis-Jenis Kanker Payudara yang Harus Anda Tahu

Tidak hanya satu, tetapi ada banyak jenis kanker payudara yang harus Anda ketahui. Untuk tahu ulasan lengkapnya, simak informasi berikut ini.
Jenis-Jenis Kanker Payudara yang Harus Anda Tahu

Klikdokter.com, Jakarta Kanker payudara merupakan jenis kanker yang paling sering menyerang wanita. Kendati begitu, pria juga berisiko mengalami kanker payudara. Ketika didiagnosis mengidap kanker payudara, maka dokter akan mencari tahu jenis kanker dan merencanakan perawatan yang cocok untuk menangani kondisi tersebut.

Kanker payudara muncul akibat pertumbuhan sel abnormal. Kanker yang muncul juga tidak selalu ganas. Dokter Devia Irine Putri menjelaskan, “Jenis kanker payudara itu tidak sama. Kanker dapat dibagi berdasarkan lokasi atau sifatnya.”

“Selain itu dilihat juga invasif atau tidaknya suatu sel kanker. Ketika sel kanker tidak invasif maka masuk dalam kategori carcinoma in situ, jika masuk kategori invasif maka masuk ke dalam invasive breast cancer. Dari letak dan melihat sifatnya penamaan kanker payudara bisa berbeda,” tambahnya.

Berikut adalah beberapa jenis kanker payudara yang perlu Anda ketahui.

1 dari 4

1. Ductal Carcinoma in Situ (DCIS)

Ductal Carcinoma in Situ (DCIS)
loading

Ductal Carcinoma in Situ (DCIS) merupakan jenis kanker payudara tidak ganas yang muncul di dalam jaringan duktus (saluran susu).

Biasanya jenis kanker ini tergolong tidak mengancam nyawa dan masih bisa disembuhkan. Akan tetapi, apabila penanganannya terlambat, sel kanker itu bisa berkembang dan berubah menjadi ganas.

Artikel Lainnya: Mengenal Prosedur Mastektomi Ganda untuk Kanker Payudara

2. Lobular Carcinoma in situ (LCIS)

Lobular Carcinoma in situ (LCIS) sebenarnya bukanlah kondisi kanker. Namun, jika Anda didiagnosis memiliki LCIS, maka Anda berisiko mengalami kanker ganas di masa yang akan datang.

Oleh karena itu, melakukan pola hidup sehat dan memeriksakan kesehatan secara rutin diperlukan guna mencegah risiko kanker.

2 dari 4

3. Invasive Breast Cancer (ILC/IDC)

Invasive Breast Cancer (ILC/IDC)
loading
  • Karsinoma duktal invasif (Invasive ductal carcinoma atau IDC)

Karsinoma duktal invasif dilaporkan memengaruhi sekitar 70-80 persen dari semua kanker payudara. Penanganan kanker ini harus tepat dan tidak boleh terlambat.

Pasalnya, kondisi ini termasuk jenis kanker yang ganas dan mematikan. Jenis kanker ini bermula dari saluran susu yang menyebar ke dinding saluran lain di dekat payudara.

  • Karsinoma Lobular Invasif (Invasive lobular carcinoma atau ILC)

ILC (Invasive lobular carcinoma) dimulai dari sel kanker yang tumbuh di lobulus payudara (kelenjar susu) dan kemudian menyebar ke jaringan lainnya. Meski kasus kanker payudara ini bisa menyerang wanita di segala usia, tapi umumnya ILC lebih sering menyerang wanita berusia 45-55 tahun.

Ketimbang IDC (Invasive ductal carcinoma), kanker payudara ILC lebih sulit dideteksi. Dokter dapat menganjurkan pemeriksaan magnetic resonance imaging (MRI) payudara untuk mengetahui keberadaan ILC.

Artikel Lainnya: Wanita, Ini Cara Sederhana Mencegah Kanker Payudara

4. Kanker Payudara Langka

Ada dua jenis kanker yang masuk ke dalam golongan kanker langka, yaitu penyakit paget dan tumor phyllodes.

Penyakit paget adalah kanker yang dimulai dari saluran payudara, menyebar ke kulit puting, kemudian ke areola (lingkaran hitam di sekitar puting). Biasanya hanya 1 hingga 3 persen wanita yang mengalami kanker ini.

Sedangkan tumor phyllodes merupakan tumor payudara langka yang berkembang di jaringan ikat (stroma) payudara. Berbeda dengan karsinoma, yang berkembang di saluran atau lobulus. Sebagian besar tumor phyllodes bersifat jinak, tetapi sebagian lainnya bersifat ganas (kanker).

3 dari 4

5. Angiosarcoma

Ilustrasi Angiosarcoma
loading

Angiosarcoma merupakan jenis kanker payudara yang sangat langka. Dari sekian banyak pasien kanker payudara, hanya satu persen yang mengalami jenis kanker ini.

Kanker angiosarcoma muncul pada sel yang melapisi pembuluh darah atau getah bening payudara. Biasanya, jenis kanker ini terjadi karena paparan radiasi di bagian payudara.

Artikel Lainnya: Filler Payudara, Amankah dilakukan?

6. Kanker Payudara Inflamasi

Ada dua jenis kanker payudara yang masuk dalam golongan ini, yakni kanker payudara triple negative dan kanker payudara inflamasi.

Kanker payudara triple negative adalah kondisi yang menyumbang sekitar 15 persen dari semua kanker payudara. Kanker ini termasuk salah satu yang sulit untuk diobati.

Sementara itu, kanker payudara inflamasi merupakan jenis kanker yang jarang terjadi. Kanker ini menyumbang sekitar 1-5 persen dari semua kasus kanker payudara.

Baca Juga

Untuk tahu mengenai informasi kesehatan lainnya, terutama mengenai kanker payudara, baca terus artikel di aplikasi Klikdokter.

Pengidap kanker juga jangan lupa untuk selalu melengkapi nutrisi harian yang dibutuhkan. Anda juga bisa mendapatkannya di Belanja Sehat. Silakan mencoba! 

 

(OVI/JKT)

ARTIKEL TERKAIT

Mengenal Prosedur Mastektomi Ganda untuk Kanker Payudara

Info Sehat
25 Mar

Filler Payudara, Amankah dilakukan?

Info Sehat
11 Mar

Wanita, Ini Cara Sederhana Mencegah Kanker Payudara

Info Sehat
02 Feb

Faktor Risiko Kanker Payudara yang Harus Diwaspadai

Info Sehat
14 Jan

Mitos-Mitos Menyesatkan Seputar Kanker Payudara

Info Sehat
02 Des

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat