Ini Dia Daftar Buah yang Aman untuk Pengidap Diabetes - Info Sehat Klikdokter.com
searchtext customer service

Ini Dia Daftar Buah yang Aman untuk Pengidap Diabetes

Kata siapa penderita diabetes tak boleh makan buah sama sekali? Ada 13 jenis buah untuk penderita diabetes yang aman dikonsumsi! Cek di sini.
Ini Dia Daftar Buah yang Aman untuk Pengidap Diabetes

Klikdokter.com, Jakarta Buah termasuk makanan yang punya cita rasa manis alami. Rasa manis tersebut yang membuat penderita diabetes kadang enggan menyantapnya, karena khawatir kadar gula darah langsung melonjak. 

Kekhawatiran itu tak sepenuhnya salah. Namun, sebenarnya ada beragam buah untuk penderita diabetes yang memang aman dikonsumsi secukupnya secara rutin.

Dengan menyantap aneka buah yang boleh dimakan penderita diabetes, kebutuhan serat dan berbagai vitamin akan terpenuhi.

Simak berbagai buah yang boleh dikonsumsi penderita diabetes berikut ini:

1. Beri 

Buah beri seperti blueberry, raspberry, dan blackberry termasuk superfood karena sangat kaya akan antioksidan dan serat. Nutrisi ini membuatnya menjadi salah satu buah yang dianjurkan untuk penderita diabetes.

Anda bisa menyantap beberapa jenis buah berry dengan yoghurt plain yang rendah lemak. Camilan tersebut sangat sehat untuk penderita diabetes. 

Artikel Lainnya: Mengenal Kondisi Kulit Melepuh Akibat Diabetes

1 dari 4

2. Ceri

Ceri
loading

Buah yang baik untuk diabetes ini sangat bagus untuk melawan peradangan. Ceri mengandung antioksidan yang dapat membantu mencegah penyakit jantung, kanker, dan penyakit kronis lainnya.

Hindari membeli buah ceri kalengan karena tambahan gulanya banyak.

3. Persik

Persik juga termasuk buah yang aman untuk diabetes. Satu buah persik ukuran sedang mengandung 59 kalori dan 14 gram karbohidrat, menurut United States Department of Agriculture (USDA). 

Buah peach juga mengandung 10 mg vitamin C dan 285 mg kalium.

4. Aprikot

Satu aprikot hanya mengandung 17 kalori dan 4 gram karbohidrat menurut USDA. Aprikot juga termasuk sumber serat. 

Selain enak dimakan langsung dan utuh, buah untuk diabetes ini juga bisa dijadikan campuran salad.

5. Apel

Satu apel ukuran sedang mengandung 95 kalori dan 25 gram karbohidrat. Buah tersebut juga memiliki 4 gram serat dan 8,73 mg vitamin C.

Jangan kupas kulit apel, karena kulitnya bergizi dan mampu memberikan antioksidan ekstra untuk melindungi jantung. Namun, sebelum menyantapnya, cuci bersih dulu dengan air mengalir. 

Artikel Lainnya: Hipertensi dan Diabetes, Benarkah Saling Berkaitan?

2 dari 4

6. Jeruk

Jeruk
loading

Menyantap 1 buah jeruk berarti Anda sudah memenuhi 78 persen kebutuhan vitamin C harian. Satu jeruk berukuran sedang juga mengandung folat dan kalium yang membantu menormalkan tekanan darah.

7. Pir

Pir juga termasuk buah yang aman untuk penderita diabetes. Simpan pir pada suhu ruang sampai matang sempurna. Setelah itu, barulah masukkan ke kulkas. 

Pir dingin sangat enak untuk dinikmati langsung. Selain itu, buah segar ini juga cocok dijadikan campuran kue dan salad.

8. Kiwi

Menurut USDA, 1 buah kiwi memiliki 215 mg potassium, 64 mg vitamin C, dan 2 gram serat. Terdapat pula 42 kalori dan karbohidrat 10 gram. 

Karena kandungan kalori dan karbohidratnya cukup rendah, buah ini sangat aman dan sehat untuk penyandang masalah gula darah.

9. Tomat

Buah yang bagus untuk diabetes berikutnya adalah tomat. Satu cangkir tomat yang dipotong-potong memiliki 32 kalori, 7 gram karbohidrat, dan 2 gram serat. 

Tak cuma kaya akan vitamin dan fitokimia, tomat mampu menurunkan risiko penyakit kronis lainnya. 

10. Pisang

American Diabetes Association (ADA) memperbolehkan penderita penyakit kencing manis untuk mengonsumsi pisang dengan takaran yang tidak berlebihan.

Batasan yang dianjurkan adalah 1 pisang yang ukurannya tak lebih dari 15 cm. Hindari melanggar batasan agar gula darah tak melonjak.

11. Mangga

Meski manis, mangga kaya akan vitamin C dan serat, serta memiliki indeks glikemik rendah. Namun, hindari menyantap mangga yang terlalu matang karena kadar gulanya lebih tinggi. 

Menurut USDA, 1 cangkir mangga (165 gram) terkandung 99 kalori, 1,4 gram protein, 2,6 gram serat, vitamin C, A, dan E, folat, serta kalium. Apabila dikonsumsi dalam batasan normal, kadar glukosa tak akan terpengaruh secara signifikan. 

Serat dan antioksidan mangga pun akan menghambat proses penyerapan gula oleh tubuh. Dengan begitu, tubuh lebih bisa mengontrol asupan karbohidratnya. 

Artikel Lainnya: Bahaya Brittle Diabetes dan Pencegahannya

3 dari 4

12. Stroberi

Stroberi
loading

Stroberi rendah kalori dan bisa menjadi pilihan buah untuk penderita diabetes. Satu cup stroberi hanya mengandung 46 kalori. 

Stroberi sangat baik untuk menjaga kadar gula darah dan menjaga berat badan. Buah ini juga mengandung serat sekitar 3 gram untuk memenuhi kebutuhan harian.

13. Alpukat 

Alpukat mengandung lemak baik yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Lemak baik dapat meningkatkan sensitivitas insulin pada orang dengan diabetes tipe 2. 

Itulah daftar buah yang boleh dimakan penderita diabetes. Konsumsilah dengan bijak agar makanan sehat ini tak menjadi “bumerang” bagi kesehatan Anda.

Baca Juga

Sebaik apa pun buah untuk diabetes, hindari makan berlebihan. Buah yang dikonsumsi terlalu banyak juga akan meningkatkan kadar gula darah.

Punya pertanyaan seputar makanan yang baik untuk pengidap diabetes? Konsultasi langsung dengan dokter lewat fitur tanya dokter online di aplikasi KlikDokter.

(FR/AYU)

Referensi: 

  • Healthline. Diakses 2022. Is It Ok for People with Diabetes to Eat Strawberries?
  • WebMD. Diakses 2022. Diabetes and Fruit.

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Dorna Yanti Lola Silaban, M. Gizi, Sp. GK

Spesialis Gizi Klinik
wallet
Rp. 50.000

ARTIKEL TERKAIT

Komplikasi Akibat Diabetes Insipidus

Info Sehat
09 Feb

Saat Flu, Hindari Makanan dan Minuman Ini

Info Sehat
07 Feb

Risiko Diabetes pada Wanita Hamil yang Menggunakan IVF

Info Sehat
02 Feb

Kekurangan Sederet Nutrisi Ini Bisa Picu Kerontokan Rambut

Info Sehat
01 Feb

Benarkah Viagra Tingkatkan Sensitivitas Insulin pada Prediabetes?

Info Sehat
01 Feb

REAKSI ANDA

1 KOMENTAR

Avatar
L Syam
17 Hari Lalu

Terimakasih Ibu dan Bapak dokter yang budiman.

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat