8 Tanda Anak Anda Memiliki IQ yang Tinggi
search

Bunda, Ini Ciri-Ciri Anak yang Punya IQ Tinggi

Setiap anak memiliki kemampuan berpikir dan bakat yang berbeda-beda. Namun, ortu bisa mengenali ciri-ciri anak dengan IQ tinggi lewat ulasan berikut ini.
Bunda, Ini Ciri-Ciri Anak yang Punya IQ Tinggi

Klikdokter.com, Jakarta Setiap orangtua mengharapkan anaknya tumbuh sehat dan cerdas. Salah satu tolok ukur yang sering dianggap sebagai keberhasilan dari tumbuh kembang anak adalah nilai IQ yang tinggi.

Melansir Cognition Today, skor IQ (Intelligence Quotient) bisa didapatkan dari tes asesmen terstruktur yang dilakukan oleh psikolog.

Biasanya, 70 persen orang akan memiliki IQ sekitar 80-120. Lalu, sekitar 95 persen orang akan memiliki IQ antara 70-130. Sementara itu, orang yang ber-IQ tinggi biasanya akan mendapat skor di atas 130.

Namun, tanpa melihat skor IQ, ada beberapa cara yang bisa diperhatikan ortu untuk mengetahui tingkat kecerdasan anak. Apa saja tanda-tandanya? Simak penjelasan berikut ini.

Artikel Lainnya: Mau Makin Cerdas, Ini Cara Sederhana Tingkatkan IQ

1 dari 5

1. Cara Anak Berkomunikasi dengan Orang Lain

Cara Anak Berkomunikasi dengan Orang Lain
loading

Dijelaskan oleh Gracia Ivonika, M.Psi., Psikolog, tanda-tanda anak memiliki tingkat kecerdasan tinggi bisa dilihat dari caranya berkomunikasi dengan orang lain.

“Umumnya anak dengan IQ yang diprediksi tinggi dapat dilihat dari bagaimana kita berinteraksi dengan si anak maupun bagaimana kapabilitas kemampuannya dalam keseharian,” jelasnya.

“Misalnya saat berinteraksi atau berdiskusi bersama, cara anak merespon, bertanya, menyampaikan argumen, dan memproses informasi lebih baik dari anak lain seusianya,” dia melanjutkan.

2. Anak Lahir dengan Berat Badan Besar

Melansir dari News Com AU, penelitian yang diterbitkan oleh British Medical Journal mengamati sebanyak 3.000 bayi yang baru lahir.

Hasil penelitian menunjukan bahwa bayi yang lahir dengan berat badan besar memiliki IQ yang sedikit lebih tinggi daripada bayi dengan berat badan rendah.

2 dari 5

3. Dapat Menguasai Bahasa Asing

Anak Dapat Menguasai Bahasa Asing
loading

Menurut laporan ilmiah dari Child Development, anak yang menguasai bahasa asing di usia 12-24 bulan menandakan bahwa ia memiliki ingatan atau memori yang baik. Hal itu juga merupakan tanda bahwa anak memiliki kecerdasan yang tinggi.

Oleh karena itu, orangtua bisa membangun kecerdasan anak sejak dini dengan memperkenalkan bahasa asing sejak usia kecil di atas satu tahun.

Artikel Lainnya: Benarkah Morning Sickness Pertanda IQ Anak Tinggi?

4. Cepat Mempelajari Hal Baru

Dijelaskan oleh psikolog Gracia, suka mencoba hal baru dan memiliki sifat yang pantang menyerah bisa menjadi indikasi bahwa anak memiliki kecerdasan yang tinggi.

“Dilihat dari keseharian juga, anak tampak secara akademis performanya lebih unggul dari anak-anak di kelasnya. Cepat juga mempelajari hal baru. Kreatif dalam menemukan alternatif pemecahan masalah sehari-hari,” ucap psikolog Gracia.

3 dari 5

5. Menyukai Baca Buku

Anak Menyukai Baca Buku
loading

Studi dari University of Edinburgh dan King’s College London di Inggris tahun 2014 mengatakan, anak-anak usia tujuh tahun yang terampil membaca rata-rata memiliki nilai IQ yang lebih tinggi saat remaja nanti. Kondisi ini berlaku ketika dibandingkan  dengan anak yang tidak suka membaca.

6. Memiliki Ingatan yang Baik

Ciri anak yang memiliki IQ tinggi lainnya adalah mampu mengingat suatu hal yang baru ia lihat atau dengar. Anda bisa melakukan tes sederhana untuk memastikan bahwa anak memiliki kemampuan mengingat yang baik.

Anda bisa mencoba menyebutkan nama-nama buah, kemudian minta anak mengulangi kata-kata tersebut. Apabila anak dapat mengulanginya dengan lancar, maka ia memiliki ingatan yang cukup baik.

Artikel Lainnya: Golongan Darah AB Dianggap Paling Pintar, Ini Kata Dokter

4 dari 5

7. Senang Berargumentasi

Anak Senang Berargumentasi
loading

Dijelaskan oleh psikolog Gracia, anak yang memiliki rasa ingin tahu tinggi atau sering bertanya seputar hal yang tidak dimengerti memang bisa membuat orangtua kewalahan.

Namun, hal itu adalah pertanda baik. Pasalnya, anak yang terus mengajak orangtuanya berargumentasi menandakan bahwa ia memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi.

8. Cara Anak Bersikap kepada Orang Lain

Kecerdasan anak tidak hanya diukur dari cara mereka berpikir atau menjawab pertanyaan. Kecerdasan anak juga bisa dilihat dari cara mereka bermain dengan temannya.

Orangtua bisa melihat apakah anak mau berbagi mainan dengan temannya. Lalu apakah anak mau bersabar saat menghadapi temannya yang nakal. Jika anak Anda memiliki sikap atau perilaku yang baik sejak kecil, artinya ia memiliki keterampilan berpikir yang baik.

Baca Juga

Itu dia delapan ciri atau tanda anak memiliki IQ tinggi. Jika Anda memiliki pertanyaan lain seputar kecerdasan anak Anda dapat berkonsultasi dengan dokter atau psikolog melalui layanan Live Chat di aplikasi KlikDokter.

(OVI/JKT)

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Mervin Tri Hadianto, Sp. A

Spesialis Anak
wallet
Rp. 25.000
avatar

dr. Joko Kurniawan, M.Sc, Sp. A

Spesialis Anak
wallet
Rp. 50.000
avatar

dr. Ribka Cordelia Iskandar, Sp. A

Spesialis Anak
wallet
Rp. 25.000

ARTIKEL TERKAIT

Mengenal Pola Asuh Good Enough Parenting

Info Sehat
23 Mei

Magical Thinking pada Anak, Normal atau Tidak, Ya?

Info Sehat
20 Mei

Tips Mengatasi Anak yang Perfeksionis

Info Sehat
05 Mei

Apa yang Bisa Dilakukan Ortu saat Anak Sering Bilang Benci?

Info Sehat
03 Mei

Bolehkah Membiarkan Anak Main dengan Lawan Jenis Sejak Kecil?

Info Sehat
01 Mei

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat