5 Manfaat Oatmeal untuk Kulit
searchtext customer service

Manfaat Oatmeal untuk Mengatasi Masalah Kulit

Selain untuk dikonsumsi, oatmeal dapat bermanfaat bagi kesehatan kulit. Apa saja manfaat oatmeal yang bisa Anda dapatkan? Simak ulasan berikut ini.
Manfaat Oatmeal untuk Mengatasi Masalah Kulit

Klikdokter.com, Jakarta Oatmeal merupakan makanan yang identik dengan kudapan sehat. Oatmeal terbuat dari biji-bijian yang berasal dari tanaman gandum. 

Selain baik untuk kesehatan tubuh, terutama membantu melancarkan program diet, oatmeal juga baik untuk kesehatan kulit, lho. Apa saja manfaat oatmeal untuk kulit? Simak baik-baik penjelasan berikut ini.

1 dari 3

Apakah Oatmeal Baik untuk Kulit?

Apakah Oatmeal Baik untuk Kulit?
loading

Menanggapi manfaat oatmeal, dr. Devia Irine Putri mengatakan bahwa oatmeal baik digunakan untuk kulit. 

“Di dalam oatmeal terdapat kandungan antioksidan yang tinggi dan memiliki efek anti radang,” jelasnya.  Manfaat tersebut dapat membuat kulit menjadi lembap dan menjaga kesehatan sel-sel kulit.

Oatmeal mengandung zat beta glukan yang dapat menyerap air. Lalu, oatmeal mengandung fenol yang berperan sebagai antioksidan baik. Terakhir, ada zat saponin di dalam oatmeal yang dapat digunakan sebagai pembersih kulit berminyak. 

Artikel Lainnya: Beras Merah vs Oatmeal untuk Turunkan Berat Badan, Lebih Baik Mana?

Dokter Devia menambahkan, biasanya oatmeal digunakan sebagai masker untuk meredakan kulit yang iritasi, melembapkan kulit kering, dan membantu mengangkat sel-sel kulit mati jika digunakan sebagai scrub.

Oatmeal yang digunakan juga bukan sembarangan, ya. Anda bisa menggunakan oatmeal jenis koloid. Bahan alami ini mudah ditemukan di dalam produk kosmetik seperti pelembap, sampo, dan krim cukur.

Oatmeal koloid dibuat dengan menggiling butiran oat hingga menjadi bubuk halus. Oatmeal kerap dianggap sebagai emolien, yakni zat yang melembutkan atau menenangkan kulit. 

Sebab, di dalam oatmeal ini mengandung lemak, protein, vitamin, mineral, dan nutrisi lain yang terbukti bermanfaat bagi kulit.

2 dari 3

Manfaat Oatmeal untuk Kulit

Manfaat Oatmeal untuk Kulit
loading

Berikut adalah beberapa manfaat oatmeal untuk kulit yang perlu Anda ketahui. 

  1. Mengatasi Kulit Kering dan Gatal

Dilansir dari Medical News Today, sebuah penelitian tahun 2018 menunjukkan bahwa krim oatmeal koloid dapat mengurangi masalah kulit kering.  

Tak hanya itu krim oatmeal koloid juga dapat meredakan gatal dan kondisi dermatitis atopik pada anak-anak. 

Oatmeal koloid mampu membantu memulihkan dan mempertahankan perlindungan kulit. Center for Disease Control and Prevention (CDC) pun mengatakan, mandi oatmeal koloid dapat membantu meredakan gatal pada kasus herpes zoster

  1. Mengatasi Eksim

Eksim dapat menyebabkan gatal, bersisik, dan warna kulit jadi tidak merata. Sebuah studi dari Iran yang dipublikasi oleh National Institutes of Health di Amerika pernah meneliti efek oatmeal koloid pada orang eksim. 

Sebanyak 26 pasien yang diobati menggunakan krim oatmeal koloid dengan kadar 1 persen melaporkan gejala eksimnya membaik dalam waktu lebih panjang. 

Lalu, menurut studi yang membandingkan khasiat krim oatmeal koloid dan pelembap standar juga melaporkan hal positif lainnya. 

Menurut peneliti, area kulit yang rusak dapat sembuh lebih baik ketika diobati menggunakan krim oatmeal koloid daripada menggunakan pelembap standar. 

Artikel Lainnya: Awas, Kesalahan Saat Makan Oatmeal Ini Justru Bikin Gemuk!

  1. Mengobati Psoriasis

Psoriasis terjadi ketika sistem kekebalan tubuh memicu produksi sel kulit berlebih. Akibatnya, dapat timbul bercak, sisik, gatal-gatal, dan kulit kering. 

Menurut sebuah studi dari American Academy of Dermatology, losion oatmeal koloid dapat meredakan 60 persen gejala psoriasis dan kulit sensitif pada wanita.

Setelah 4 minggu mengoleskan losion oatmeal koloid secara rutin, peserta turut melaporkan bahwa rasa gatal dan psoriasis mereka membaik. 

Selain itu, 96 persen peserta penelitian berpendapat, losion oatmeal koloid dapat mengurangi keparahan psoriasis dan jumlah bercak di kulit.

  1. Mengatasi Jerawat

Oatmeal mengandung zinc yang dapat mengurangi peradangan serta dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Oatmeal juga dapat membantu menyerap minyak berlebih yang bisa memicu penyebab jerawat

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda bisa menggunakan masker wajah yang terbuat atau berbahan oatmeal

Artikel Lainnya: Kaki Pecah-pecah, Atasi dengan Lulur Oatmeal!

  1. Mengatasi Komedo Hitam

Komedo hitam di wajah dapat membuat penampilan jadi terganggu. Komedo hitam umumnya disebabkan oleh pori-pori kulit yang tersumbat oleh kotoran. Untuk mengatasi komedo, Anda bisa menggunakan oatmeal.

Oatmeal mengandung senyawa kimia yang disebut saponin. Saponin bisa membersihkan komedo hitam di wajah dengan cara yang alami. 

Selain itu, oatmeal juga ampuh mengurangi lebarnya pori-pori dan membuat kulit lebih halus dan bersih. 

Sebelum memakai bahan alami ini, pastikan dulu bahwa Anda tidak memiliki alergi terhadap gandum atau oatmeal

Baca Juga

Sebaiknya konsultasikan ke dokter apabila mengalami lima masalah kulit di atas. Nantinya, dokter dapat memberikan rekomendasi dan pengobatan yang tepat. 

Untuk tahu informasi kesehatan kulit lainnya, Anda bisa membaca artikel di aplikasi Klikdokter.

(OVI/AYU)

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Irwan Junawanto,SpKK

Spesialis Kulit dan Kelamin
wallet
Rp. 30.000
avatar

dr. Yuli Sulistiyowati, M. Sc, Sp. KK

Spesialis Kulit dan Kelamin
wallet
Rp. 50.000
avatar

dr. Monalisa Manik, M.Ked, Sp.KK

Spesialis Kulit dan Kelamin
wallet
Rp. 50.000

ARTIKEL TERKAIT

Efek Kurang Tidur Bagi Kesehatan Kulit Wajah

Info Sehat
20 Mei

Manfaat Helichrysum Essential Oil untuk Kesehatan Kulit

Info Sehat
18 Mei

Mengenal Perbedaan Jerawat Purging dan Breakout

Info Sehat
27 Apr

Manfaat Makan Kurma Untuk Kecantikan Kulit

Info Sehat
26 Apr

Makan Oatmeal saat Sahur Bisa Bantu Jaga Stamina Berpuasa

Info Sehat
18 Apr

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat