Benarkah Oatmeal Bisa Menyembuhkan Kanker?
searchtext customer service

Benarkah Oatmeal Bisa Mengobati Kanker?

Oatmeal adalah makanan yang baik dan menyehatkan. Bahkan, oatmeal disebut-sebut bisa menyembuhkan kondisi kanker. Untuk tahu faktanya, simal ulasan ini.
Benarkah Oatmeal Bisa Mengobati Kanker?

Klikdokter.com, Jakarta Oatmeal adalah makanan yang terbuat dari biji-bijian utuh dan kaya akan serat larut. Mengonsumsi oatmeal dikenal baik untuk kesehatan jantung dan usus besar. Tak heran bila American Heart Association (AHA) menyarankan masyarakat untuk mengonsumsi setidaknya tiga porsi makanan mengandung biji-bijian kaya serat setiap hari.

Selain baik untuk menunjang kesehatan tubuh, oatmeal disebut-sebut dapat mengobati penyakit kanker. Benarkah hal tersebut?

 

1 dari 3

Hubungan Antara Oatmeal dan Kanker

Hubungan Antara Oatmeal dan Kanker
loading

Melansir dari Livestrong, Wasif M. Saif, MD, wakil kepala dan direktur onkologi dari Northwell Health Cancer Institute di New York, Amerika Serikat mengatakan, belum ada penelitian yang membuktikan bahwa oatmeal bisa menyembuhkan atau mengobati kanker.

Artikel Lainnya: Alasan Mengapa Anda Perlu Makan Oatmeal Setiap Hari

Dokter Reza Fahlevi juga berpendapat sama. Ia mengatakan, “Secara general, fungsi oatmeal sendiri adalah mencegah penyakit, termasuk kanker. Karena oatmeal mengandung serat yang baik untuk mencegah kanker usus besar.”

“Lalu, ada juga kandungan antioksidan yang secara umum bisa mencegah kanker. Namun, kalau dikatakan untuk pengobatan maka ini belum tentu benar, karena tidak ada bukti ilmiahnya,” jelasnya.

Kendati begitu, dr. Reza Fahlevi mengatakan oatmeal bisa dijadikan terapi suportif. Artinya, pengobatan kanker tetap dilakukan dengan metode terapi radiasi, kemoterapi, atau pembedahan. Lalu, dilanjutkan dengan pola hidup sehat seperti makan oatmeal.

Oatmeal bisa menjadi asupan nutrisi tambahan bagi pengidap kanker. Misalnya saja, penderita kanker usus yang membutuhkan serat tinggi bisa makan oatmeal sebagai solusi terapi suportifnya,” tambah dr. Reza.

Artikel Lainnya: Beras Merah vs Oatmeal untuk Turunkan Berat Badan, Lebih Baik Mana?

Tak hanya itu, serat di dalam oatmeal memiliki peran mengurangi berbagai risiko penyakit.

Masih dilansir dari LiveStrong, para peneliti dari Harvard T.H. Chan School of Public Health di Amerika Serikat juga menjelaskan, rutin mengonsumsi biji-bijian utuh seperti oatmeal bisa mengurangi risiko kematian akibat berbagai penyakit.

Berdasarkan penelitian dari Jurnal Circulation pada tahun 2016 lalu, mengonsumsi biji-bijian dihubungkan dengan risiko tingkat kematian yang rendah. Hasil penelitian tersebut diambil dari 14 studi yang melibatkan hampir 800.000 orang.

Oatmeal diketahui memiliki sifat penurun kolesterol yang membantu mengurangi indeks massa tubuh dan mengandung antioksidan seperti avenanthramides. Antioksidan tersebut memiliki sifat antiinflamasi dan mampu menurunkan tekanan darah dengan meningkatkan produksi oksida nitrat.

Sharon Zarabi, RD, CDN, direktur program bariatrik dari Lenox Hill Hospital di New York pun menjelaskan, oatmeal mengandung sejenis serat yang disebut beta glukan. Zat beta glukan membantu meningkatkan ekskresi asam empedu dan membantu mengeluarkan racun dari dalam usus.

Artikel Lainnya: Tips Sehat Makan Oatmeal untuk Penderita Diabetes

2 dari 3

Adakah Tips atau Penyajian Oatmeal untuk Penderita Kanker?

Adakah Tips atau Penyajian Oatmeal untuk Penderita Kanker?
loading

Tidak ada cara tertentu untuk menyajikan oatmeal kepada pasien kanker. Hanya saja, oatmeal bisa dikombinasikan dengan berbagai macam buah segar, seperti apel, pisang, atau mangga sebagai nutrisi tambahan.

Untuk takarannya sendiri tidak ada aturan pastinya. Selama pasien mau mengonsumsi oatmeal secara rutin, maka itu akan berdampak baik bagi kesehatannya.

Apabila ingin mencegah kanker atau menjalani hidup sehat, Anda juga bisa mengonsumsi oatmeal secara rutin.  Jangan lupa juga untuk melakukan pola hidup sehat, seperti berolahraga, menghindari rokok, alkohol, dan cukupi waktu istirahat.

Baca Juga

Untuk tahu informasi atau tips kesehatan lainnya, Anda bisa membaca artikel di aplikasi Klikdokter.

(OVI/JKT)

ARTIKEL TERKAIT

Manfaat Oatmeal untuk Mengatasi Masalah Kulit

Info Sehat
31 Mei

Makan Oatmeal saat Sahur Bisa Bantu Jaga Stamina Berpuasa

Info Sehat
18 Apr

Tips Menjaga Kesuburan Wanita Saat Sedang Menjalani Kemoterapi

Info Sehat
16 Apr

Pengobatan Kanker Ovarium pada Ibu Hamil

Info Sehat
13 Apr

Berbagai Faktor Risiko Kanker Prostat yang Harus Pria Tahu

Info Sehat
13 Apr

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat