5 Jenis Obat untuk Kanker Serviks
search

Obat-Obatan yang Digunakan Dalam Pengobatan Kanker Serviks

Tidak hanya diatasi dengan radiasi atau operasi, pemberian obat juga merupakan bagian dari rencana pengobatan kanker serviks. Apa saja jenis obatnya?
Obat-Obatan yang Digunakan Dalam Pengobatan Kanker Serviks

Klikdokter.com, Jakarta Kanker serviks atau kanker leher rahim merupakan kondisi yang sangat berbahaya bagi wanita. Apabila didiagnosis mengidap kanker serviks, dokter dapat segera membuat rencana perawatan bagi pasien, salah satunya dengan memberikan obat.

Menurut dr. Dyah Novita Anggraini, pengobatan kanker serviks akan bergantung dari stadium kanker yang diidap pasien.

“Pengobatan akan dilakukan berdasarkan stadium kanker, jenis kanker, usia pasien, dan kondisi medis lain yang dialami pasien. Biasanya, pengobatan juga diberikan sebagai kombinasi dengan perawatan lain seperti kemoterapi atau radioterapi,” ujar dr. Dyah Novita.

Obat kanker serviks sendiri bisa berbentuk oral maupun melalui infus. Berikut adalah daftar obat yang dapat diberikan kepada pasien kanker serviks.

Artikel Lainnya: Berbagai Komplikasi Kanker Serviks yang Perlu Anda Tahu

1 dari 4

1. Avastin

Avastin
loading

Melansir dari National Cancer Institute, avastin adalah salah satu jenis obat yang bekerja dengan menghambat pertumbuhan serta penyebaran sel kanker. Obat ini bekerja menghambat aliran darah ke tumor yang ada di serviks.

Selain itu, avastin bisa memperlambat pertumbuhan tumor. Obat ini diharapkan mampu membuat sel kanker jadi lebih sulit untuk berkembang.

Umumnya, dokter akan memberikan obat ini melalui cairan infus agar bisa langsung bekerja masuk ke pembuluh darah.

2. Topotecan

Topotecan adalah sejenis obat kemoterapi yang disebut inhibitor topoisomerase 1. Obat ini bekerja dengan memblokir bahan kimia yang disebut topoisomerase 1.

Bahan kimia ini membantu memisahkan dan memperbaiki DNA di dalam sel ketika mereka memperbanyak diri.

Sebab, sel kanker perlu membuat dan memperbaiki DNA untuk berkembang biak. Dengan kata lain, obat ini bekerja mematikan sel kanker atau menghambat sel kanker berkembang.

Topotecan hanya akan diberikan ketika pengobatan lain tidak bekerja baik. Pemberiannya dapat diberikan secara oral atau melalui cairan infus.

2 dari 4

3. Pembrolizumab

Pembrolizumab
loading

Pembrolizumab bekerja dengan cara mematikan atau menghambat pertumbuhan sel kanker. Tidak hanya itu, obat yang satu ini juga bekerja untuk meningkatkan respon kekebalan tubuh terhadap sel-sel kanker.

Biasanya, obat ini akan diberikan kepada pasien yang kondisinya tidak kunjung membaik. Obat ini diberikan dengan bentuk cairan infus yang langsung mengalir ke pembuluh darah.

Artikel Lainnya: Daftar Makanan untuk Mencegah Kanker Serviks

4. Carboplatin

Carboplatin merupakan obat yang diberikan melalui cairan infus. Peran obat ini adalah menghambat dan mematikan sel kanker yang ada di dalam tubuh.

Sayangnya, pemberian obat ini tidak boleh diberikan lebih dari 1 kali dalam kurun waktu empat minggu. Sebab, obat ini bisa menurunkan sel darah yang ada di dalam tubuh.

3 dari 4

5. Cisplatin

Cisplatin
loading

Obat yang diberikan melalui infus ini bekerja menghancurkan sel yang membelah dengan cepat, seperti sel kanker. Obat ini hanya boleh diberikan dengan bantuan dokter atau perawat medis.

Tak hanya menjadi obat kanker serviks, cisplatin juga dapat menjadi bagian pengobatan dari penyakit sumsum tulang belakang.

Baca Juga

Itu dia beberapa ragam obat yang biasanya akan diberikan oleh dokter kepada pasien kanker serviks. Para pengidap kanker juga bisa melengkapi nutrisi hariannya dengan berbagai produk di Belanja Sehat. 

Untuk tahu informasi kesehatan lain mengenai pengobatan kanker, Anda bisa membaca artikel di aplikasi Klikdokter. Anda juga bisa berkonsultasi langsung dengan dokter melalui fitur LiveChat.

(OVI/AYU)

ARTIKEL TERKAIT

Cara Penularan Kanker Serviks

Info Sehat
31 Mei

Berbagai Komplikasi Kanker Serviks yang Perlu Anda Tahu

Info Sehat
26 Mei

Daftar Makanan untuk Mencegah Kanker Serviks

Info Sehat
20 Mar

Benarkah Efek Terapi Radiasi Kanker Serviks Bikin Vagina Menyempit?

Info Sehat
17 Mar

Benarkah Makan Es Krim Saat Haid Picu Kanker Serviks?

Info Sehat
11 Mar

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat