Orangtua Mencium Bibir Anak, Bolehkah?
search

Orangtua Cium Anak di Bibir, Bolehkah?

Mencium bibir anak memang jadi salah satu tanda kasih sayang kepada buah hati. Namun, sampai umur berapa anak boleh dicium di bibir?
Orangtua Cium Anak di Bibir, Bolehkah?

Klikdokter.com, Jakarta Setiap orangtua memang punya caranya masing-masing untuk mengekspresikan rasa sayang kepada anaknya. Ada yang gemar memeluk, ada juga yang suka mencium. Tak hanya di pipi atau dahi, beberapa orangtua juga kerap mencium bibir anak. 

Usia berapa yang masih pantas bila anak dicium di bibir? Adakah dampaknya secara psikologis? Mari simak penjelasan psikolog berikut ini.

Artikel lainnya: Bayi Diduga Tertular TBC dari Ciuman, Ini Penjelasan Dokter

1 dari 3

Mencium Bibir Anak, Boleh atau Tidak?

Mencium Bibir Anak, Boleh atau Tidak?
loading

Tidak sedikit orangtua yang sering memberikan ciuman di bibir anaknya. Biasanya, kebiasaan ini dilakukan saat anak masih kecil dan belum beranjak dewasa. Namun, apakah ciuman di bibir untuk anak sebenarnya diperbolehkan? 

Menanggapi hal ini, Ikhsan Bella Persada, M.Psi., Psikolog, mengatakan, “Sebenarnya hal ini masih jadi perdebatan. Ada yang mengatakan boleh, tapi ada juga yang tidak.”

“Ada yang memperbolehkan karena itu sebagai bentuk kasih sayang orangtua ke anak, dan dijelaskan bahwa yang boleh melakukan itu orangtua dan saat masih kecil saja. Tetapi, di satu sisi, cium bibir anak tidak diperbolehkan karena bisa membuat anak bingung mengenai batasan privasi si anak,” jelasnya.

Sementara, orangtua juga harus mengajarkan anak sejak dini tentang bagian tubuh mana yang harus dijaga dan tidak boleh sembarangan dipegang orang. 

Mengenai boleh atau tidaknya orangtua mencium bibir anak, hal ini masih menjadi perdebatan. Kebiasaan tersebut kembali lagi kepada pilihan masing-masing keluarga

“Kalaupun ingin mencium bibir anak, sebaiknya tidak dilakukan di atas 5 tahun. Karena, orangtua juga perlu mengajarkan batasan privasi kepada anak,” ujar Ikhsan. 

Artikel lainnya: Sering Mencium Bayi Bisa Sebabkan Meningitis, Mitos atau Fakta?

2 dari 3

Dampak Cium Bibir Anak Secara Psikologis yang Mungkin Terjadi

Dampak Cium Bibir Anak Secara Psikologis yang Mungkin Terjadi
loading

Jika mencium bibir anak dilakukan terus-menerus, maka bukan tidak mungkin akan ada dampak yang bisa menimpa anak, seperti: 

  1. Anak Tidak Tahu Batasan Privasi 

Jika ciuman pada bibir sering dilakukan hingga anak masuk usia sekolah, maka dampaknya ia dapat menjadi kurang paham akan batasan privasi yang dimiliki. 

Anak bisa menganggap, ciuman di bibir itu hal normal yang dilakukan banyak orang kepada siapa pun. Hal ini justru berbahaya. Karena, bisa saja anak akan membiarkan orang lain mencium bibirnya. 

Jika dibiarkan, maka hal ini bisa berdampak pada keselamatan anak dan berisiko menjadi incaran orang jahat. 

Tidak hanya itu, anak juga bisa membiarkan area tubuh lainnya disentuh orang lain karena ia tidak mengerti batasan privasi dirinya.

  1. Mendorong Orang Sekitar Melakukan Hal yang Sama 

Karena dianggap biasa, orang-orang di sekitar anak bisa saja menjadi ikut mencium bibir anak tanpa seizin orangtua. 

Ketika anak membiarkan ia dicium orang lain khususnya di bibir, hal ini juga bisa meningkatkan gairah seksual dari orang asing tersebut. Bukan tidak mungkin anak berisiko menjadi korban pelecehan seksual. 

Baca Juga

Bila Anda ingin tanya lebih lanjut seputar kebiasaan cium bibir anak atau pola asuh lainnya, konsultasi ke psikolog lebih mudah lewat Live Chat.

(FR/JKT)

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Christian Nasir, Sp. A

Spesialis Anak
wallet
Rp. 25.000
avatar

dr. Shelvy Putri Amelia, Sp. A

Spesialis Anak
wallet
Rp. 50.000
avatar

Dr. Dr. dr. FX. Wikan Indrarto, Sp. A

Spesialis Anak
wallet
Rp. 30.000

ARTIKEL TERKAIT

Anak Tengah Rentan Alami Middle Child Syndrome, Benarkah?

Info Sehat
14 Jun

Makanan Berlemak yang Baik Dikonsumsi Penderita Diabetes

Info Sehat
14 Jun

Dampak Buruk Sering Melakukan Prank kepada Anak

Info Sehat
13 Jun

Anak Tak Sengaja Minum Susu Lansia, Apa Efeknya?

Info Sehat
12 Jun

Cara Mengatasi Perasaan Insecure pada Remaja Perempuan

Info Sehat
11 Jun

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat