Manfaat Vitamin D untuk Ibu Hamil, Menambah IQ Anak?
search

Konsumsi Vitamin D saat Hamil, Bermanfaat untuk IQ Anak?

Selain membantu pertumbuhan tulang, konsumsi vitamin D untuk ibu hamil disinyalir dapat mengoptimalkan perkembangan IQ anak sejak dalam kandungan. Apakah medis setuju?
Konsumsi Vitamin D saat Hamil, Bermanfaat untuk IQ Anak?

Klikdokter.com, Jakarta Memenuhi kebutuhan vitamin D selama kehamilan adalah hal yang penting untuk menunjang pertumbuhan tulang si kecil sejak dalam kandungan.

Tidak hanya itu, memenuhi kebutuhan vitamin D untuk ibu hamil juga disinyalir dapat mengoptimalkan perkembangan IQ anak ketika dilahirkan nanti.

Apakah medis setuju dengan manfaat vitamin D untuk janin tersebut? Benarkah memenuhi vitamin D selama kehamilan berhubungan erat dengan IQ anak yang optimal?

Artikel Lainnya: Beragam Manfaat Vitamin D untuk Ibu Hamil dan Janin

1 dari 3

Konsumsi Vitamin D Untuk IQ Anak

Konsumsi Vitamin D Untuk IQ Anak
loading

Melansir WebMd, penelitian dari Spanyol menyertakan hampir 2.000 ibu dan bayi guna mengetahui manfaat memenuhi kebutuhan vitamin D selama kehamilan terhadap IQ anak. 

Pada studi tersebut, peneliti mengukur kadar vitamin D wanita hamil selama trimester kedua atau pada usia kehamilan 14 bulan.

Bayi yang menjadi partisipan dalam studi tersebut juga telah diberikan tes standar selama kurang lebih satu jam. Tes ini bertujuan untuk mengukur perkembangan mental dan keterampilan psikomotorik bayi.

Setelah melakukan serangkaian tes, tim peneliti menemukan bahwa bayi dengan ibu yang memiliki tingkat vitamin D optimal selama kehamilan mendapatkan skor sedikit lebih tinggi daripada bayi dari ibu yang kekurangan vitamin D.

Hal senada juga pernah ditemukan oleh penelitian lain yang terbit dalam The Journal of Nutrition. Penelitian ini melihat data dari 1000 wanita selama kehamilan guna menentukan kadar vitamin D plasma di trimester kedua. 

Kemudian, para peneliti juga menyertakan anak dari ibu-ibu tersebut yang telah berusia 4 hingga 6 tahun dalam tes IQ khusus.

Melissa Melough selaku peneliti utama dan penulis studi melaporkan, semakin tinggi tingkat vitamin D seorang wanita selama kehamilan, semakin besar pula angka IQ anak ketika diuji. 

Meski menjanjikan, dr. Atika agaknya kurang setuju dengan hasil dari penelitian-penelitian tersebut. Pasalnya, menurut dr. Atika, penelitian mengenai vitamin D untuk IQ anak masih bersifat kontroversial. 

"Ada studi yang mendukung, tapi ada juga yang justru menyatakan sebaliknya. Maka, belum dapat dipastikan hingga lebih banyak lagi studi yang meneliti tentang hal tersebut," ucap dr. Atika.

Artikel Lainnya: Ketahui Kebutuhan Vitamin D Berdasarkan Usia Anda

2 dari 3

Pentingnya Memenuhi Vitamin D Selama Kehamilan

Pentingnya Memenuhi Vitamin D Selama Kehamilan
loading

Memenuhi kebutuhan vitamin D untuk ibu hamil memang belum terbukti berhubungan dengan IQ anak yang dilahirkan. Namun, setiap ibu hamil tetap wajib memenuhi kebutuhan vitamin tersebut.

“Faktanya, vitamin D membantu penyerapan dan metabolisme kalsium dan fosfor sehingga menjaga agar tulang ibu lebih kuat,” kata dr. Atika.

“Memenuhi vitamin D selama kehamilan juga penting untuk mengoptimalkan sistem kekebalan tubuh dan menurunkan risiko preeklampsia,” tegasnya.

Vitamin D bisa didapatkan dari paparan sinar matahari pagi, ikan tuna dan salmon, telur, susu, dan serealia. Selain itu, vitamin tersebut juga bisa didapatkan dari suplemen khusus untuk ibu hamil yang mesti dikonsumsi di bawah pengawasan dokter.

Baca Juga

Meski belum sepenuhnya terbukti dapat mengoptimalkan IQ anak, Anda tetap mesti memenuhi kebutuhan vitamin D selama kehamilan guna menjaga kesehatan tubuh sendiri dan janin yang ada di dalam kandungan.

Apabila Anda butuh saran atau bantuan terkait vitamin D untuk ibu hamil, tak perlu ragu untuk berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

ARTIKEL TERKAIT

Awas, Kurang Tidur Bisa Mengganggu Psikososial Anak

Info Sehat
20 Jun

Bahaya Konsumsi Vitamin A Berlebihan bagi Ibu Hamil

Info Sehat
19 Jun

Terlalu Banyak PR Sekolah Ganggu Kesehatan Mental Anak, Benarkah?

Info Sehat
19 Jun

Diet untuk Anak, Apakah Perlu Dilakukan?

Info Sehat
18 Jun

Si Kecil Sakit, Kapan Harus Periksa ke Dokter Spesialis Anak?

Info Sehat
17 Jun

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat