7 Buah yang Melancarkan BAB Saat Hamil
search

Deretan Buah untuk Mengatasi Sembelit pada Ibu Hamil

Selama hamil, sembelit atau sulit buang air besar adalah masalah yang umum terjadi. Untungnya, kondisi tersebut bisa diatasi dengan mengonsumsi buah yang tepat.
Deretan Buah untuk Mengatasi Sembelit pada Ibu Hamil

Klikdokter.com, Jakarta Sembelit atau konstipasi merupakan masalah umum yang terjadi selama kehamilan. Risiko kondisi ini semakin meningkat seiring dengan bertambahnya ukuran janin di dalam kandungan.

Menurut dr. Reza Fahlevi, Sp. A, sembelit saat kehamilan adalah hal yang wajar terjadi. Kondisi ini dikarenakan ukuran perut yang semakin besar dapat menekan organ pencernaan yang ada di sekitarnya.

“Rahim, ketuban, dan ukuran bayi yang membesar nantinya akan menekan perut ibu sehingga menyulitkan untuk buang air besar,” ucap dr. Reza.

“Salah satu cara untuk mengatasi sembelit saat hamil adalah dengan makan buah yang mengandung serat tinggi,” ujar dr. Reza Fahlevi.

Adapun beberapa buah untuk mengatasi sembelit pada ibu hamil yang bisa dijadikan sebagai pilihan, yaitu:

Artikel Lainnya: Manfaat Buah Srikaya untuk Ibu Hamil

1 dari 5

1. Pir

Buah Pir
loading

Pir berukuran sedang dengan berat 178 gram mengandung sekitar 5,5 gram serat di dalamnya. Buah berwarna kuning cerah ini juga tinggi fruktosa dan sorbitol, yang merupakan jenis gula alami pada buah-buahan.

Kombinasi serat, fruktosa, dan sorbitol yang ada di dalam buah pir membuatnya efektif dalam membantu mengoptimalkan pergerakan usus, sehingga mempermudah buang air besar.

2. Apel

Sebutir apel berukuran sedang dengan berat 200 gram mengandung sekiranya 4,8 gram serat. Buah ini pun mengandung senyawa yang disebut dengan pektin.

Faktanya, pektin dapat dengan cepat difermentasi oleh bakteri di usus untuk membentuk asam lemak rantai pendek. Fungsi dari senyawa tersebut adalah untuk menarik air ke dalam usus besar dan melunakkan tinja. 

Satu studi pada 80 orang dengan sembelit menemukan bahwa pektin bisa mempercepat pergerakan tinja, memperbaiki gejala sembelit, serta meningkatkan jumlah bakteri baik di usus.

2 dari 5

3. Prune

Buah Prune atau plum
loading

Prune atau plum yang dikeringkan mengandung serat tidak larut yang disebut selulosa. Senyawa tersebut mudah difermentasi di usus besar untuk menghasilkan asam lemak, yang turut meningkatkan kadar air dalam tinja.

Tidak berhenti di situ, kandungan sorbitol dan fenolik dalam prune juga berperan besar dalam memperbaiki fungsi saluran pencernaan.

Artikel Lainnya: Ragam Buah untuk Kesuburan Kandungan Agar Cepat Hamil

4. Kiwi

Sebutir kiwi seberat 75 gram mengandung sekitar 2,3 gram serat, yang baik untuk mengoptimalkan fungsi saluran cerna.

Kiwi juga termasuk sebagai buah pelancar BAB ibu hamil, karena mengandung yang enzim yang disebut actinidin. Senyawa ini disinyalir dapat membantu mengoptimalkan pergerakan usus.

Dalam sebuah penelitian, 19 orang dewasa yang sehat mengonsumsi suplemen yang berasal dari kiwi selama 28 hari. Peneliti menyatakan, orang-orang tersebut mengalami peningkatan jumlah buang air besar setiap harinya.

3 dari 5

5. Jeruk

Buah Jeruk
loading

Sebutir jeruk mengandung sekitar 3,7 gram serat. Buah ini juga kaya akan serat pektin larut, terutama pada kulitnya.

Selain itu, buah jeruk juga mengandung flavonoid yang disebut naringenin. Senyawa ini membuat jeruk efektif untuk mengatasi sembelit.

Penelitian pada hewan telah menunjukkan bahwa kandungan naringenin dalam jeruk dapat meningkatkan sekresi cairan ke dalam usus besar sehingga menghasilkan efek pencahar. Hanya saja, butuh penelitian lebih lanjut akan hal ini.

Artikel Lainnya: Benarkah Makan Buah Kundur Bisa Meningkatkan Peluang Hamil?

6. Buah Naga

Sudah jadi rahasia umum bahwa buah naga sangat baik untuk dikonsumsi secara rutin dan teratur oleh ibu hamil.

Selain tinggi vitamin dan mineral, buah ini juga kaya akan serat sehingga bisa melancarkan buang air besar.

Buah naga juga mengandung vitamin A, C, dan antioksidan tinggi, yang turut meningkatkan sistem kekebalan tubuh tubuh.

4 dari 5

7. Pisang

Pisang
loading

Pisang juga termasuk sebagai buah memperlancar BAB ibu hamil. Buah berkulit kuning ini tinggi akan kandungan serat, yang tentunya efektif dalam melancarkan sistem pencernaan.

Itu dia beberapa buah yang melancarkan BAB saat hamil. Jika ingin mengonsumsinya, pastikan untuk membatasi jumlahnya agar tidak berlebihan.

Baca Juga

Apabila mengalami gejala asam lambung tinggi, sebaiknya hindari buah yang berasa asam agar keluhan tak makin parah.

Jika butuh bantuan atau saran dari dokter terkait konsumsi buah untuk memperlancar BAB ibu hamil, Anda bisa melakukan konsultasi lebih lanjut melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi Klikdokter.

(NB/AYU)

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Donny Sutrisno Winardo, Sp. OG

Spesialis Kebidanan dan Kandungan
wallet
Rp. 50.000
avatar

dr. Astrina Supandy, Sp. OG

Spesialis Kebidanan dan Kandungan
wallet
Rp. 50.000
avatar

dr. Daniel, Sp.OG

Spesialis Kebidanan dan Kandungan
wallet
Rp. 25.000

ARTIKEL TERKAIT

Daftar Buah yang Bisa Bantu Naikkan Berat Badan

Info Sehat
19 Jun

Mengenal Manfaat Buah Bit untuk Jantung

Info Sehat
15 Jun

Sering Makan Nanas Bisa Picu Kista Ovarium?

Info Sehat
15 Jun

Istimewa, Buah Pir Bisa Mencegah Kanker Payudara!

Info Sehat
08 Jun

Khasiat Lemon untuk Penyembuhan Kanker, Efektifkah?

Info Sehat
01 Jun

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat