Kertas Minyak Wajah, Apakah Efektif? Ini Kata Dokter
searchtext customer service

Kertas Penyerap Minyak Wajah, Apakah Efektif Menurut Medis?

Kertas penyerap minyak wajah disinyalir dapat memberikan hasil yang efektif pada semua orang. Benarkah demikian? Simak kata dokter tentang kegunaan kertas minyak!
Kertas Penyerap Minyak Wajah, Apakah Efektif Menurut Medis?

Klikdokter.com, Jakarta Apakah Anda termasuk orang yang memiliki wajah berminyak? Jika ya, Anda pasti sudah tidak asing dengan keluhan wajah kusam akibat produksi minyak berlebih.

Guna mengatasi masalah tersebut, sebagian orang memilih untuk menggunakan kertas penyerap minyak wajah. Benda ini disinyalir ampuh untuk ‘mengurangi’ kadar minyak berlebih di wajah, sehingga terhindar dari kekusaman.

Namun, menurut medis, apakah kertas minyak wajah adalah solusi yang paling ampuh untuk mengatasi masalah tersebut?

 

1 dari 3

Mengenal Cara Kerja Kertas Minyak Wajah

Penggunaan Kertas Minyak untuk Wajah Picu Komedo, Benarkah?
loading

Menurut dr. Muhammad Iqbal Ramadhan, kertas minyak wajah memang dirancang khusus untuk menyerap kelebihan minyak di permukaan kulit wajah agar tidak terlalu mengilap dan tampak lebih kering.

Kertas minyak biasanya dibuat dari bahan khusus, seperti bekatul, daun pisang, sampai dengan plastik elastis polipropilena sehingga memiliki daya serap serap yang tinggi.

Artikel Lainnya: Pakai Sheet Mask setiap Hari dapat Mengatasi Jerawat, Benarkah?

Komposisi yang biasanya ada di dalam kertas minyak wajah adalah surfaktan. Senyawa ini dapat ‘menggenggam’ salah satu sifat dari objek serapan selagi dapat bercampur dengan baik. Dalam hal ini, objek serapan yang dimaksud adalah lemak dan minyak.

2 dari 3

Benarkah Kertas Minyak Solusi Terbaik?

Benarkah Kertas Minyak Solusi Terbaik?
loading

“Sebenarnya, kertas minyak bukanlah solusi utama untuk mengatasi wajah berminyak. Lagi pula, benda tersebut memang tidak didesain untuk mengatasi wajah berminyak,” ucap dr. Iqbal.

Faktanya, kertas minyak hanya dapat mengangkat residu berbentuk minyak yang ada di permukaan wajah. Dengan kata lain, benda ini hanya sebatas sebagai penghilang minyak sementara agar rona wajah tampak lebih segar.

“Biasanya, kertas minyak mengatasi minyak di bagian T-zone (dahi, hidung, mulut, dan dagu). Minyak akan ditarik di zona tersebut,” jelas dr. Iqbal.

Cara memakai kertas minyak juga menjadi penentu apakah benda ini efektif untuk mengangkat residu yang ada di wajah.

Jika Anda menekan atau mengusap wajah menggunakan kertas minyak dengan tekanan yang cukup kuat, ini merupakan cara yang salah.

Kuatnya tekanan pada kulit dapat memicu sensasi panas dan meningkatkan risiko iritasi.

Kondisi ini pun membuat kelenjar kulit akan terangsang untuk memproduksi sebum yang lebih banyak. Alhasil, wajah pun akan tampak lebih berminyak daripada sebelumnya.

Artikel Lainnya: Masalah Kulit yang Sering Dialami Remaja

Intinya, kertas minyak bukanlah solusi untuk mengatasi wajah berminyak. Benda ini hanya sebatas untuk membersihkan, karena tidak bisa mengontrol sebum agar tidak memproduksi minyak berlebih di wajah.

“Mengatasi masalah wajah berminyak bisa dilakukan dengan menggunakan produk-produk perawatan kulit yang sifatnya mengontrol dan mengatur sebum atau kelenjar minyak,” tutur dr. Iqbal.

Untuk mengetahui produk perawatan wajah berminyak yang paling tepat, Anda mesti berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis.

Pasalnya, setiap pemilik wajah berminyak memiliki kondisi yang berbeda-beda. Oleh karena itu, produk dan prosedur perawatannya pun tidak bisa disamaratakan.

Baca Juga

Kertas minyak hanya berfungsi menghilangkan minyak berlebih di wajah agar tidak berkilau dan kusam. Benda ini tidak mampu mengontrol sebum, agar tak memproduksi minyak berlebih di wajah.

Jika Anda terganggu dengan kondisi wajah berminyak dan ingin tahu solusi terbaik untuk mengatasinya, sebaiknya segera konsultasikan lebih lanjut kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi Klikdokter.

(NB/AYU)

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Monalisa Manik, M.Ked, Sp.KK

Spesialis Kulit dan Kelamin
wallet
Rp. 50.000
avatar

dr. Irwan Junawanto,SpKK

Spesialis Kulit dan Kelamin
wallet
Rp. 30.000
avatar

dr. Julieta Diana Pricillia Dotulong, Sp. KK

Spesialis Kulit dan Kelamin
wallet
Rp. 50.000

ARTIKEL TERKAIT

Pori-Pori Besar Vs Kecil, Mana yang Lebih Rentan Berkomedo?

Info Sehat
27 Jun

Dampak Penyalahgunaan Narkoba Terhadap Kulit

Info Sehat
26 Jun

Kapan Anak Boleh Menggunakan Sabun Orang Dewasa?

Info Sehat
22 Jun

Manfaat Blue Light Therapy untuk Cegah Kanker Kulit

Info Sehat
20 Jun

Panu Adalah Penyakit Keturunan, Mitos atau Fakta?

Info Sehat
20 Jun

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat