5 Cara Sederhana untuk Mempererat Hubungan Keluarga
search

Jangan Kendor, Ini Cara Mempererat Hubungan Keluarga

Semakin anak tumbuh dewasa, hubungan keluarga bisa semakin berjarak. Berikut adalah cara sederhana untuk mempererat hubungan keluarga.
Jangan Kendor, Ini Cara Mempererat Hubungan Keluarga

Klikdokter.com, Jakarta Bagi beberapa orang, keluarga adalah harta yang paling berharga. Namun, semakin bertambahnya usia anak dan kesibukan anggota keluarga lainnya, ikatan antaranggota keluarga bisa jadi kendor.

Padahal, ikatan atau kelekatan (bonding) yang kuat di antara keluarga itu sangat penting. Bagi anak, ikatan yang kuat dengan ayah, ibu, atau saudara yang lainnya bisa membuat ia merasa nyaman, diakui, dan mendapat dukungan yang cukup.

Ikatan keluarga yang kuat juga dinilai dapat mendorong perilaku anak menjadi lebih baik dan meningkatkan prestasi akademisnya.

Untuk mempererat bonding di dalam keluarga, Anda bisa melakukan kelima cara sederhana berikut ini.

1 dari 4

1. Melakukan Kegiatan Bersama

Melakukan Kegiatan Bersama
loading

Melansir Very Well Family, saat menikmati kegiatan bersama keluarga, anak-anak dapat mempelajari keterampilan sosial.

Tidak hanya itu, menghabiskan waktu bersama keluarga membuat anak memiliki harga diri yang lebih tinggi.

Artikel Lainnya: 4 Pilihan Aktivitas Sehat untuk Anda dan Keluarga

Ikhsan Bella Persada,M.Psi., Psikolog juga mengatakan bahwa cara mempererat hubungan keluarga adalah menghabiskan waktu bersama.

"Family time itu melakukan kegiatan bersama yang dapat meningkatkan bonding satu sama lain. Contoh family time adalah membuat tradisi setiap hari Sabtu ada kumpul bareng keluarga untuk menonton film. Kemudian bisa juga buat rencana liburan bersama," ucap psikolog Ikhsan.

Anda pun bisa membuat daftar aktivitas yang ingin dicoba bersama anggota keluarga lain. Aktivitas tersebut bisa berupa bersepeda bersama, bermain monopoli, atau mencoba olahraga baru seperti bermain bowling.

2. Beri Apresiasi atau Dukungan

Penting untuk memiliki perasaan menghargai dan dihargai dalam lingkungan keluarga. Ketika merasa dihargai, anak akan menjadi percaya diri saat melakukan kegiatan, baik di dalam atau luar sekolah.

Untuk itu, keluarga wajib memberikan dukungan atau apresiasi. Dukungan bisa diberikan dengan ikut melakukan kegiatan yang anak suka. Misalnya, orangtua bisa menghadiri pertunjukan seni atau pertandingan olahraga yang anak lakukan.

Jangan malu menunjukan rasa cinta terhadap anggota keluarga. Perhatian atau dukungan sekecil apa pun akan diingat oleh anak serta membuatnya merasa aman dan dihargai.

2 dari 4

3. Selalu Ada Saat Dibutuhkan

Selalu Ada Saat Dibutuhkan
loading

Melansir dari Life Hack, keluarga sebaiknya hadir atau saling mendukung dalam rasa suka maupun duka.

Hadir secara fisik dan emosional dapat memperkuat hubungan, kepercayaan, dan keintiman antaranggota keluarga.

Artikel Lainnya: Manfaat Makan Malam bersama Keluarga

4. Makan Malam Bersama

Penelitian menunjukkan bahwa remaja lebih merasa bahagia dan memiliki harga diri yang baik ketika keluarganya rutin mengadakan makan malam bersama.

Saat makan malam bersama, pastikan anggota keluarga duduk bersama, matikan perangkat elektronik, dan berikan perhatian penuh satu sama lain saat makan.

Orangtua bisa bertanya mengenai kegiatan sekolah dan aktivitas rutin yang anak lakukan. Dengan begitu, anak merasa mendapat perhatian dan dukungan cukup dari kedua orangtuanya.

3 dari 4

5. Menjadi Pendengar yang Baik

Menjadi Pendengar yang Baik
loading

Mendengarkan cerita atau curhat anak adalah salah satu cara mempererat hubungan keluarga. Mendengarkan termasuk memberikan perhatian penuh, mengajukan pertanyaan untuk mengklarifikasi, dan memastikan Anda mengerti ceritanya sebelum merespons.

Pastikan juga Anda berkontak mata dan memberikan isyarat verbal dan non verbal. Sebab, hal tersebut menandakan bahwa Anda sedang menyimak cerita anak.

Baca Juga

Seseorang yang merasa tidak didengarkan atau tidak dihargai saat bercerita akan enggan membagikan kisahnya kembali dengan Anda.

Itu dia cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk mempererat hubungan keluarga. Untuk tahu tips parenting lainnya, Anda bisa membaca artikel di aplikasi Klikdokter

(OVI/AYU)

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Peter Fernando

Dokter Umum
wallet
Rp. 35.000
avatar

dr. Jessica Wirjosoenjoto

Dokter Umum
wallet
Rp. 10.000
avatar

dr. Wendri Wildiartoni Pattiawira

Dokter Umum
wallet
Rp. 20.000

ARTIKEL TERKAIT

Awas, Ini Pola Asuh Anak yang Rentan Memicu Depresi

Info Sehat
29 Jun

Baru Punya Anak, Waspadai Depresi Akibat Dad Shaming

Info Sehat
28 Jun

Cara Melatih Anak agar Lebih Bertanggung Jawab

Info Sehat
28 Jun

Penyebab dan Tanda Anak Takut pada Orangtua

Info Sehat
25 Jun

Orangtua Cium Anak di Bibir, Bolehkah?

Info Sehat
15 Jun

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat