5 Manfaat Baby Oil untuk Orang Dewasa
searchtext customer service

Sederet Fungsi Baby Oil untuk Kulit Orang Dewasa

Baby oil merupakan salah satu perlengkapan bayi, yang kadang digunakan oleh orang dewasa. Ternyata, ini sederet manfaat baby oil untuk kulit dewasa.
Sederet Fungsi Baby Oil untuk Kulit Orang Dewasa

Klikdokter.com, Jakarta Hampir semua orang menginginkan kulit yang kenyal dan sehat seperti bayi. Salah satu yang sering dilakukan untuk mewujudkan hal ini adalah dengan menggunakan produk bayi, seperti baby oil.

Baby oil memiliki kandungan utama minyak mineral. Di dalamnya terdapat pula kandungan alami, seperti vitamin E dan A, lidah buaya, serta madu. Kombinasi tersebut membuat baby oil dapat membantu memelihara dan menjaga kesehatan kulit, serta mencegah efek merusak dari radikal bebas.

“Manfaat baby oil bagi kulit bisa melembapkan dan mengangkat sel-sel kulit mati. Bahkan, untuk rambut pun bisa,” jelas dr. Arina Heidyana.

Artikel Lainnya: Ibu Hamil Kerokan, Lebih Baik Pakai Baby Oil atau Bawang?

Manfaat baby oil tersebut ternyata tak hanya berlaku untuk si kecil. Faktanya, manfaat tersebut juga bisa dinikmati oleh orang dewasa.

Berikut ini beberapa manfaat baby oil untuk kulit dewasa:

1 dari 4

1. Baik untuk Moisturizer

Baby Oil Baik untuk Moisturizer
loading

Baby oil dapat digunakan sebagai moisturizer alias pelembap, terutama pada bagian kulit kering yang membutuhkan penyembuhan.

Penggunaannya sama seperti pada bayi. Anda dapat mengoleskan baby oil ke bagian kulit yang kering setelah mandi. Dengan begini, zat minyak alami yang ada di dalam baby oil bisa meresap dengan lebih optimal ke dalam kulit.

Kendati demikian, Anda tidak disarankan untuk mengaplikasikan baby oil sebagai pelembap wajah. Hal ini karena produk tersebut cenderung menyumbat pori-pori, sehingga dapat meningkatkan risiko jerawat.

Selain itu, Anda juga mesti memilih produk baby oil yang tidak mengandung pewangi tambahan, karena dapat menyebabkan masalah pada kulit sensitif.

2. Makeup Remover

Baby oil dapat digunakan untuk makeup remover, karena dapat membantu melarutkan bahan-bahan yang ada di dalam produk kosmetik dan kotoran yang menumpuk di wajah.

Cara menggunakannya, yaitu dengan menuangkan sedikit baby oil ke kapas, dan seka secara perlahan ke bagian wajah yang terdapat makeup. Setelahnya, segera bersihkan wajah Anda menggunakan air mengalir dan lap dengan kain handuk kering dengan cara ditepuk-tepuk perlahan.

Selain sebagai makeup remover, baby oil juga dapat digunakan untuk mengoreksi kosmetik saat Anda mengaplikasikannya ke wajah. Caranya, teteskan sedikit baby oil ke cotton bud dan gunakan bagian tersebut untuk menghapus garis atau noda. Pastikan untuk hindari kontak baby oil dengan area mata, agar tidak menyebabkan iritasi.

2 dari 4

3. Membantu Menghilangkan Tumit Pecah-Pecah

Baby Oil Membantu Menghilangkan Tumit Pecah-Pecah
loading

Kandungan Vitamin E dalam baby oil dapat meremajakan dan memulihkan kulit. Hal ini sangat sempurna untuk mengatasi masalah kulit, seperti tumit pecah-pecah dan siku kering.

Penggunaan baby oil secara teratur juga dapat membantu menjaga kelembapan kaki, lho.

Artikel Lainnya: Tips Membersihkan Daki di Tubuh Bayi

4. Solusi yang Baik untuk Perawatan Kutikula

Kutikula dapat menyebabkan sensasi terbakar dan nyeri, khususnya jika tidak diperhatikan kesehatannya. Di sinilah baby oil dapat berperan penting.

Jika Anda tidak ingin menghabiskan banyak uang untuk menggunakan minyak kutikula yang mahal, ambillah sebotol baby oil sebagai gantinya.

Rendam kapas dalam baby oil dan oleskan secara lembut ke jari dan kuku Anda. Setelah itu, berikan sedikit pijatan agar baby oil meresap hingga ke dasar kuku. Perawatan ini dapat membuat kuku Anda tampak sehat dan berkilau.

3 dari 4

5. Dapat Digunakan Sebagai Minyak Cukur

Baby Oil Dapat Digunakan Sebagai Minyak Cukur
loading

Apakah Anda wanita yang sering terganggu dengan penampakan bulu di kaki sendiri? Jika ya, Anda bisa menghilangkannya dengan bantuan baby oil.

Faktanya, baby oil bisa digunakan sebagai minyak cukur. Anda hanya perlu mengoleskannya tipis-tips di area tubuh yang hendak dicukur. Hal ini akan membuat kulit tetap licin saat mencukur sehingga Anda terhindar dari risiko iritasi atau luka.

Baca Juga

Demikian beberapa fungsi baby oil untuk kulit orang dewasa. Tertarik untuk mencobanya agar bisa merasakan sendiri manfaat-manfaat tersebut?

Agar lebih aman, lebih baik konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter sebelum menggunakan baby oil. Anda dapat mengandalkan layanan LiveChat 24 jam atau aplikasi KlikDokter untuk bisa chatting langsung dengan tenaga medis terpercaya.

(NB/JKT)

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Ade Firman Saroso, Sp. KK

Spesialis Kulit dan Kelamin
wallet
Rp. 50.000
avatar

dr. Irwan Junawanto,SpKK

Spesialis Kulit dan Kelamin
wallet
Rp. 30.000
avatar

dr. Febrina T Kurniasih, M. Ked(DV), Sp. DV

Spesialis Kulit dan Kelamin
wallet
Rp. 30.000

ARTIKEL TERKAIT

Alasan Medis Bentol Akibat Gigitan Nyamuk Terasa Gatal

Info Sehat
03 Jul

Peeling Skin Syndrome, Penyakit Langka Penyebab Kulit Terkelupas

Info Sehat
29 Jun

Kertas Penyerap Minyak Wajah, Apakah Efektif Menurut Medis?

Info Sehat
28 Jun

Pori-Pori Besar Vs Kecil, Mana yang Lebih Rentan Berkomedo?

Info Sehat
27 Jun

Dampak Penyalahgunaan Narkoba Terhadap Kulit

Info Sehat
26 Jun

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat