Tips Mengatasi Celebrity Worship Syndrome pada Pasangan
search

Peran Pasangan dalam Mengatasi Celebrity Worship Syndrome

Pasangan memiliki peran yang penting dalam mengatasi seseorang yang mengalami obsesi berlebih pada idola alias celebrity worship syndrome. Cek fakta selengkapnya!
Peran Pasangan dalam Mengatasi Celebrity Worship Syndrome

Klikdokter.com, Jakarta Memberikan dukungan pada pasangan terhadap minat atau hal yang ia senangi merupakan salah satu cara meningkatkan kualitas hubungan.

Namun, ketika minat pasangan terhadap suatu sosok beralih menjadi obsesi berlebih yang justru membahayakan dirinya maupun orang lain, Anda patut menyikapinya dengan lebih serius.

Pasalnya, kondisi tersebut dapat menjadi tanda bahwa pasangan Anda mengidap gejala celebrity worship syndrome.

Menurut Psikolog Gracia Ivonika M.Psi., celebrity worship syndrome merupakan bentuk perilaku yang didasari rasa obsesif dan adiktif pada tokoh publik.

“Obsesi berlebih ini pada tingkatan parah dapat menyebabkan seseorang tidak bisa mempertimbangkan aspek lain di luar kekagumannya. Pada akhirnya, hal itu bisa membuat orang tersebut bermasalah terhadap diri sendiri maupun orang lain,” ucap Gracia.

Artikel Lainnya: Ngefans Akut dengan Idola, Hati-hati Kena Celebrity Worship Syndrome!

Celebrity worship syndrome dapat muncul akibat pengaruh lingkungan sekitar, pergaulan, maupun media.

Meski begitu, Psikolog Ikhsan Bella Persada, M.Psi., menyarankan agar seseorang tidak gegabah mendiagnosis gangguan mental terkait obsesi berlebih pada idola tersebut.

“Untuk cara diagnosisnya, sebenarnya tidak boleh self-diagnose, ya. Perlu ke tenaga profesional, seperti psikolog,” tegas Ikhsan.

Lantas, bagaimana cara menyikapi gejala celebrity worship syndrome pada pasangan agar kondisi tersebut bisa hilang? Berikut ini tips dari Psikolog Gracia dan Ikhsan terkait cara menghilangkan obsesi pada idola:

1 dari 4

1. Mencari Tahu Kebutuhan Pasangan

Mencari Tahu Kebutuhan Pasangan
loading

Menurut Ikhsan, hal pertama yang dapat Anda lakukan untuk menyikapi pasangan dengan gejala celebrity worship syndrome adalah mencari tahu kebutuhannya.

“Cari tahu, kira-kira apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh pasangan. Apakah karena keinginan diakui, keinginan untuk mendapatkan perhatian, atau ada rasa tidak puas dengan diri sendiri atau pasangannya?” tutur Ikhsan.

2. Perbanyak Ngobrol

Setelah mencari tahu kebutuhan pasangan, Gracia menganjurkan agar Anda dapat meningkatkan hubungan secara emosional dengan pasangan. Salah satu caranya adalah dengan memperbanyak ngobrol dan diskusi bersama pasangan.

“Perbanyak ngobrol dan diskusi untuk mengetahui konteks apa yang disukai pasangan dari idolanya,” ujar Gracia.

2 dari 4

3. Memberikan Pengertian pada Pasangan

Memberikan Pengertian pada Pasangan
loading

Setelah memahami konteks yang menyebabkan obsesi berlebih pada idola, Anda sebaiknya berani mengingatkan pasangan untuk tidak berlebihan dalam menyukai atau mengagumi sesuatu.

Cara yang bisa dicoba untuk hal tersebut adalah dengan memberikan pengertian kepada pasangan secara perlahan dan berhati-hati.

“Biasanya orang yang mengidap celebrity worship syndrome sangat sensitif dengan segala topik soal idolanya, rasa kagumnya pada idola, serta hal-hal yang dikritisi orang lain,” tutur Gracia.

Untuk itu, Garcia menganjurkan untuk berupaya menunjukkan kepada pasangan bahwa Anda memahami kekagumannya kepada sang idola.

“Caranya bisa dengan menghargai dan memuji sisi positif yang dikagumi pasangan dari idolanya sebelum memulai pembicaraan. Lalu, bicarakan pada titik mana kekaguman itu sudah melampaui batas,” saran Garcia.

“Kemudian, ajak pasangan berpikir dan merefleksikan, apakah kekagumannya itu sudah terlalu kelewatan? Misalnya, rasa kagum itu menyebabkan pasangan terlibat masalah,” tambahnya.

Artikel Lainnya: Tips Menghindari Cemburu Berlebihan dengan Mantan Pacar Pasangan

4. Mencari Solusi Bersama

Langkah selanjutnya yang dapat Anda lakukan sebagai cara menangani celebrity worship syndrome pada pasangan, yaitu dengan mencari solusi bersama.

“Coba ajak diskusi pasangan, kira-kira apa yang bisa dilakukan untuk dapat mengatasi hal tersebut. Contoh, jika dia merasa kurang diakui, maka bisa berikan pasangan sesuatu yang dibutuhkan; entah perhatian atau benda yang diinginkan,” ucap Ikhsan.

3 dari 4

5. Melakukan Kegiatan Bersama

Melakukan Kegiatan Bersama
loading

Agar obsesi berlebih pada idola dapat dikurangi sedikit demi sedikit, Anda juga dapat mengajak pasangan melakukan aktivitas lain yang tidak ada hubungannya dengan tokoh tersebut.

“Lakukan kegiatan bersama atau jalani quality time dengan pasangan, agar  pikirannya tidak terus-menerus terfokus pada idolanya,” kata Garcia.

6. Mendatangi Psikolog

Terakhir, jika obsesi pasangan terhadap idolanya sudah berada pada level membahayakan, lebih baik segera ajak untuk mendapatkan penanganan khusus yang lebih komprehensif dari profesional seperti psikolog.

“Jika psikolog merasa pasangan Anda membutuhkan penanganan psikiater, pasti akan diarahkan juga,” pungkas Garcia.

Baca Juga

Demikian tips menghilangkan obsesi pada idola yang dialami pasangan Anda. Jika ingin tanya lebih lanjut seputar celebrity worship syndrome, Anda bisa melakukan konsultasi kepada psikolog melalui LiveChat 24 jam atau aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

Henny Mayasari, S.Psi, M.Psi, Psikolog

Psikolog
wallet
Rp. 25.000
avatar

Yulizar Zaidar, S.Psi, M.Psi, Psikolog

Psikolog
wallet
Rp. 25.000
avatar

Exa Alifa Budiyanto, S.Psi, M.Psi, Psikolog

Psikolog
wallet
Rp. 25.000

ARTIKEL TERKAIT

Kondisi Mental Anak Turun Selama Belajar di Rumah, Ini Tips Menjaganya

Info Sehat
03 Jul

Penyebab Ithyphallophobia, Fobia Melihat Penis Ereksi pada Pria

Info Sehat
02 Jul

Penyebab Kelelahan Mental yang Mesti Anda Kenali dan Waspadai

Info Sehat
02 Jul

Awas, Ini Pola Asuh Anak yang Rentan Memicu Depresi

Info Sehat
29 Jun

Baru Punya Anak, Waspadai Depresi Akibat Dad Shaming

Info Sehat
28 Jun

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat