5 Pantangan Makanan untuk Penderita Kanker Pankreas
search

Pantangan Makanan bagi Penderita Kanker Pankreas

Terdapat pantangan makanan kanker pankreas yang mesti dipatuhi oleh penderita, agar penyakitnya tidak semakin parah. Apa saja? Berikut ini fakta medis selengkapnya.
Pantangan Makanan bagi Penderita Kanker Pankreas

Klikdokter.com, Jakarta Kanker pankreas adalah penyakit yang dapat berakibat fatal. Menurut GLOBOCAN tahun 2018, terdapat 4.812 kasus kematian akibat kanker pankreas di Indonesia.

Kondisi tersebut mesti benar-benar diperhatikan, khususnya oleh orang-orang yang telah terdiagnosis mengalami kanker pankreas. Anda—penderita kanker pankreas— mesti mengubah gaya hidup agar penyakit tidak semakin buruk.

Salah satu perubahan gaya hidup yang mesti dilakukan penderita kanker pankreas terkait pola makan. Faktanya, terdapat beberapa jenis makanan mesti dipantang penderita kanker pankreas agar penyakit tidak berujung pada komplikasi.

Artikel Lainnya: Daging Olahan dan Potensi Kanker Pankreas

Berikut ini pantangan makanan kanker pankreas yang mesti dipatuhi guna mencegah risiko perburukan kondisi:

1 dari 3

1. Makanan Lemak dan Protein Tinggi

Makanan Lemak dan Protein Tinggi
loading

Makan yang mengandung lemak dan protein protein tinggi sulit ditoleransi oleh tubuh penderita kanker pankreas. Apabila dipaksakan, bukan tak mungkin penyakit malah akan bertambah parah.

Atas dasar itu, penderita kanker pankreas dianjurkan untuk menghindari daging berlemak, gorengan, keripik kentang, dan sejenisnya. Hal ini dilakukan agar organ pankreas yang fungsinya telah dirusak oleh kanker tidak bekerja terlalu berat untuk mencerna makanan-makanan tersebut.

2. Makanan dengan Bau Menyengat 

Mual adalah gejala yang paling sering dialami oleh penderita kanker pankreas. Oleh sebab itu, Anda disarankan untuk menghindari makanan berbau menyengat, seperti daun bawang, bawang bombay, ikan, dan keju.

Menyiapkan makanan dingin daripada yang dipanaskan juga akan membantu menghilangkan bau tidak sedap, menurut Johns Hopkins Medicine, Pusat Penelitian Kanker Pankreas Sol Goldman. 

3. Makanan dengan Tekstur Kasar 

Kesulitan untuk menelan merupakan masalah yang bisa terjadi akibat kanker pankreas. Agar tubuh bisa terus mendapat asupan nutrisi yang cukup, penderita penyakit tersebut disarankan untuk mengonsumsi makanan dengan tekstur lunak.

Perhatikan suhu makanan; pastikan tidak terlalu panas. Hal ini penting, karena tenggorokan penderita kanker pankreas juga mudah mengalami iritasi.

2 dari 3

4. Produk Dairy

Produk Dairy
loading

Penderita kanker pankreas rentan mengalami diare, yang berpotensi menyebabkan dampak fatal apabila dibiarkan berkelanjutan. 

Sebagai langkah antisipasi, penderita kanker pankreas mesti membatasi konsumsi produk dairy seperti susu, keju, dan yoghurt.

5. Makanan Lainnya 

Pembengkakan usus kecil adalah kondisi yang juga mungkin terjadi akibat kanker pankreas. Jika terlanjur mengalaminya, penderita mesti menghindari makanan tertentu untuk membantu meringankan gejala. 

Johns Hopkins Medicine, Pusat Penelitian Kanker Pankreas Sol Goldman menyarankan untuk menghindari serealia, roti gandum utuh, buah-buahan kering, kelapa, biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran mentah, popcorn, dan makanan atau minuman berkafein.

Artikel Lainnya: Kenali Gejala Kanker Pankreas sejak Dini

“Memang betul, makanan tinggi lemak, yang bau menyengat, dairy food, fast food, makanan dengan  pemanis buatan, dan kafein itu sebisa mungkin dihindari atau dibatasi oleh penderita kanker pankreas,” ucap dr. Arina Heidyana.

“Soalnya, makanan tersebut bisa memperparah gejala dari kanker pankreas, seperti mual, muntah, pusing, dan sembelit,” pungkasnya.

Baca Juga

Sudah tahu apa saja pantangan makanan penderita kanker pankreas, bukan? Patuhi dengan baik, sambil menerapkan segala saran dokter. Dengan demikian, diharapkan kondisi kesehatan tidak akan semakin buruk.

Jika butuh saran dan bantuan dari dokter terkait pantangan makanan kanker pankreas, Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

ARTIKEL TERKAIT

Hindari Minum Obat dengan Pisang, Ini Bahayanya

Info Sehat
06 Jul

Nutrisi yang Baik Dikonsumsi Selama Perawatan Kanker Kulit

Info Sehat
05 Jul

Pilihan Tepung Low Carb untuk Pengidap Diabetes

Info Sehat
03 Jul

Ragam Jenis Beras yang Aman untuk Diabetes

Info Sehat
24 Jun

Sayuran Pantangan Diabetes yang Harus Dihindari

Info Sehat
21 Jun

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat