5 Gerakan Mengecilkan Betis yang Bisa Dicoba di Rumah
search

Pilihan Olahraga yang Efektif Mengecilkan Betis

Ingin memiliki betis yang ramping dan ideal? Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah berolahraga. Berikut ini deretan olahraga mengecilkan betis yang bisa dicoba.
Pilihan Olahraga yang Efektif Mengecilkan Betis

Klikdokter.com, Jakarta Memiliki ukuran betis yang terlalu besar dapat membuat beberapa wanita merasa terganggu penampilannya. Tak jarang, kondisi ini pun membuat mereka enggan mengenakan celana atau rok pendek lantaran kurang percaya diri.

Tidak dimungkiri, terdapat sejumlah faktor yang menyebabkan seseorang memiliki betis berukuran besar. Faktor-faktor tersebut, misalnya otot betis yang tidak berkembang optimal, dan penumpukan jaringan lemak adiposa di bagian bawah kaki.

Namun, tak perlu khawatir berlebihan. Kondisi betis besar dapat diatasi, salah satunya dengan melakukan jenis olahraga yang tepat. 

Artikel Lainnya: Jenis-Jenis Olahraga yang Bisa Mengecilkan Paha

Apa saja yang termasuk olahraga untuk mengecilkan betis? Berikut ini beberapa di antaranya:

1 dari 3

1. Jinjit Sambil Mengangkat Dumbell

Jinjit Sambil Mengangkat Dumbell
loading

Untuk melakukan gerakan ini, Anda bisa menyiapkan alat beban seperti dumbel atau kettlebell.

Caranya, berdiri tegak dengan posisi kaki selebar bahu. Rentangkan tangan Anda ke bawah dengan bahu relaks sambil menggenggam dumbbell pada sisi kiri maupun kanan.

Lakukan gerakan jinjit dengan mengangkat tumit ke atas, tahan sejenak, lalu turunkan. Ketika jinjit, pastikan otot betis Anda yang bekerja.

Lakukan gerakan ini sebanyak 3 set, dengan masing-masing 15 kali pengulangan.

2. Jinjit di Anak Tangga

Gerakan mengecilkan betis yang satu ini terbilang cukup simpel, namun efektif. Anda bisa melakukannya dengan bantuan anak tangga terbawah, maupun properti yang dapat diinjak dan memiliki ketinggian sekitar 10 centimeter. 

Awali gerakan dengan berdiri tegak lurus sambil meletakan tangan di pinggang. Letakkan bahu telapak kaki Anda di tepi tangga, dan tumit di udara. Jinjit dan angkat tubuh Anda ke atas, tahan sejenak, lalu turunkan.

Lakukan dengan fokus, dan pastikan otot betis Anda yang bekerja. Anda akan merasakan sensasi tegang pada bagian depan tulang kering.

Untuk hasil yang optimal, gerakan mengecilkan betis ini perlu dilakukan sebanyak 3 set, dengan masing-masing 20 kali pengulangan.

3. Angkat Tumit Sambil Duduk

Olahraga mengecilkan betis selanjutnya dapat dilakukan menggunakan beban berupa dumbel, plat beban, maupun karung pasir.

Awali gerakan dengan posisi duduk pada kursi yang kokoh dan sanggup menahan beban tubuh Anda. Sambil duduk, genggam dumbbell dan letakkan di atas paha. Kemudian, jinjit dan angkat tumit Anda, tahan sejenak, lalu turunkan.

Olahraga mengecilkan betis ini dapat dilakukan sebanyak 3 set, dengan masing-masing 20 kali pengulangan.

4. Angkat Tumit Sambil Lunges

Untuk melakukan gerakan mengecilkan betis yang satu ini, Anda dapat menggunakan bantuan dumbel.

Caranya, genggam dumbbell di depan wajah dengan kedua tangan membentuk siku-siku. Selanjutnya, lakukan lunges atau posisi berdiri rendah dengan membuat jarak antara kaki kiri dan kanan.

Setelah itu, arahkan lutut kiri Anda ke lantai. Pastikan bahu telapak kaki kiri bertumpu pada lantai dan tumit kiri terangkat ke udara. Adapun kaki kanan dalam posisi siku-siku.

Angkat tumit kanan dan fokuskan betis Anda yang bekerja. Tahan sejenak, lalu turunkan. Selama melakukan gerakan ini, usahakan untuk mempertahankan keseimbangan tubuh.

Gerakan mengecilkan betis ini bisa dilakukan sebanyak 3 set, saling bertukar posisi kaki dan masing-masing 10 kali pengulangan.

2 dari 3

5. Lompat Tali

Lompat Tali
loading

Siapkan tali skipping seukuran tubuh Anda. Lakukan lompat tali, dengan posisi bahu relaks dan punggung tetap lurus. Saat melompat, pastikan hanya bahu telapak kaki yang menyentuh lantai.

Temukan ritme pernapasan yang tepat sambil melakukan lompat tali selama beberapa menit. Lakukan sebanyak 5 kali, dengan jeda istirahat sebanyak 30 hingga 60 detik di antara perpindahan set.

Artikel Lainnya: Sakit Betis, Lakukan Ini untuk Mengatasinya

Agar manfaat olahraga untuk mengecilkan betis dapat diperoleh secara optimal, penting bagi Anda untuk melakukannya secara konsisten dan berkelanjutan. Anda disarankan untuk melakukannya selama 25 hari penuh, atau bisa diberi jeda satu hari untuk beristirahat.

Tidak cukup hanya dengan itu, dr. Dyah Novita Anggraini menyarankan Anda untuk mengombinasikan olahraga tersebut dengan penerapan pola makan sehat. 

“Atur asupan makanan, perbanyak makan sayur buah dan kurangi makanan tinggi karbohidrat,” kata dr. Dyah Novita.

Baca Juga

Mana gerakan mengecilkan betis yang menjadi favorit Anda? Pastikan untuk melakukannya secara konsisten, dan dikombinasikan dengan gaya hidup serta pola makan sehat.

Jika Anda butuh saran atau punya pertanyaan mengenai olahraga untuk mengecilkan betis, tak perlu ragu untuk konsultasi kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi KlikDokter

(NB/JKT)

ARTIKEL TERKAIT

Kesalahan Olahraga Jalan Kaki yang Harus Dihindari

Info Sehat
11 Jul

Manfaat Olahraga Sepeda Statis bagi Kesehatan

Info Sehat
10 Jul

Alat untuk Mengeluarkan Keringat, Efektifkah Menurunkan Berat Badan?

Info Sehat
07 Jul

Ragam Manfaat Squat Jump, Bisa untuk Pria dan Wanita!

Info Sehat
18 Jun

Apakah Gowes Sepeda Membuat Betis Besar? Ini Kata Dokter

Info Sehat
18 Jun

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat