Cara Tingkatkan Daya Tahan untuk Lawan Varian Baru COVID-19
search

Cara Tingkatkan Daya Tahan untuk Lawan Varian Baru COVID-19

Awas, varian baru covid sudah masuk ke Indonesia! Agar tubuh tetap sehat dan kuat, simak tips meningkatkan daya tahan tubuh di sini.
Cara Tingkatkan Daya Tahan untuk Lawan Varian Baru COVID-19

Klikdokter.com, Jakarta Pandemi COVID-19 masih berlangsung. Bukan menunjukkan penurunan, baru-baru ini angka infeksi virus corona di Indonesia malah melambung tinggi. Varian baru coronavirus juga mulai terdeteksi.

Hampir seluruh daerah di Indonesia masuk dalam zona merah. Tidak sedikit pula fasilitas kesehatan dan tenaga medis yang kewalahan layaknya tahun lalu.

Infeksi virus corona bukanlah infeksi virus biasa. Penyakit ini bisa menyebabkan berbagai macam komplikasi, salah satunya kematian. Untuk itu, penting memiliki daya tahan tubuh yang kuat di masa pandemi ini.

1 dari 3

Ancaman Varian Baru COVID-19

loading

Berdasarkan informasi WHO, ada beberapa jenis varian covid yang perlu mendapat perhatian. Beberapa contohnya yaitu varian B.1.1.7 (Alpha) dari Inggris, B.1.351 (Beta) dari Afrika Selatan, B.1.617.2 (Delta) dari India, dan varian P.1 (Gamma) dari Brazil.

Jenis-jenis varian covid baru tersebut digolongkan oleh WHO ke dalam kategori variants of concern (VOC).

Artikel Lainnya: Mengenal BV-1 Varian Virus Corona Baru dari AS

Artinya, varian ini dianggap lebih berbahaya karena mudah menular, bisa menunjukkan gejala lebih berat, hingga mampu memengaruhi efektivitas terapi atau bahkan vaksinasi.

Di Indonesia sendiri, sudah ditemukan 3 dari 4 varian baru covid, yaitu Alpha, Beta, dan Delta. Bahkan, diduga saat ini hampir seluruh kasus baru covid didominasi oleh varian baru, salah satunya Delta.

Secara umum, gejala covid adalah demam, sakit tenggorokan, batuk, hidung tersumbat, hilangnya indra penciuman (anosmia), hingga sesak napas. Namun, varian Delta jarang menunjukkan keluhan covid secara umum.

Varian Delta justru menunjukkan gejala tidak spesifik, seperti gangguan pencernaan (diare, mual, muntah), kelelahan, mata merah (konjungtivitis), hingga nyeri pada seluruh tubuh.

Bahaya varian baru coronavirus tetap sama dengan varian sebelumnya. Infeksi COVID-19 bisa menyebabkan gagal napas dan syok septik yang bisa berujung kematian.

2 dari 3

Awas Varian Baru COVID-19, Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Anda

loading

Semakin bertambahnya jumlah orang yang terinfeksi virus corona, munculnya kekhawatiran tak bisa dihindari. Jalan terbaik untuk mencegah Anda dan keluarga terpapar coronavirus  adalah menerapkan protokol kesehatan yang berlaku.

Gunakanlah masker yang sesuai. Saat ini, disarankan pula memakai masker double yaitu masker medis dan kain ketika di luar rumah.

Lalu, cuci tangan secara berkala, menjaga jarak dengan orang lain minimal 1-2 meter, dan menghindari kerumunan.

Selain menerapkan protokol kesehatan, Anda pun diharuskan memiliki daya tahan tubuh yang baik untuk mencegah virus corona menginfeksi tubuh.

Mulailah dengan mengonsumsi makanan bernutrisi setiap harinya secara teratur. Kemudian, rajin berolahraga, istirahat cukup, dan menghentikan kebiasaan buruk seperti merokok maupun mengonsumsi alkohol.

Artikel Lainnya: Waspada, Virus Corona Bisa Bermutasi 32 Kali di Tubuh

Tak hanya itu, Anda juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh dengan mengonsumsi suplemen tambahan yaitu Prove E.

Prove E, Natural Vitamin E 400 IU
loading

Prove E mengandung vitamin E alami (lebih efektif dibanding vitamin E sintetik) dalam dosis 400 IU. Suplemen ini memiliki fungsi ganda, yaitu meningkatkan daya tahan tubuh dan melindungi dari radikal bebas.

Paparan radikal bebas (misalnya dari polusi dan sinar UV) secara tidak langsung berkontribusi dalam berbagai masalah kesehatan.

Contohnya, terjadinya penyakit jantung dan pembuluh darah, peradangan di dalam tubuh, hingga kanker.

Hal ini dikarenakan radikal bebas yang meningkatkan terjadinya stres oksidatif. Stres oksidatif dapat merusak sel-sel tubuh.

Bukan hanya karena radikal bebas, peradangan dan peningkatan stres oksidatif pun terjadi pada infeksi COVID-19.

Untuk mencegah risiko kondisi yang lebih buruk, antioksidan seperti vitamin E bisa diberikan sebagai tambahan pengobatan.

Bagi Anda yang sehat pun tetap bisa mengonsumsi vitamin E setiap hari. Langkah ini bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan sel dan mencegah stres oksidatif di dalam tubuh.

Selain untuk daya tahan tubuh, vitamin E juga penting untuk perawatan kulit, kesuburan, dan perbaikan organ hati.

Suplemen Prove E hadir dalam ukuran kapsul yang kecil dan lunak, sehingga mudah ditelan. Kapsul vitamin E dari Prove E cocok dikonsumsi sehari-hari sesuai anjuran dosis.

Setiap orang memiliki kewajiban untuk berkontribusi dalam memutus rantai penularan COVID-19. Lakukan protokol kesehatan dan pastikan Anda memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Jangan tunda vaksinasi bila kondisi tubuh sudah sesuai.

Baca Juga

Agar imunitas tubuh tetap terjaga, minum suplemen vitamin Prove E secara rutin. Imbangi pula dengan gaya hidup sehat lainnya.

Konsultasi ke dokter kini lebih cepat lewat LiveChat. Beli suplemen Prove E lebih praktis dan tepercaya di Belanja Sehat.

(FR/AYU)

ARTIKEL TERKAIT

Benarkah Anosmia Jadi Tanda Terlindungi dari COVID-19?

Info Sehat
09 Jul

Hal yang Jangan Dilakukan saat Menjalani Pengobatan COVID-19 di Rumah

Info Sehat
09 Jul

Daftar Obat untuk Penderita COVID-19 yang Diizinkan BPOM

Info Sehat
09 Jul

Sinyal Darurat Krisis Oksigen dari Yogyakarta

Info Sehat
08 Jul

Beda Cek Saturasi Oksigen dengan Oximeter dan Analisis Gas Darah

Info Sehat
07 Jul

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat