7 Hal Wajib Dipatuhi Saat Pemulihan Kanker Serviks
search

Hal-Hal yang Harus Dipatuhi Saat Pemulihan Kanker Serviks

Setelah sembuh dari kanker serviks, ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk memaksimalkan pemulihan. Apa saja hal-hal yang perlu dilakukan?
Hal-Hal yang Harus Dipatuhi Saat Pemulihan Kanker Serviks

Klikdokter.com, Jakarta Pengobatan kanker serviks bisa dilakukan dengan beberapa cara, mulai dari kemoterapi, terapi radiasi, hingga operasi. Setelah pengobatan selesai dilakukan, penting bagi Anda untuk mencegah kanker serviks datang kembali. 

Anda juga harus melakukan beberapa pemulihan agar risiko komplikasi setelah perawatan atau penyembuhan kanker serviks bisa dihindari.

Dokter Arina Heidyana mengatakan, “Hal yang paling penting saat pemulihan adalah melakukan pola hidup sehat. Mulai dari makan makanan bergizi, menjaga berat badan ideal, olahraga teratur, dan istirahat yang cukup.”

“Jangan melakukan aktivitas berat terutama pada pasien kanker serviks pascaoperasi. Pasien butuh waktu dulu untuk pulih total,” tambahnya. Untuk tahu penjelasan lebih lengkapnya, simak ulasan di bawah ini. 

Artikel Lainnya: Kenali Faktor Risiko Kanker Serviks bagi Remaja Wanita

1 dari 3

1. Hindari Dulu Melakukan Hubungan Seksual

Hindari Dulu Melakukan Hubungan Seksual
loading

Melakukan hubungan seksual setelah operasi kanker serviks dapat berisiko menimbulkan infeksi. Sebaiknya hindari melakukan hubungan seksual, setidaknya selama 6 minggu setelah pengobatan kanker. 

Setelah luka operasi atau kondisi tubuh pulih, Anda bisa kembali melakukan, dengan catatan tetap menggunakan kondom untuk mencegah infeksi menular seksual. 

2. Jangan Melakukan Aktivitas Berat 

Menurut dr. Arina, Anda tidak boleh melakukan aktivitas berat setelah pengobatan atau operasi kanker serviks. Aktivitas yang harus dihindari seperti membersihkan rumah atau mengangkat benda berat. 

Bagi pasien yang menjalani operasi histerektomi, mengangkat barang berat menjadi salah satu pantangan yang harus dipatuhi. Sebab, mengangkat benda berat setelah operasi histerektomi berisiko menyebabkan perdarahan.

Apabila ingin mengangkat benda berat, Anda harus menunggu hingga 12 minggu pascapengobatan. Namun, tetap berkonsultasi dulu pada dokter sebelum melakukan aktivitas seperti normal.

3. Usahakan untuk Berolahraga Ringan 

Setelah sembuh dari kanker serviks, Anda diminta untuk tetap olahraga ringan agar tubuh tetap bugar. Kendati begitu, Anda perlu memerhatikan jenis olahraga yang dilakukan.

Hindari olahraga yang berat, seperti angkat beban, berlari, dan olahraga yang membutuhkan banyak kekuatan fisik (seperti boxing atau muay thai). 

Pilihlah olahraga yang ringan, seperti yoga, berjalan santai, latihan pernapasan, dan sebagainya. 

4. Cukupi Waktu Istirahat 

Agar pemulihan atau proses penyembuhan kanker serviks berjalan maksimal, Anda harus beristirahat cukup. 

Sebisa mungkin hindari melakukan pekerjaan rumah dan perbanyak waktu istirahat. Anda bisa bersantai di atas kasur atau sekedar berjalan di halaman depan rumah untuk berjemur matahari pagi. 

Artikel Lainnya: Berbagai Komplikasi Kanker Serviks yang Perlu Anda Tahu

2 dari 3

5. Jaga Tingkat Stres

Jaga Tingkat Stres
loading

Meski sudah sembuh dari kanker serviks, beberapa dari Anda mungkin masih terbayang-bayang mengenai efek samping atau  risiko kanker yang mungkin dapat kembali lagi. 

Sebaiknya tidak perlu mengkhawatirkan hal-hal demikian. Terlalu khawatir atau cemas dapat meningkatkan kadar stres dan membuat waktu pemulihan semakin lama. 

6. Hindari Merokok dan Mengonsumsi Alkohol 

Setelah sembuh dari kanker, bukan berarti Anda bisa hidup sebebasnya. Anda tetap harus menghindari rokok dan alkohol. 

Pasien wajib melakukan pola hidup sehat untuk mencegah risiko kanker kembali.

7. Rutin Check Up ke Dokter 

Dokter Arina mengatakan, “Rutin ke rumah sakit untuk check up wajib dilakukan setiap pasien yang sudah selesai menjalani pengobatan kanker serviks. Check up bertujuan memastikan tubuh Anda benar-benar sudah bersih dari kanker dan siap untuk kembali hidup seperti semula.”

Baca Juga

Itu dia tujuh hal yang harus dilakukan saat pemulihan dari kanker serviks. Untuk tahu informasi kesehatan lainnya, baca terus artikel di aplikasi KlikDokter.

(OVI/JKT)

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Ahmad Khaeril Irfan, Sp. PD

Spesialis Penyakit Dalam
wallet
Rp. 50.000
avatar

dr. Felix Satwika, Sp. PD

Spesialis Penyakit Dalam
wallet
Rp. 50.000

ARTIKEL TERKAIT

Mengenal Tes Kolposkopi untuk Mendeteksi Kanker Serviks

Info Sehat
26 Jun

Obat-Obatan yang Digunakan Dalam Pengobatan Kanker Serviks

Info Sehat
11 Jun

Cara Penularan Kanker Serviks

Info Sehat
31 Mei

Berbagai Komplikasi Kanker Serviks yang Perlu Anda Tahu

Info Sehat
26 Mei

Daftar Makanan untuk Mencegah Kanker Serviks

Info Sehat
20 Mar

REAKSI ANDA

1 KOMENTAR

Avatar
iksantuduan
2 Bulan Lalu

halo dokter saya sakit apa ya kepala saya panas dan tubuh saya semuanya panas

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat