6 Bahan Alami Sembuhkan Luka pada Anak
search

Anak Terjatuh dan Terluka, Coba Gunakan Bahan Alami Ini

Jatuh dan luka terkadang tak bisa dihindarkan anak saat bermain. Jangan buru-buru beri obat medis. Berikut cara menyembuhkan luka secara alami pada anak.
Anak Terjatuh dan Terluka, Coba Gunakan Bahan Alami Ini

Klikdokter.com, Jakarta Anak aktif bermain terkadang tak bisa terbebas dari segala risiko kecelakaan. Misalnya, terjatuh, terbentur, hingga tergores benda-benda di sekitarnya. 

Meskipun luka terlihat tidak berbahaya, ibu jangan pernah menganggapnya remeh. Pasalnya, luka kecil yang tidak cepat diobati dapat menjadi infeksi yang lebih buruk.

Jika si kecil termasuk yang aktif dan sering terluka, beberapa bahan alami berikut bisa Anda gunakan sebagai pertolongan pertama. Mau tahu apa saja? Simak cara menyembuhkan luka secara alami berikut. 

1 dari 3

1. Lidah Buaya

Lidah Buaya
loading

Salah satu cara menyembuhkan luka pada anak secara alami adalah lidah buaya. Lidah buaya dikenal karena sifat antimikroba, antibakteri, anti-inflamasi, dan antioksidannya.

Lidah buaya termasuk dalam keluarga kaktus. Daun tanaman lidah buaya mengandung zat seperti gel yang kaya akan mineral dan vitamin yang dapat membantu penyembuhan luka.

Artikel Lainnya: Kenali 6 Jenis Penyakit Kulit yang Sering Dialami Anak

Melansir dari Medical News Today, sebuah studi pada 2019 menunjukan bahwa lidah buaya mengandung senyawa glukomanan. 

Senyawa ini mendorong regenerasi sel dan produksi kolagen, yakni protein penting yang mendorong penyembuhan luka.

Selain itu, gel lidah buaya juga memiliki kandungan fitokimia yang membantu meringankan rasa sakit, mengurangi peradangan, mencegah bisul, dan meningkatkan integritas kulit.

Anda cukup mengoleskan lidah buaya pada kulit anak yang terluka, lalu biarkan mengering. Setelah beberapa saat, bilaslah dengan air bersih.

2. Madu

Madu dianggap sebagai salah satu pengobatan rumah atau obat alami yang efektif untuk menyembuhkan luka. Madu memiliki sifat antijamur, antibakteri, antimikroba, dan antiinflamasi. 

Madu bekerja sebagai antiseptik pada luka terbuka dengan mengeringkan dan membunuh bakteri dan kuman di sekitar luka yang terbuka. 

Melansir dari Healthline, menurut salah satu studi tahun 2012 madu dapat membantu menyembuhkan luka ringan dan mencegah infeksi. 

Bahan alami dari lebah ini juga terkadang digunakan sebagai alternatif untuk dijadikan perban di kulit yang terluka. 

3. Minyak Kelapa

Salah satu bahan alami yang dapat sembuhkan luka adalah minyak kelapa. Menurut dr. Astrid Wulan Kusumoastuti, minyak kelapa memiliki kandungan monolaurin, yaitu asam lemak yang terkenal dengan efek antimikroba.

“Monolaurin memang memiliki potensi antijamur, antiviral, tapi ini jika diminum. Jika dioles, karena minyak kelapa belum tentu steril, bisa menyebabkan infeksi ke luka terbuka,” ucap dr. Astrid.

“Namun minyak kelapa memang bisa membantu menjaga kelembapan dan mendukung kondisi kulit supaya proses penyembuhan lebih cepat pada luka yang sudah mulai tertutup,” dr. Astrid meneruskan.

Melansir dari Parenting FirstCry, minyak kelapa memiliki sifat anti-bakteri dan anti-inflamasi yang dapat membantu mencegah infeksi. Minyak kelapa menyembuhkan hampir semua jenis luka, termasuk luka bakar, karena dapat menghidrasi kulit. 

Artikel Lainnya: Ini Alasan Anda Bisa Demam karena Luka

2 dari 3

4. Bawang Putih

Bawang Putih
loading

Makan bawang putih dipercaya dapat membantu tubuh melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri yang menyebar melalui udara atau makanan. 

Masih dalam Healthline, bawang putih mengandung senyawa yang disebut allicin. Bumbu dapur beraroma tajam ini juga  memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi.

Menurut sebuah studi tahun 2018, salep yang mengandung 30 persen bawang putih meningkatkan proliferasi sel pada tikus.

Membuat pasta dari bawang putih dan mengoleskannya pada luka terbuka juga dipercaya dapat membantu mengobati infeksi eksternal.

Sifat antimikroba dan anti-inflamasi pada bawang putih dapat membantu menghentikan pendarahan, mengurangi rasa sakit, dan menyembuhkan luka lebih cepat. 

5. Kayu Manis

Sifat antibakteri yang kuat dari kayu manis dipercaya sebagai cara menyembuhkan luka agar cepat kering secara alami. Kayu manis punya kemampuan melawan infeksi sekaligus mengurangi peradangan.

Rempah yang satu ini juga bisa membantu sembuhkan luka bakar dengan efek dingin yang diberikan. 

Kayu manis bekerja menyembuhkan luka terbuka dengan cepat, sehingga sangat baik jika Anda cepat mengoleskan pasta kayu manis di area yang terluka.

6. Kunyit

Tidak ada obat alami yang lebih baik untuk menyembuhkan luka dan luka selain bubuk kunyit. Tumbuhan rimpang berwarna kuning ini sifat anti-peradangan, yang dapat membantu penyembuhan luka lebih cepat.

Dalam Medical News Today, kunyit digunakan sebagai obat karena ditemukan senyawa yang disebut sebagai  kurkumin. Senyawa ini memiliki sifat anti-inflamasi dan antimikroba yang dapat meningkatkan penyembuhan luka.

Artikel Lainnya: Cara Tepat dan Efektif Mengobati Lecet pada Bokong Bayi

Satu studi tahun 2017 meneliti khasiat penyembuhan kunyit pada 178 orang dengan luka di gusi yang terjadi akibat pencabutan gigi. 

Para peserta yang menerima pengobatan dengan kunyit melaporkan pengurangan rasa sakit, pembengkakan, dan nekrosis jaringan dalam waktu 2 hari.

Itulah beberapa cara menyembuhkan luka pada anak dengan bahan alami. Namun, jika cara di atas tidak bekerja dengan baik atau luka tampak memburuk, segera hentikan penggunaan dan konsultasikan dengan dokter. 

Mengingat bahan alami juga dapat memunculkan reaksi alergi, sebaiknya sebelum menggunakan pastikan Anda tidak alergi dengan bahan alami tersebut. Anda bisa lakukan patch test atau uji tempel di area kecil tubuh anak.

Baca Juga

Tempelkan sedikit bahan alami untuk menyembuhkan luka di bagian belakang leher siku, diamkan selama 24 jam. Jika tidak tampak tanda-tanda alergi, bahan-bahan alami tersebut aman digunakan.

Jika terjadi alergi atau luka memburuk Anda bisa berkonsultasi dengan dokter menggunakan layanan LiveChat 24 Jam di aplikasi Klikdokter.

(HNS/AYU)

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Wenny Victory, Sp. A

Spesialis Anak
wallet
Rp. 20.000
avatar

dr. Nofiyanty Nicolas, Sp.A

Spesialis Anak
wallet
Rp. 50.000
avatar

Dr. Dr. dr. FX. Wikan Indrarto, Sp. A

Spesialis Anak
wallet
Rp. 30.000

ARTIKEL TERKAIT

Waspadai Komplikasi yang Dapat Terjadi pada Anak Albino

Info Sehat
20 Jul

Kapan Anak Boleh Menggunakan Pasta Gigi Dewasa?

Info Sehat
19 Jul

Lifebuoy Gandeng Klikdokter Luncurkan Layanan Lifebuoy Dokter Keluarga

Info Sehat
14 Jul

Anak Sudah Vaksin, tapi Kenapa Masih Kena Campak?

Info Sehat
09 Jul

Pentingnya Vaksin Rotavirus Bayi untuk Mencegah Risiko Kematian

Info Sehat
08 Jul

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat