7 Cara Menjaga Kesehatan Mental Ibu Hamil
search

Hindari Stres, Ini Tips Jaga Kesehatan Mental Ibu Hamil

Ibu hamil yang alami stres berlebih bisa membawa dampak buruk bagi janin. Cari tahu cara menjaga kesehatan mental saat hamil menurut psikolog.
Hindari Stres, Ini Tips Jaga Kesehatan Mental Ibu Hamil

Klikdokter.com, Jakarta Tidak hanya fisik, kesehatan mental ibu hamil juga perlu dijaga. Pasalnya, ibu hamil yang mengalami stres berlebih akan memengaruhi kesehatan bayi di kandungan.

Selama hamil, ibu memang akan mengalami banyak perubahan dan butuh kesiapan diri, sehingga rentan stres. Tapi, bukan berarti stres saat hamil tidak bisa dicegah.

Dijelaskan oleh Ikhsan Bella Persada, M.Psi., Psikolog, berikut cara-cara menjaga kesehatan mental ibu hamil:

 

1 dari 4

1. Cari Support System

Cari Support System
loading

Support system tidak hanya didapatkan dari pasangan, keluarga, atau kerabat dekat. Anda juga bisa mendapatkan dukungan dari komunitas atau grup olahraga yang diikuti selama hamil.

Mengobrol dan sharing dengan ibu yang sudah pernah atau sedang menjalani kehamilan biasanya akan membuat diri merasa lebih baik.

2. Lakukan Self-Care

Psikolog Ikhsan menyarankan, perbanyak self-care selama hamil. Lakukan kegiatan yang membuat tubuh menjadi lebih relaks. Misalnya, Anda bisa menonton film atau melakukan perawatan diri yang aman untuk bumil di rumah.

Artikel lainnya: Manfaat Maternity Shoot untuk Kesehatan Mental Bumil

3. Komunikasi dengan Suami

“Berkomunikasilah dengan suami. Karena, selama kehamilan tentu seorang ibu punya struggle tersendiri, entah karena mual, bagian tubuh ada yang sakit, atau lainnya. Oleh karena itu, penting untuk tetap berkomunikasi dengan suami agar emosi-emosi negatif yang dirasakan dapat disalurkan,” ujar Psikolog Ikhsan.

Minta pasangan untuk lebih sabar dan mengerti kondisi yang sedang Anda alami. Lebih manja kepada suami juga tidak ada salahnya.

2 dari 4

4. Olahraga Ringan

Ibu Hamil Olahraga Ringan
loading

Sebisa mungkin ibu hamil tetap meluangkan waktu untuk olahraga ringan. Berolahraga ringan bisa menurunkan kadar hormon kortisol di dalam tubuh. Ketika level kortisol menurun, tingkat stres juga bisa berkurang.

Lakukan olahraga yang menyenangkan, seperti aerobik ringan, jalan santai dengan pasangan setiap pagi atau sore, dan yoga.

5. Istirahat yang Cukup

“Sebisa mungkin ibu hamil juga mencukupi waktu istirahatnya dengan baik. Istirahat yang cukup bisa membuat tubuh ibu jadi lebih relaks dan emosi lebih stabil,” jelas Ikhsan.

“Anda bisa pasang lagu instrumental saat istirahat, atau memasang aromaterapi di kamar. Atur suhu ruang jadi sejuk, dan redupkan lampu agar ibu hamil bisa tidur nyenyak,” sarannya.

Artikel lainnya: Pentingnya Cuti Melahirkan Bagi Ibu Hamil yang Bekerja

6. Jauhkan Diri dari Hal Negatif

Sebisa mungkin tidak mendengar atau berhubungan langsung dengan hal-hal negatif. Jadi, ibu hamil tidak menjadi semakin cemas dan stres.

Misalnya, ada kerabat yang terus nyinyir tentang kehamilan atau mengomentari kondisi Anda. Lebih baik hiraukan saja dan fokus pada kesehatan kehamilan.

3 dari 4

7. Ajak Binatang Peliharaan Bermain

Ajak Binatang Peliharaan Bermain
loading

Jika Anda punya binatang peliharaan, rutinlah mengajak bermain dan berkomunikasi. Secara umum, bermain dengan binatang peliharaan dianggap efektif meredakan stres.

Baca Juga

Kehamilan merupakan masa yang penting dan bermakna. Jangan sampai momen berharga ini diwarnai dengan kecemasan yang dapat berdampak buruk pada kesehatan bumil dan janin.

Ketahui tips kehamilan lainnya di Klikdokter. Anda juga bisa konsultasi ke dokter kandungan dan psikolog lewat Live Chat.

(FR/JKT)

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Aria Prasetya Masoem, Sp. OG

Spesialis Kebidanan dan Kandungan
wallet
Rp. 15.000
avatar

dr. Astrina Supandy, Sp. OG

Spesialis Kebidanan dan Kandungan
wallet
Rp. 50.000
avatar

dr. Donny Sutrisno Winardo, Sp. OG

Spesialis Kebidanan dan Kandungan
wallet
Rp. 50.000

ARTIKEL TERKAIT

Sulit Katakan Tidak, Jangan-jangan Anda Seorang People Pleaser

Info Sehat
23 Jul

Penyebab Kulit Kepala Gatal Saat Hamil dan Cara Mengatasinya

Info Sehat
23 Jul

Bumil, Ini Tips Pakai Skincare Selama Kehamilan

Info Sehat
23 Jul

Takut Berinteraksi? Waspadai Avoidant Personality Disorder

Info Sehat
22 Jul

Mengenal Gestasional Sac pada Ibu Hamil

Info Sehat
22 Jul

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat