Benarkah Bawang Putih Bisa Menjadi Obat Bronkitis?
search

Menyingkap Manfaat Sehat Bawang Putih untuk Bronkitis

Selain sebagai bumbu dapur, bawang putih juga disinyalir dapat menjadi obat alami bronkitis. Lantas, apa saja manfaat bawang putih untuk bronkitis? Yuk, cari tahu!
Menyingkap Manfaat Sehat Bawang Putih untuk Bronkitis

Klikdokter.com, Jakarta Bronkitis merupakan penyakit saluran pernapasan, yang biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus. Penyakit tersebut juga bisa terjadi akibat masuknya partikel berbahaya ke saluran bronkial.

Pengobatan untuk bronkitis cukup beragam. Namun, salah satu yang banyak dipercaya orang adalah penggunaan bawang putih.

Bumbu dapur tersebut dipercaya memiliki berbagai kandungan yang bisa membantu mengatasi penyakit bronkitis. Benarkah begitu? Apakah medis setuju dengan manfaat bawang putih untuk bronkitis? Yuk, cari tahu!

 

1 dari 3

Bawang Putih untuk Obat Bronkitis, Benarkah Efektif?

Bawang Putih untuk Obat Bronkitis, Benarkah Efektif?
loading

Bronkitis biasanya terjadi ketika tabung pembawa udara di paru-paru (bronkiolus) meradang dan membuat terlalu banyak lendir. Ada dua tipe penyakit bronkitis, yaitu kronis dan akut.

Pada bronkitis kronis, penderitanya akan mengalami batuk produktif sputum yang berlangsung selama 3 bulan dalam setahun; selama 2 tahun berturut-turut.

Artikel Lainnya: Bronkitis Akut dan Kronis Ini Perbedaannya

Bronkitis kronis dapat dikelompokkan dalam istilah penyakit paru obstruktif kronis (PPOK).

Sedangkan pada kasus bronkitis akut, penderita biasanya akan mengalami gejala yang berlangsung selama 10–14 hari; paling lama 3 minggu.

Meski berbeda, pengobatan bronkitis secara umum adalah dengan mengandalkan resep dari dokter. Namun, ada juga sebagian masyarakat yang memaksakan diri menggunakan bahan-bahan alami, salah satunya bawang putih.

Sehubungan dengan bawang putih obat bronkitis, hal tersebut rupanya pernah diteliti oleh Avicenna Journal of Phytomedicine.

Penelitian tersebut menyatakan, bawang putih bisa menjadi agen antitumor, antiradang, antimikroba, antiprotozoa, antijamur, dan antivirus.

Dalam buku yang disebutkan oleh Avicenna Journal of Phytomedicine juga merekomendasikan penggunaan bawang putih untuk mengobati batuk kronis. Batuk kronis merupakan gejala utama dari bronkitis.

Senada dengan itu. pada studi yang dilakukan tahun 2016 didapatkan hasil bahwa bawang putih efektif untuk menghambat pertumbuhan virus bronkitis menular.

Temuan ini menunjukkan bahwa bawang putih dapat digunakan sebagai obat alami untuk bronkitis.

“Dalam penelitian tersebut disebutkan bahwa bawang putih efektif menghambat pertumbuhan virus pada kasus bronkitis,” kata dr. Arina Heidyana, sependapat dengan hasil temuan dari penelitian-penelitian di atas.

Artikel Lainnya: Kondisi Serius di Balik Batuk Berdarah

2 dari 3

Cara Meracik Bawang Putih untuk Mengobati Bronkitis

Cara Meracik Bawang Putih untuk Mengobati Bronkitis
loading

Berikut ini tips meracik bawang putih agar bisa digunakan untuk membantu mengatasi bronkitis:

  • Tambahkan 10 tetes bawang putih yang sudah diambil ampasnya pada wadah nebulizer portable. Hirup uapnya sampai semuak ekstraknya hilang; sekitar 10 menit. Ulangi tindakan tersebut sampai 3 kali sehari sampai Anda merasa lebih baik.
  • Bawang putih dapat dikonsumsi secara langsung
  • Mencampurkan bawang putih sebagai bumbu masak
  • Jika tidak suka aromanya, Anda bisa mengonsumsi bawang putih dalam bentuk suplemen. Sebelum itu, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter guna mengetahui dosis yang tepat.

Jika memiliki gangguan pendarahan, Anda harus berhati-hati menggunakan bawang putih. Oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda mengonsultasikannya terlebih dahulu kepada dokter sebelum menggunakan bawang putih sebagai obat bronkitis.

Baca Juga

Itulah fakta tentang manfaat bawang putih untuk bronkitis. Tetap ingat untuk mengombinasikannya dengan penerapan gaya hidup sehat, dan periksa ke dokter secara berkala.

Jika Anda memiliki pertanyaan mengenai bawang putih untuk bronkitis atau hal-hal lain seputar kesehatan, tak perlu sungkan untuk memanfaatkan layanan LiveChat 24 jam atau aplikasi Klikdokter.

(NB/AYU)

ARTIKEL TERKAIT

Angin Tambal Ban Amankah Digunakan untuk Pasien COVID-19

Info Sehat
22 Jul

Alami Anosmia Tanda Dekat dengan Kematian?

Info Sehat
21 Jul

Penyebab Sesak Napas saat Tidur yang Mesti Anda Waspadai

Info Sehat
21 Jul

Perbedaan Pernapasan Dada dan Perut yang Penting Diketahui

Info Sehat
20 Jul

Latihan Pernapasan untuk Meringankan Gejala Asma Berat

Info Sehat
19 Jul

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat