8 Manfaat Vitamin B Kompleks untuk Kulit
searchtext customer service

Manfaat Vitamin B Kompleks untuk Kulit Wajah

Vitamin B kompleks memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kulit. Simak penjelasan manfaatnya dengan membaca artikel berikut ini.
Manfaat Vitamin B Kompleks untuk Kulit Wajah

Klikdokter.com, Jakarta Kulit yang bersih, sehat, dan glowing merupakan idaman semua orang. Untuk mendapatkan kulit yang sehat, Anda perlu melakukan merawat kulit dari luar dan dalam tubuh. 

Perawatan kulit dari dalam bisa dilakukan dengan mengonsumsi vitamin B kompleks. Menurut dr. Muhammad Iqbal Ramadhan, vitamin B kompleks memiliki beragam manfaat, salah satunya melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet (UV). 

“Dengan mengonsumsi vitamin B kompleks, kulit terlindungi dari penuaan, mengurangi hiperpigmentasi atau flek hitam akibat paparan sinar matahari,” jelas dr. Iqbal.  Berikut ini merupakan manfaat vitamin B kompleks untuk kulit wajah. 

Artikel Lainnya: Vitamin Ini Bikin Kulit Wajah Sehat dan Berseri

1. Vitamin B1 (Tiamin)

Tiamin merupakan vitamin B yang membantu mengubah glukosa menjadi energi, membantu proses penyembuhan luka, dan menjaga fungsi saraf tubuh. 

Vitamin B1 juga disebut sebagai vitamin antistres karena mampu memperkuat sistem kekebalan, menenangkan sistem saraf, serta mencegah munculnya jerawat.

Vitamin B1 dapat ditemukan pada biji-bijian utuh, sereal, kacang polong, biji bunga matahari, kerang, dan daging babi.

1 dari 4

2. Vitamin B2 (Riboflavin)

Vitamin B2 (Riboflavin)
loading

Vitamin B2 berperan membantu pergantian sel serta memelihara kolagen di dalam tubuh.

Vitamin ini juga mampu melindungi struktural kulit, mengurangi peradangan di kulit, dan mempercepat penyembuhan luka di kulit.

Tak hanya itu, riboflavin dapat membantu sekresi lendir yang mencegah kulit menjadi kering. Vitamin B2 dapat ditemukan di dalam produk susu, jamur, hati sapi, sayur bayam, kacang almond, dan rumput laut. 

3. Vitamin B3 (Niasin)

Vitamin B3 membantu mengobati berbagai kondisi kulit, seperti dermatitis, jerawat, rosacea, eksim, kulit kering, dan hiperpigmentasi akibat paparan sinar matahari.

Beberapa penelitian menunjukkan, vitamin B3 memiliki kemampuan antiaging atau antipenuaan yang mengatasi garis-garis halus dan kerutan di wajah. 

Vitamin B3 bisa ditemukan di dalam daging ayam, daging kalkun, ikan, jamur, produk susu, kacang polong, roti dan sereal yang diperkaya vitamin. 

Artikel Lainnya: Konsumsi Vitamin E Bisa Mencerahkan Kulit, Benarkah?

 

2 dari 4

4. Vitamin B5 (Asam Pantotenat)

Vitamin B5 (Asam Pantotenat)
loading

Vitamin B5 bisa menjaga kelembapan dengan dengan cara meningkatkan elastisitas kulit. Selain itu, vitamin B5 dapat membantu wajah terhidrasi dengan baik.

Kulit yang lembap serta terhidrasi dapat mencegah munculnya jerawat dan mengurangi tanda-tanda penuaan dini. 

Vitamin B5 bisa ditemukan di dalam makanan, seperti jamur, alpukat, ubi jalar, kacang polong, ayam, kalkun, dan brokoli. 

5. Vitamin B (Piridoksin)

Piridoksin membantu tubuh memproduksi hormon serotonin yang membuat merasa bahagia, hormon melatonin yang membantu Anda tidur lebih nyenyak, serta norepinefrin yang mampu menekan stres. 

Ketika Anda stres dan kurang tidur, peradangan di dalam tubuh jadi meningkat, regenerasi sel sehat pun jadi berkurang. Dampaknya, kulit jadi berjerawat dan muncul tanda penuaan dini.

Anda bisa mengonsumsi ikan tuna, daging kalkun, daging sapi, daging ayam, kentang, biji bunga matahari, bayam, atau pisang untuk memenuhi kebutuhan vitamin B6.

6. B7 (Biotin)

Vitamin B7 dibutuhkan tubuh untuk memetabolisme asam lemak serta melindungi sel kulit dari kerusakan dan kehilangan air. Biotin juga membantu menjaga kulit agar tetap lembap dan kenyal. 

Kekurangan vitamin B7 dapat menyebabkan kulit kering, bersisik, bahkan kemerahan. 

Selain itu, vitamin ini memiliki kemampuan untuk melawan peradangan, mencegah jerawat, infeksi jamur, dan ruam. Untuk mendapatkan vitamin B7, Anda bisa mengonsumsi kacang almond, ubi jalar, telur, bawang, biji-bijian, tomat, ikan sarden, dan sayur brokoli. 

Artikel Lainnya: Ingin Kulit Sehat? Yuk, Konsumsi Vitamin Berikut

3 dari 4

7. Vitamin B9 (Asam Folat)

Vitamin B9 (Asam Folat)
loading

Vitamin ini berperan sebagai antioksidan yang dapat meningkatkan pergantian sel dan melawan radikal bebas. 

Menurut penelitian yang dilansir dari Tri-City Medical Center, mengoleskan kombinasi asam folat dan creatine dapat melawan kulit dari tanda penuaan serta kerusakan akibat sinar matahari.

Anda bisa mengonsumsi sayuran berwarna hijau gelap, asparagus, brokoli, jeruk, dan kacang-kacangan untuk mendapatkan manfaat vitamin B9 tersebut.

8. Vitamin B12 (Cobalamin)

Vitamin B12 berfungsi untuk membantu produksi sel sehat. Vitamin ini dapat dioleskan ke kulit karena mampu mengurangi peradangan, jerawat, dan kondisi kulit kering.

Baca Juga

Terkadang, vitamin B12 juga digunakan untuk mengobati kondisi kulit seperti psoriasis dan eksim. Vitamin B12 hanya ditemukan di dalam produk hewani, seperti telur, susu, ikan, dan daging. 

Untuk tahu informasi kesehatan lainnya, Anda dapat membaca artikel di aplikasi Klikdokter

(OVI/AYU)

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Irwan Junawanto,SpKK

Spesialis Kulit dan Kelamin
wallet
Rp. 30.000
avatar

dr. Julieta Diana Pricillia Dotulong, Sp. KK

Spesialis Kulit dan Kelamin
wallet
Rp. 50.000
avatar

dr. Hari Darmawan, Sp.KK

Spesialis Kulit dan Kelamin
wallet
Rp. 50.000

ARTIKEL TERKAIT

Jari Bengkak dan Merah Karena Udara Dingin, Awas Terkena Chilblains

Info Sehat
16 Jul

Skincare untuk Bayi, Apakah Benar Diperlukan?

Info Sehat
15 Jul

Luka Gatal di Kulit Jangan Digaruk, Ini Bahayanya

Info Sehat
08 Jul

Plus-Minus Penggunaan Tabir Surya untuk Bayi

Info Sehat
06 Jul

Tips Pakai Skincare untuk Bayi Usia 0 hingga 12 Bulan

Info Sehat
05 Jul

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat