4 Bahan Makanan yang Sebabkan Alergi dan Asma Kambuh
search

Bahan Makanan Ini Sebabkan Alergi dan Asma Kambuh

Sebagian penderita asma umumnya juga mengidap alergi makanan. Karena saling berhubungan, ketahui empat bahan makanan yang memicu alergi dan asma kambuh.
Bahan Makanan Ini Sebabkan Alergi dan Asma Kambuh

Klikdokter.com, Jakarta Asma merupakan kondisi peradangan di saluran pernapasan yang penyebab pastinya belum diketahui.

Akan tetapi, reaksi alergi terhadap beberapa bahan makanan bisa memicu gejala asma. Lantas, adakah hubungan antara asma dan alergi makanan? Lalu, bahan makanan apa saja yang bisa memicu alergi dan asma?

1 dari 4

Sekilas Tentang Hubungan Asma dengan Alergi Makanan

loading

Dijelaskan oleh dr. Devia Irine Putri hubungan antara asma dan alergi makanan cukup kompleks. Sebab, alergi makanan bisa mencetuskan asma kambuh.

Melansir Very Well, studi tahun 2017 yang dipublikasi oleh Frontiers of Pediatrics menemukan sekitar 4 hingga 8 persen anak-anak yang mengidap asma juga memiliki alergi makanan.

Artikel Lainnya: Penderita Asma, Hindari Makanan dan Minuman Ini

Alergi Makanan
loading

Alergi terjadi ketika sistem kekebalan tubuh bereaksi berlebihan terhadap zat (pada kasus ini berupa makanan) yang tidak berbahaya bagi kebanyakan orang. Zat pemicu alergi disebut sebagai alergen.

Belum ada bukti klinis yang menyatakan bahwa alergi makanan dapat menyebabkan asma.

Namun ketika mengalami alergi makanan, seseorang dapat mengalami gejala yang menyerang saluran pernapasan, seperti mengi, batuk, dan sesak napas, mirip tanda-tanda asma.

Reaksi alergi terhadap makanan bisa terjadi sangat cepat hingga menyebabkan kondisi anafilaksis yang dapat mengancam jiwa.

2 dari 4

Bahan Makanan yang Bisa Mencetuskan Alergi dan Asma Kambuh

Bahan Makanan yang Bisa Mencetuskan Alergi dan Asma Kambuh
loading

Makanan, seperti telur, kacang, dan buah-buahan tertentu umumnya dapat memicu reaksi alergi pada sebagian orang.

Namun, melansir dari Better Health, alergi juga bisa disebabkan oleh beberapa bahan tambahan atau zat kimia di dalam makanan.

Reaksi alergi bahan makanan ini bergantung dari dosis atau seberapa banyak jumlah zat kimia di dalamnya. Gejala alergi dapat menjadi parah jika seseorang menelan banyak bahan atau zat kimia dari makanan.

Berikut adalah beberapa bahan makanan yang dapat memicu alergi dan gejala asma.

1. Sulfit

Sulfit sering digunakan sebagai pengawet dalam makanan olahan. Sulfit kerap ditemukan di dalam jus buah, ikan kaleng, dan buah kering.

Alergi sulfit dapat menyebabkan gejala yang mirip asma, seperti sesak napas, mengi, dan batuk.

2. Pewarna Makanan

Tartrazine adalah pewarna makanan kuning. Pewarna makanan ini dapat menyebabkan alergi dan memicu gejala asma pada sebagian orang.

3. Monosodium Glutamat (MSG)

MSG sering digunakan untuk menambah cita rasa pada masakan. Makanan yang mengandung MSG dalam jumlah tinggi adalah makanan cepat saji dan makanan kemasan.

4. Salisilat

Salisilat dapat ditemukan di dalam kopi instan, kecap, pasta, saus tomat, bir, dan madu.

Aspirin (turunan asam asetilsalisilat) merupakan obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID). Sekitar lima sampai 10 persen penderita asma sensitif terhadap salisilat. Terpapar salisilat bisa memicu alergi dan menyebabkan gejala asma kambuh.

Artikel Lainnya: Atasi Alergi dengan Konsumsi 7 Makanan Ini

3 dari 4

Tips Mencegah Alergi Makanan dan Asma Kambuh

Berkonsultasi dengan Dokter Mengenai Tips Mencegah Alergi Makanan dan Asma Kambuh
loading

Dokter Devia mengatakan, jika penderita asma mengidap alergi makanan, sebaiknya hindari makanan yang mengandung bahan-bahan di atas.

“Menghindari pencetus sama dengan mengontrol agar asma tidak kambuh. Kalau tidak tahu punya alergi makanan atau tidak, sebaiknya uji alergi untuk tahu pastinya,” ucap dr. Devia.

Kemudian, jika ingin membeli makanan kemasan atau kalengan, pastikan untuk membaca label produk serta komposisi yang tertera di kemasan. Apabila terdapat bahan makanan yang dapat memicu alergi, sebaiknya hindari membeli produk tersebut.

Jika mengalami serangan asma setelah mengonsumsi makanan tertentu, segera konsumsi obat asma.

Baca Juga

Bila diperlukan, konsultasi dengan dokter untuk melakukan uji alergi guna memastikan penyebab alergi makanan yang memicu asma.

Itu dia beberapa bahan makanan yang bisa menyebabkan alergi dan asma kambuh. Untuk tahu informasi kesehatan lainnya, baca terus artikel di aplikasi Klikdokter.

(OVI/AYU)

ARTIKEL TERKAIT

Punya Gejala Mirip, Ini Beda Asma dan Bronkitis

Info Sehat
22 Jul

Waspada, Asma Dapat Menyebabkan Infeksi Gusi

Info Sehat
21 Jul

Asma Sering Kambuh Karena Stres? Atasi dengan Cara Ini

Info Sehat
20 Jul

Latihan Pernapasan untuk Meringankan Gejala Asma Berat

Info Sehat
19 Jul

Manfaat Mengonsumsi Buah Kiwi untuk Meredakan Asma

Info Sehat
15 Jul

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat