Mengapa Anak Autis Lebih Pintar di Bidang Tertentu?
searchtext customer service

Kenapa Anak dengan Autisme Biasanya Pintar? Ini Faktanya!

Beberapa anak dengan autisme lebih pintar dan unggul dalam bidang tertentu. Apa yang menyebabkan anak autis pintar? Cek di sini fakta selengkapnya!
Kenapa Anak dengan Autisme Biasanya Pintar? Ini Faktanya!

Klikdokter.com, Jakarta Autisme merupakan kondisi gangguan perkembangan saraf yang menyebabkan anak kesulitan dalam berperilaku dan berkomunikasi. Anak dengan gangguan bawaan lahir ini juga cenderung kesulitan untuk berinteraksi dengan orang lain.

Kendati demikian, tak sedikit anak dengan autisme yang lebih pintar dalam bidang pelajaran tertentu. Hal ini disinyalir berhubungan dengan kondisi yang hanya dimiliki oleh anak dengan gangguan tersebut.

Benarkah begitu? Apakah medis setuju bahwa anak autis lebih pintar berhubungan dengan kondisi yang dialaminya?

Artikel Lainnya: Kiat Mendeteksi Tanda Autisme pada Anak Sejak Dini

Menjawab pertanyaan, Gracia Ivonika M.Psi, Psikolog mengatakan ada tipe autisme tertentu yang memang memungkinkan pengidapnya memiliki kemampuan berpikir yang lebih baik. Bahkan, pada bidang tertentu yang diminati, anak autis bisa lebih pintar dan unggul.

“Anak dengan autisme memang memiliki hambatan dalam berelasi, berkomunikasi, berperilaku,” kata Gracia.

“Namun, terdapat hipotesis penelitian yang menyatakan bahwa anak dengan autisme memiliki perbedaan di struktur otaknya, sehingga bisa punya keunggulan di beberapa bidang,” sambungnya..

Sejumlah keunggulan yang dimiliki anak autisme berkat perbedaan di struktur otaknya, antara lain:

1 dari 3

1. Konsentrasi Tinggi

Konsentrasi Tinggi
loading

Mengutip TIME, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa anak dengan autisme memiliki keunggulan dalam hal konsentrasi.

Disinyalir, konektivitas berlebih di area otak dapat meningkatkan perhatian dan persepsi pada anak dengan autisme. 

Hal tersebut membuat sebagian besar anak dengan autisme dapat memaksimalkan fungsi otaknya untuk menekuni bidang tertentu yang disenangi, seperti matematika, fisika, musik, kesenian, dan lainnya.

Konsentrasi tinggi pada suatu hal juga menyebabkan anak dengan autisme mudah mengabaikan instruksi maupun aktivitas lain yang tidak menarik baginya. Kondisi tersebut juga membuat mereka lebih peka, sehingga mudah terganggu dengan suara tertentu.

Meski demikian, konektivitas berlebih di area otak anak autisme diibaratkan seperti pedang bermata dua. Kondisi ini dapat pula menyebabkan mereka sulit bersosialisasi dengan orang lain. 

2. Ingatan yang Kuat

Kondisi khusus pada otak anak autis juga membuat mereka memiliki ingatan yang luar biasa.

Penelitian mengungkapkan, kondisi tersebut membuat anak autis lebih mudah mengingat sejumlah informasi, baik dalam bentuk verbal maupun non-verbal.

Sebagai contoh, ada anak dengan autisme yang sanggup mengingat rumus, banyak nomor telepon, skoring musik, ataupun jenis teks tertentu yang sulit dipahami oleh orang pada umumnya.

2 dari 3

3. Fokus pada Detail

Fokus pada Detail
loading

Peneliti menemukan fakta menarik lain soal kelebihan anak dengan autisme, yaitu mereka sangat memperhatikan detail.

Fokus pada detail membuat anak autis lebih peka pada hal-hal yang tidak diperhatikan banyak orang. Pada beberapa kasus, kondisi ini membuat mereka memiliki keunggulan dalam bidang visual.

Artikel Lainnya: Cara Menjelaskan Menstruasi pada Anak Autisme

Namun, ‘kelebihan’ ini membuat anak dengan autisme cenderung abai pada hal lain, seperti enggan terlibat kontak mata dan sulit membaca bahasa tubuh.

‘Kelebihan’ tersebut turut menyebabkan anak dengan autisme sulit menjalin relasi dan membina hubungan dengan orang lain. 

4. Sangat Logis

Kesulitan anak autisme untuk berkomunikasi dan berhubungan sosial juga tidak lepas dari cara mereka mengambil keputusan.

Mengutip Scientific American, sebuah penelitian yang dilakukan King's College London mengungkapkan bahwa anak dengan autisme cenderung mengedepankan logika dibandingkan perasaan ketika mereka mengambil sebuah keputusan.

Penelitian itu menemukan, anak dengan autisme umumnya bersikap lebih rasional ketimbang orang pada umumnya. Mereka dapat memecahkan masalah maupun membaca peluang dengan mengolah informasi numerik, dan mengenyampingkan hal-hal yang bersifat emosional.

Baca Juga

Itu dia beberapa hal yang membuat anak autis unggul pada aspek tertentu, khususnya jika dibandingkan orang seusianya yang tidak mengidap kondisi tersebut.

Masih penasaran mengenai kondisi lain seputar autisme? Anda bisa mengonsultasikannya kepada dokter atau psikolog melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Ifrah Ayuna Siregar, M. Ked(Ped), Sp. A

Spesialis Anak
wallet
Rp. 50.000
avatar

dr. Nofiyanty Nicolas, Sp.A

Spesialis Anak
wallet
Rp. 50.000
avatar

dr. Arief Rahman, Sp. A

Spesialis Anak
wallet
Rp. 50.000

ARTIKEL TERKAIT

Perlukah Bayi Menggunakan Kacamata Hitam Saat Berjemur?

Info Sehat
26 Jul

Sekolah Online Bantu Anak dengan Kecemasan Sosial, Apakah Lebih Baik?

Info Sehat
22 Jul

Anak Terjatuh dan Terluka, Coba Gunakan Bahan Alami Ini

Info Sehat
21 Jul

Waspadai Komplikasi yang Dapat Terjadi pada Anak Albino

Info Sehat
20 Jul

Kapan Anak Boleh Menggunakan Pasta Gigi Dewasa?

Info Sehat
19 Jul

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat