Posisi Tidur Penderita Asma, yang Benar dan Salah
searchtext customer service

Inilah Posisi Tidur yang Benar untuk Penderita Asma

Apakah Anda penderita asma yang sulit tidur di malam hari? Jangan khawatir lagi. Berikut ini posisi tidur penderita asma yang tepat agar bisa terlelap hingga pagi.
Inilah Posisi Tidur yang Benar untuk Penderita Asma

Klikdokter.com, Jakarta Tidur yang cukup dan berkualitas adalah modal untuk bisa fit di keesokan harinya. Sayangnya, sebagian besar penderita asma sulit untuk mendapatkan kondisi tidur yang demikian. Apakah Anda salah satunya?

Tidak dimungkiri, terdapat banyak faktor yang bisa membuat penderita asma sulit mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas. Salah satu faktor tersebut adalah posisi tidur.

Lantas, bagaimana posisi tidur untuk penderita asma yang tepat dan bisa bikin terlelap tanpa gangguan? 

1 dari 3

Posisi Tidur yang Baik untuk Penderita Asma

Posisi Tidur yang Baik untuk Penderita Asma
loading

Menurut dr. Dyah Novita Anggraini, kebutuhan tidur yang tak terpenuhi dapat meningkatkan risiko serangan asma, seperti batuk, sesak napas atau mengi.

Tenang, jangan dulu berputus asa. Berdasarkan dr. Dyah Novita, terdapat posisi tidur untuk penderita asma yang tepat guna mencegah hal tersebut.

Artikel Lainnya: Patut Dicoba, Ini Tips Tidur Nyenyak bagi Penderita Asma

Berikut ini 3 posisi tidur yang disarankan untuk penderita asma:

  1. Berbaring Telentang dengan Bahu dan Leher Terangkat

Melansir healthline, penderita asma bisa meletakkan dua, tiga, atau lebih bantal di bagian leher dan bahu saat tertidur. Hal ini bertujuan untuk melonggarkan saluran napas sehingga tidur tidak akan terganggu.

Bagi penderita asma mengalami gejala sinusitis di malam hari, tidur dengan meletakkan bantal di bawah bahu dapat memberikan dorongan gravitasi drainase. Hal ini membantu Anda untuk bernapas dengan mudah saat tidur.

  1. Berbaring Miring ke Kiri dengan Bantal di Antara Kedua Kaki

Menurut dr. Dyah Novita, orang dengan asma disarankan untuk tidur miring ke kiri. Hal ini utamanya dilakukan jika penderita asma memiliki gastroesophageal reflux disease (GERD), yang dapat memicu gejala di malam hari. 

“Posisi miring ke kiri disarankan untuk penderita asma, karena sirkulasi darah ke jantung lebih lancar. Dengan begitu,  pasokan oksigen juga akan meningkat,” ucap dr. Dyah Novita.

Berbaring miring ke kiri dengan kepala terangkat mungkin cukup untuk membuat Anda nyaman sepanjang malam. Namun, jika tidak, cobalah untuk menambahkan bantal di antara kedua kaki Anda.

Menambahkan bantal di antara kedua kaki dapat membuat tulang belakang Anda stabil sepanjang malam. Tindakan ini juga dapat memperbaiki postur tidur, sehingga membuat Anda bernapas lebih mudah.

Artikel Lainnya: Benarkah Asma Bisa Sebabkan Mendengkur?

  1. Berbaring Telentang dengan Kepala Ditinggikan 

Tidak nyaman dengan posisi tidur miring ke kiri? Jika ya, Anda bisa mencoba posisi tidur telentang dengan kepala dan bahu ditopang bantal.

Posisi tidur dengan kepala lebih tinggi dapat meningkatkan sirkulasi dan menjaga tubuh Anda tetap stabil sepanjang malam. Jika perlu, Anda juga bisa meletakkan bantal tambahan di bawah lutut agar lebih nyaman.

2 dari 3

Posisi Tidur yang Tidak Disarankan untuk Penderita Asma

Posisi Tidur yang Tidak Disarankan untuk Penderita Asma
loading

Di atas adalah posisi tidur yang benar untuk penderita asma. Maka, di bawah ini adalah posisi tidur yang tidak benar dan tak disarankan untuk dilakukan oleh penderita asma:

  • Tidur Miring Ke Kanan

Mengutip healthline, tidur miring ke kanan tidak disarankan untuk penderita asma karena dapat memperburuk gejala. 

Hal tersebut berdasarkan penelitian yang dilakukan pada tahun 1990. Para peneliti menyimpulkan bahwa tidur miring ke sisi kanan dapat meningkatkan resistensi di saluran udara paru-paru saat bernapas di malam hari. 

Temuan tersebut didasarkan pada teori bahwa tidur miring ke kanan dapat meningkatkan tonus vagal, yang mengaktifkan sistem saraf parasimpatis sehingga menyebabkan penyempitan saluran napas. 

Meski begitu, teori itu tidak berlaku untuk semua orang. Jadi, mereka yang menderita asma harus bereksperimen guna mengetahui posisi tidur mana yang paling cocok untuknya.

Artikel Lainnya: Pertolongan Tanpa Obat Saat Asma Kambuh Mendadak

  • Tidur Tengkurap

Beberapa penderita asma merasa bahwa tidur tengkurap dapat membuatnya merasa lebih nyaman. Namun, posisi ini tidak cukup baik untuk dilakukan terus-menerus. 

Alasannya, posisi tidur tengkurap tidak membuat aliran udara bebas untuk masuk dan keluar ke paru-paru saat Anda tertidur.

Baca Juga
  • Tidur Telentang Tanpa Bantal

Tidur telentang tanpa sanggahan dari bantal di belakang kepala, leher, atau bahu dapat memperburuk gejala asma saat Anda tidur.

Mana posisi tidur penderita asma yang sekiranya membuat Anda paling nyaman? Jika tetap kesulitan dalam menentukannya, Anda bisa melakukan konsultasi lebih lanjut kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi Klikdokter.

(NB/AYU)

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Euis Kurniawati

Dokter Umum
wallet
Rp. 50.000
avatar

dr. Bambang Hady Prabowo, MM., MKK.

Konsultasi Dokter Umum
wallet
Rp. 50.000
avatar

dr. Wendri Wildiartoni Pattiawira

Dokter Umum
wallet
Rp. 20.000

ARTIKEL TERKAIT

Benarkah Air Rendaman Selada Bikin Cepat Tidur?

Info Sehat
27 Jul

Bahan Makanan Ini Sebabkan Alergi dan Asma Kambuh

Info Sehat
26 Jul

Punya Gejala Mirip, Ini Beda Asma dan Bronkitis

Info Sehat
22 Jul

Waspada, Asma Dapat Menyebabkan Infeksi Gusi

Info Sehat
21 Jul

Asma Sering Kambuh Karena Stres? Atasi dengan Cara Ini

Info Sehat
20 Jul

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat