Kepadatan Tulang Bisa Menurun di Usia 30, Lakukan Ini dari Sekarang!
searchtext customer service

Kepadatan Tulang Bisa Menurun di Usia 30, Lakukan Ini dari Sekarang!

Memasuki usia 30 tahun, kepadatan tulang manusia akan menurun. Untuk memperlambat proses tersebut, ikuti tips pencegahan berikut ini, ya!
Kepadatan Tulang Bisa Menurun di Usia 30, Lakukan Ini dari Sekarang!

Klikdokter.com, Jakarta Tulang merupakan komponen penting di dalam tubuh. Tulang berfungsi sebagai alat gerak dan membentuk postur tubuh manusia. Tulang juga merupakan tempat penyimpanan kalsium, yaitu mineral penting untuk berbagai fungsi tubuh.

Anda perlu tahu, sel-sel tulang akan beregenerasi secara berkala. Proses regenerasi sel tulang dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya karena faktor usia.

Pada usia anak-anak, massa tulang terus meningkat dan mencapai puncaknya hingga usia 25 tahun. Itu sebabnya, waktu terbaik untuk memperkuat tulang adalah sebelum Anda berusia 25 tahun.

Lalu, saat usia 25-30 tahun, biasanya kepadatan tulang akan cenderung stabil. Namun secara perlahan, kepadatan tulang akan menurun setelah melewati usia tersebut.

Jika tidak diantisipasi, tak dimungkiri Anda bisa mengalami osteoporosis saat memasuki usia tua nantinya.

Artikel Lainnya: Ciri dan Tanda Bahwa Anda Berisiko Osteoporosis

1 dari 3

Mengapa Kepadatan Tulang Bisa Menurun di Usia 30?

loading

Proses regenerasi ditandai ketika sel tulang lama dibuang dan digantikan dengan sel-sel tulang yang baru. Proses tersebut dilakukan oleh osteoblas dan osteoclast.

Osteoclast dan osteoblast melakukan tugasnya secara seimbang. Setelah osteoclast menghancurkan sel tulang lama, osteoblast akan datang membentuk sel tulang yang baru.

Proses tersebut diatur ketat oleh tubuh untuk mempertahankan kekuatan dan kepadatan tulang.

Sayangnya pada usia 30 tahun ke atas, proses tersebut sudah tidak seimbang lagi. Sebab, kerja osteoclast semakin meningkat atau tetap, sedangkan kemampuan osteoblast semakin menurun. Hasilnya, kepadatan sel tulang tubuh juga semakin menurun.

Kondisi tersebut adalah normal akibat proses penuaan yang akan dialami semua manusia. Akan tetapi, ada beberapa kebiasaan buruk yang membuat proses penurunan kepadatan tulang menjadi lebih cepat.

Misalnya, kurang mengonsumsi makanan atau minuman mengandung kalsium dan vitamin D. Lalu, jarang berolahraga juga bisa menyebabkan kepadatan tulang menurun lebih cepat.

Perlu diketahui, wanita berisiko lebih tinggi untuk mengalami penurunan kepadatan tulang dibandingkan pria. Bahkan, wanita menopause rentan terkena masalah kesehatan tulang seperti tulang keropos atau osteoporosis.

Kondisi tersebut disebabkan oleh massa tulang wanita yang lebih kecil dan juga proses hormonal, seperti penurunan hormon estrogen, pada saat menopause.

Artikel Lainnya: Osteoporosis, Penyakit Orang Tua yang Bisa Dicegah Sejak Muda

2 dari 3

Jaga Kepadatan Tulang di Usia 30

loading

Belum ditemukan cara untuk menghindari penurunan kepadatan tulang. Namun, ada beberapa cara bisa dilakukan untuk memperlambat proses tersebut. Berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan:

1. Hindari Rokok dan alkohol

Rokok dan alkohol dapat mempercepat penurunan kepadatan tulang wanita maupun pria. Selain itu, merokok dan konsumsi alkohol juga dapat memperlambat proses penyembuhan jika Anda mengalami patah tulang dan berbagai masalah tulang lainnya.

Untuk itu, Anda disarankan untuk tidak merokok dan minum alkohol agar memiliki tulang yang lebih kuat.

2. Olahraga Secara Teratur

Olahraga, seperti berjalan, joging, aerobik, dan latihan angkat beban dapat menstimulasi proses regenerasi tulang. Dengan berolahraga, tulang Anda menjadi lebih kuat dan padat.

3. Konsumsi Protein

Protein merupakan penyusun utama dari tulang, sehingga Anda harus memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut untuk menjaga kepadatan tulang. Anda bisa mendapatkan protein dari konsumsi makanan seperti, telur, daging, atau brokoli.

Artikel Lainnya: 5 Nutrisi untuk Tulang yang Kuat

4. Konsumsi Suplemen yang Baik untuk Tulang

Untuk memperlambat penurunan kepadatan tulang, Anda dapat mengonsumsi suplemen mengandung kalsium, vitamin D, vitamin C, dan vitamin B6.

Konsumsi kalsium dalam jumlah cukup sangat penting untuk menguatkan tulang dan menurunkan risiko terjadinya patah tulang. Lalu, vitamin D berfungsi penting untuk meregulasi kalsium di dalam tubuh.

Sementara itu, vitamin C berperan menghasilkan kolagen untuk membentuk struktur tulang. Terakhir, vitamin B6 dapat mendukung kesehatan tulang dan melindunginya dari osteoporosis.

Baca Juga

Itu dia berbagai cara yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kepadatan tulang. Lakukanlah cara dan pencegahan di atas  mulai dari sekarang untuk mencegah berbagai masalah kesehatan tulang. Nah, kalau nggak sekarang kapan lagi?

Untuk tahu informasi kesehatan lainnya, Anda bisa membaca artikel kesehatan di aplikasi Klikdokter. Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter melalui fitur LiveChat.

(OVI/AYU)

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Anita Kurniawati, Sp.OT

Spesialis Bedah Ortopedi
wallet
Rp. 50.000

ARTIKEL TERKAIT

Bisa Dicoba, Ini Cara Menjaga Kesehatan Tulang Penderita Diabetes

Info Sehat
15 Jul

Dampak Kecanduan Narkoba Bagi Kesehatan Tulang

Info Sehat
21 Jun

Cara Menyembuhkan Kaki X yang Bisa Anda Coba di Rumah

Info Sehat
08 Mei

Selain Tak Terpuji, Sujud Freestyle Juga Berbahaya bagi Tubuh

Info Sehat
22 Apr

Mengatasi Osteoporosis dengan Yoga, Apakah Efektif?

Info Sehat
12 Jan

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat