Manfaat Bayam untuk Pengidap Diabetes
searchtext customer service

Potensi Manfaat Bayam untuk Penderita Diabetes

Sejumlah penelitian berusaha menemukan manfaat bayam untuk diabetes. Apa saja temuannya? Selengkapnya di sini.
Potensi Manfaat Bayam untuk Penderita Diabetes

Klikdokter.com, Jakarta Para ahli melakukan penelitian selama bertahun-tahun guna menemukan terapi pengobatan diabetes melitus yang efektif. Salah satunya yaitu menelusuri khasiat bahan alami seperti bayam.

Bagaimana hasil temuan para peneliti terkait manfaat bayam untuk diabetes? Simak uraiannya di bawah ini.

1 dari 2

Menyibak Manfaat Bayam untuk Penderita Diabetes

loading

Dokter Alvin Nursalim, Sp.PD, mengatakan selama ini penelitian yang mengkaji manfaat bayam untuk diabetes dilakukan dalam skala kecil. Temuan-temuan riset tersebut, menurutnya, belum dapat disimpulkan secara pasti.

“Masih memerlukan penelitian yang lebih besar untuk menentukan hal ini. Belum ada rekomendasi khusus untuk bayam pada diabetes,” jelas dr. Alvin.

Beberapa penelitian yang mengulik manfaat bayam untuk diabetes, antara lain:

  • Potensi Bayam untuk Tingkatkan Efisiensi Mitokondria

Potensi Bayam untuk Tingkatkan Efisiensi Mitokondria
loading

Salah satu studi yang mengkaji khasiat bayam untuk diabetes dilakukan Karolinska Institutet, Swedia.

Mengutip Diabetes Self-Management, para peneliti menemukan kandungan nitrat di dalam bayam berpotensi meningkatkan efisiensi mitokondria.

Mitokondria merupakan sel yang bertanggung jawab dalam produksi energi tubuh. Disfungsi mitokondria dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular maupun diabetes. 

Artikel Lainnya: Khasiat Ketan Hitam untuk Penderita Diabetes

Penelitian yang dirilis di jurnal Cell Metabolism itu meminta sejumlah relawan dengan kondisi sehat untuk mengonsumsi nitrat anorganik dosis kecil (setara 200-300 gram bayam) selama tiga hari.

Hasil penelitian mengungkapkan, partisipan yang mengonsumsi nitrat memiliki mitokondria sel otot yang signifikan. Mereka hanya membutuhkan lebih sedikit oksigen untuk menghasilkan energi. 

Para peserta yang mengonsumsi nitrat juga menghasilkan lebih banyak energi per molekul oksigen. Hal ini dibandingkan dengan kondisi peserta yang tidak mengonsumsi nitrat dan hanya menggunakan plasebo (pengobatan tidak aktif).

Para peneliti juga menemukan, nitrat mengurangi tekanan darah pada orang yang sehat. Sementara itu, penelitian lainnya menemukan konsumsi nitrat dapat mengurangi risiko serangan jantung maupun stroke.

“Hasil penelitian menunjukkan potensi nitrat anorganik yang setara dengan sepiring bayam dalam membantu mencegah penyakit kardiovaskular dan diabetes. Meski begitu, kandungan nutrisi aktifnya belum jelas,” terang pemimpin penelitian, Eddie Weitzberg, MD, PhD, dari Karolinska Institutet.

Berdasarkan temuan ini, para peneliti tidak merekomendasikan siapa pun untuk mengonsumsi suplemen nitrat. Tim penelitian juga mengakui, dibutuhkan riset lanjutan guna memperoleh bukti lebih kuat soal khasiat nitrat atau bayam untuk diabetes.

  • Manfaat Nitrat Bayam untuk Diabetes

Manfaat Nitrat Bayam untuk Diabetes
loading

Penelitian lain soal manfaat nitrat bayam untuk diabetes dipublikasikan pula oleh National Center for Biotechnology Information, Amerika Serikat.

Penelitian yang dilakukan pada tikus tersebut menemukan, asupan nitrat bayam dapat melawan aspek sindrom metabolik pemicu diabetes tipe 2. 

Nitrat bayam disebut-sebut berpotensi mencegah resistensi insulin (kondisi ketika sel tubuh tidak dapat memanfaatkan gula darah).

Resistensi insulin dicegah dengan meningkatkan kadar oksida nitrat (NO), homeostasis lipid, dan fungsi endotel, serta meredakan peradangan.

Artikel Lainnya: Manfaat Jintan Hitam untuk Diabetes

  • Konsumsi Bayam Turunkan Risiko Diabetes

Manfaat bayam untuk penderita diabetes juga pernah dikaji para peneliti dari University of Leicester, Inggris.

Berdasarkan meta-analisis dari enam penelitian, para peneliti menemukan asupan bayam dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 sebesar 15 persen. 

Penelitian yang dirilis di British Medical Journal tersebut dilakukan pada total 223.512 relawan berusia 25-70 tahun. 

Hasil penelitian mengungkapkan, manfaat bayam untuk diabetes diduga berasal dari kandungan antioksidan, seperti beta-karoten, vitamin C, polifenol, maupun mineral magnesium.

Meski begitu, penelitian lanjutan dibutuhkan guna menyelidiki bagaimana mekanisme kandungan bayam bisa mengatasi diabetes tipe 2.

Baca Juga

Itu dia serba-serbi manfaat bayam untuk diabetes. Meski masih membutuhkan penelitian lebih lanjut, makan sayur bayam tetap bermanfaat untuk kesehatan tubuh penderita diabetes.

Jika ingin tanya lebih lanjut seputar diabetes dan pola makannya, konsultasi ke dokter via Live Chat. Anda juga bisa beli susu dan produk makanan untuk diabetes lebih praktis di Belanja Sehat.

(FR/JKT)

ARTIKEL TERKAIT

Penyebab Penderita Diabetes Sering Mengalami Sakit Kepala

Info Sehat
02 Agt

Bahaya Kadar HbA1C Tinggi bagi Kesehatan

Info Sehat
01 Agt

Benarkah Jengkol Bermanfaat untuk Diabetes?

Info Sehat
31 Jul

Terapi Kombinasi untuk Diabetes Tipe 2

Info Sehat
30 Jul

Pengaruh Menstruasi pada Pasien Diabetes

Info Sehat
29 Jul

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat