Manfaat Wortel untuk Menurunkan Risiko Kanker Payudara
search

Manfaat Makan Wortel untuk Menurunkan Risiko Kanker Payudara

Selain kaya vitamin A, wortel juga mengandung zat yang menurunkan risiko kanker payudara. Ketahui manfaat makan wortel untuk cegah kanker payudara di sini.
Manfaat Makan Wortel untuk Menurunkan Risiko Kanker Payudara

Klikdokter.com, Jakarta Risiko terkena kanker payudara bisa dicegah sejak dini. Salah satu cara sederhana untuk menurunkan risiko kanker payudara adalah dengan mengonsumsi makanan bernutrisi seperti wortel. 

Bagaimana cara wortel bisa mencegah kanker payudara? Simak penjelasan di bawah ini. 

1 dari 3

Manfaat Wortel untuk Mencegah Kanker

Manfaat Wortel untuk Mencegah Kanker
loading

Wortel mengandung beta karoten, yakni molekul antioksidan yang diyakini dapat melindungi membran sel dari kerusakan toksin (zat racun) dan memperlambat pertumbuhan sel kanker.

Menurut penelitian dari American Journal of Clinical Nutrition yang mengamati lebih dari 3.000 wanita, senyawa di dalam wortel dapat menurunkan risiko terkena kanker payudara hingga 60 persen.

Artikel Lainnya: Faktor Risiko Kanker Payudara yang Harus Diwaspadai

Studi tersebut menemukan, wanita yang memiliki kadar beta karoten lebih tinggi di dalam darahnya memiliki risiko 59 persen lebih rendah untuk terkena kanker payudara ER-negatif. Hal ini berlaku jika dibandingkan dengan wanita yang memiliki kadar beta karoten rendah. 

Senyawa wortel lainnya, yakni alfa karoten, juga ditemukan dapat mengurangi risiko terkena kanker payudara sekitar 39 persen.

Menurut American Institute of Cancer Research, kanker payudara ER-negatif adalah kondisi yang sulit diobati. Sebab kanker payudara ER-negatif tidak merespons pengobatan terapi hormon dengan baik. 

Menanggapi hal ini, dr. Arina Heidyana pun membenarkan manfaat wortel untuk kanker payudara.

Dokter Arina mengatakan, “Dari beberapa sumber dan penelitian mengatakan bahwa wortel bisa menurunkan risiko kanker payudara karena kandungan-kandungan tertentunya. Tetapi menurunkan risiko bukan berarti mencegah, jadi perlu melakukan pemeriksaan secara rutin bagi wanita setiap tahunnya,”

2 dari 3

Manfaat Wortel untuk Pencegahan Kanker Lainnya

Manfaat Wortel untuk Pencegahan Kanker Lainnya
loading

Tak hanya menurunkan risiko kanker payudara, beberapa penelitian menunjukkan wortel dapat melindungi tubuh dari kanker serviks

Antioksidan di dalam wortel dapat melawan human papilloma virus yang merupakan penyebab kanker serviks.

Wortel juga mengandung falcarinol sejenis pestisida alami yang dipercaya memiliki efek antiinflamasi atau antiperadangan. 

Secara umum, wortel dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh. Di dalam sebuah wortel mengandung 30 kalori dan bisa memenuhi 200 persen kebutuhan vitamin A harian.

Makan satu wortel per hari juga dapat mencukupi kebutuhan serat dan vitamin K orang dewasa. 

Artikel Lainnya: Wanita, Ini Cara Sederhana Mencegah Kanker Payudara

Lalu, menurut laporan Journal of Agriculture and Food Chemistry, wortel yang dimasak menghasilkan zat antioksidan lebih banyak daripada wortel mentah.

Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi wortel yang sudah dimasak. 

Agar lebih sehat, Anda bisa mengolah wortel dengan cara dikukus atau direbus.

Untuk mencegah kanker payudara, Anda tetap perlu melakukan pola hidup sehat seperti berolahraga, menghindari rokok, tidak mengonsumsi alkohol, dan melakukan pemeriksan mamografi secara berkala. 

Mamografi adalah prosedur pemeriksaan menggunakan sinar X-ray untuk melihat gambar jaringan payudara. Pemeriksaan ini dapat mendeteksi risiko kanker payudara pada wanita.

Baca Juga

Untuk tahu fakta tentang wortel atau kanker payudara lainnya, Anda bisa membaca artikel di aplikasi Klikdokter. Apabila mau berkonsultasi langsung dengan dokter, gunakan fitur Live Chat.

(OVI/JKT)

ARTIKEL TERKAIT

Obat Herbal untuk Bantu Mengatasi Kanker Payudara

Info Sehat
16 Jul

Fakta Seputar Mamografi Payudara yang Mesti Anda Ketahui

Info Sehat
15 Jun

Mengenal Jenis Mammografi untuk Deteksi Kanker Payudara

Info Sehat
10 Jun

Istimewa, Buah Pir Bisa Mencegah Kanker Payudara!

Info Sehat
08 Jun

Potensi Buah Peach untuk Atasi Kanker Payudara

Info Sehat
05 Jun

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat