Sudah Vaksin COVID-19, Jaga Nutrisi Lansia dengan Ini
searchtext customer service

Sudah Vaksin COVID-19, Tetap Jaga Nutrisi Lansia dengan Ini

Vaksinasi COVID-19 untuk lansia sudah dilakukan. Apakah manfaatnya? Apa saja yang harus dilakukan untuk mendukung daya tahan mereka? Simak di sini.
Sudah Vaksin COVID-19, Tetap Jaga Nutrisi Lansia dengan Ini

Klikdokter.com, Jakarta Program vaksinasi virus corona sudah dilakukan kepada kelompok lanjut usia (lansia) pada sekitar Maret lalu lalu.

Pemerintah memutuskan agar orang-orang yang berusia 60 tahun ke atas masuk ke dalam salah satu kelompok prioritas vaksin virus corona. Tindakan ini penting, salah satunya karena banyak lansia memiliki penyakit komorbid tertentu.

Kita simak ulasan mengenai alasan pentingnya vaksin untuk lansia di tengah pandemi virus corona. Apa pula nutrisi pendukung agar lansia tetap sehat pasca-vaksinasi COVID-19?

1 dari 3

Pentingnya Vaksin COVID-19 untuk Lansia

loading

Vaksinasi virus corona untuk lansia sudah dilakukan di Indonesia. Tindakan preventif ini sangat penting karena lansia lebih rentan terhadap infeksi virus ini.

Kelompok tersebut biasanya memiliki penyakit penyerta dan kondisi fisik yang mulai melemah. Hal inilah yang membuat para lansia lebih sulit untuk melawan infeksi, termasuk coronavirus.

Artikel Lainnya: BPOM Setujui Vaksin Sinovac untuk Lansia, Ini Syaratnya

Di sisi lain, vaksinasi virus corona bisa memberikan banyak manfaat. Beberapa manfaat vaksin COVID-19 untuk lansia itu antara lain:

1. Mencegah Terinfeksi atau Mengalami Gejala COVID-19 yang Berat

Seperti yang sudah dijelaskan oleh Kementerian Kesehatan RI, vaksinasi COVID-19 memang tidak membuat lansia kebal dari penyakit ini secara 100 persen. Namun, vaksinasi ini akan mengurangi dampak yang ditimbulkan jika tertular virus ini.

Vaksinasi pada dasarnya berguna untuk membentuk kekebalan dalam tubuh. Jika suatu saat terinfeksi, lansia cenderung mengalami gejala yang ringan.

2. Melindungi Orang Lain

Dengan mendapatkan vaksinasi virus corona, Anda juga dapat mencegah penularan virus kepada orang lain. Jika cakupan vaksinasi ini tinggi dan merata di suatu area, akan muncul herd immunity (kekebalan komunitas/kelompok) di masyarakat.

Jenis kekebalan ini merupakan kondisi mayoritas anggota masyarakat dalam suatu daerah sudah terjaga dari penyakit atau wabah tertentu.

Dampaknya, golongan masyarakat rentan yang bukan prioritas vaksinasi (seperti memiliki komorbid) juga ikut terjaga dari virus tersebut.

Tentunya, ini bisa tercapai bila vaksinasi bisa merata dengan jumlah banyak. Paling tidak 70 persen dari jumlah total masyarakat sudah vaksinasi untuk capai herd immunity.

3. Membantu Melindungi Generasi Selanjutnya

Vaksinasi dapat mencegah coronavirus menyebar dan bereplikasi. Dengan mendapatkan vaksinasi ini, lansia dapat membantu melindungi generasi selanjutnya dari ancaman penyakit yang disebabkan virus corona.

Artikel Lainnya: Lansia Enggan Vaksinasi COVID-19? Coba Saran dari Psikolog Ini

2 dari 3

Nutrisi Lansia Tetap Harus Dijaga Usai Vaksin

loading

Meski menawarkan sejumlah manfaat, kondisi fisik lansia tetap harus dijaga usai mendapatkan vaksinasi COVID-19. Selain lewat olahraga, tidur cukup, dan mengelola stres, pemberian nutrisi harian yang tepat dan seimbang amatlah penting.

Nutrisi yang tepat dan seimbang berguna untuk mendukung dan meningkatkan imunitas lansia agar tetap sehat dan fit.

Selain makronutrisi dan mikronutrisi seperti karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral, lansia juga harus memastikan kecukupan protein dan antioksidan.

Keduanya berperan penting dalam memperbaiki sel yang rusak dan melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Untuk itu, untuk memelihara kesehatan sekaligus pemenuhan nutrisi harian yang lengkap, lansia bisa mengonsumsi susu Entrasol Platinum.

 

Entrasol Platinum
loading

Entrasol Platinum adalah nutrisi tinggi protein dengan kandungan ekstrak buah zaitun dilengkapi dengan Pro Fit Advance Formula. Kandungan tersebut dapat membantu meningkatkan imunitas dan mempercepat masa pemulihan.

Protein merupakan zat pembangun yang mempunyai manfaat untuk mendukung sistem imun tubuh, memperbaiki sel tubuh yang rusak, serta mempercepat masa pemulihan ketika sedang sakit.

Kandungan ekstrak buah zaitun di dalamnya memberikan banyak manfaat bagi kesehatan.

Antara lain, membantu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, memperlambat proses penuaan dini, dan melawan radikal bebas. Ekstrak buah zaitun juga mampu menangkal radikal bebas empat kali lebih kuat daripada vitamin C.

Artikel Lainnya: Daftar Makanan Sehat yang Perlu Dikonsumsi Usai Vaksinasi COVID-19

Selain itu, Entrasol Platinum juga dilengkapi dengan kandungan omega 3 dan 6 yang mampu menurunkan kadar kolesterol, meningkatkan fungsi otak, serta tinggi serat.

Susu ini juga rendah laktosa sehingga nyaman di perut serta mengandung 11 vitamin dan 8 mineral untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

Kandungan-kandungan tersebut dapat membantu para lansia untuk menjaga imunitasnya agar tetap sehat dan aktif terutama di masa pandemi COVID-19.

Tersedia dalam dua pilihan, yaitu vanilla dan chocolate, pilih rasa Entrasol Platinum yang jadi favorit Anda. Agar lebih beragam, tidak ada salahnya memvariasikan kedua rasa tersebut.

Baca Juga

Entrasol Platinum dapat ditemukan secara offline dan online, baik di marketplace/e-commerce maupun di toko-toko terdekat.

Lakukan protokol kesehatan dengan benar walaupun vaksin sudah diberikan dan penuhi nutrisi harian lansia setiap hari untuk membantu menjaga imunitas tubuh agar tetap kuat dan fit.

(HNS/AYU)

ARTIKEL TERKAIT

Cordyceps militaris, Ampuhkah Atasi Sesak Napas Akibat COVID-19?

Info Sehat
04 Agt

Amankah Konsumsi Rutin Cordyceps militaris saat Pandemi?

Info Sehat
04 Agt

Manfaat Konsumsi Cordyceps militaris bagi Pasien Isoman

Info Sehat
04 Agt

Kerak, Kotoran, dan Bau di Kamar Mandi, Apakah Berbahaya?

Info Sehat
28 Jul

Vitamin D Larut dalam Lemak, Bolehkah Dikonsumsi Setiap Hari?

Info Sehat
26 Jul

REAKSI ANDA

10 KOMENTAR

Avatar
natar
1 Tahun Lalu

no nik 3671110501760010

Avatar
natar
1 Tahun Lalu

no nik 3671110501760010

Avatar
natar
1 Tahun Lalu

no nik 3671110501760010

Avatar
natar
1 Tahun Lalu

no nik 3671110501760010

Avatar
natar
1 Tahun Lalu

no nik 3671110501760010

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat