9 Jus Buah untuk Program Hamil dan Tingkatkan Kesuburan
searchtext customer service

Pilihan Jus Buah Segar untuk Dukung Program Hamil

Terdapat buah-buahan yang bagus untuk kesuburan, mulai dari semangka hingga mangga. Ini dia jus buah yang disebut-sebut efektif bantu program hamil.
Pilihan Jus Buah Segar untuk Dukung Program Hamil

Klikdokter.com, Jakarta Saat menjalankan program hamil (promil), pasangan disarankan mengonsumsi banyak buah-buahan. Jika bosan makan buah potong, maka jus buah bisa dijadikan alternatif yang baik.

Semua buah secara umum baik untuk kesehatan dan bisa membantu program hamil. Hal ini dikarenakan buah-buahan dapat melengkapi kebutuhan tubuh akan beberapa jenis zat gizi, terutama mikronutrien. 

Seperti yang kita ketahui, mikronutrien adalah zat yang juga penting dalam proses pembuahan.

Meskipun bukan menjadi faktor penentu utama akan keberhasilan promil, beberapa jus buah bisa menjadi kudapan yang bergizi.  Nah, berikut adalah beberapa pilihan jus untuk membantu promil kamu: 

1 dari 10

1. Jus Beri

loading

Siapa yang masih meragukan kandungan antioksidan dalam berbagai jenis buah beri? Baik itu stroberi, bluberi, maupun rasberi, semua kaya akan antioksidan. 

Oleh sebab itu, bagi kamu yang ingin menjaga kesehatan sel telur dari ancaman radikal bebas, jus buah beri adalah pilihan yang tepat!

Tidak hanya karena kandungan antioksidannya, fitonutrien dalam jus beri berpotensi meningkatkan kesuburan. 

Jus beri juga mengandung vitamin C dan asam folat yang dapat meningkatkan kemungkinan hamil. 

Artikel Lainnya: Pilihan Minuman Pagi yang Baik dan Menyehatkan bagi Ibu Hamil

2 dari 10

2. Jus Alpukat

Jus Alpukat
loading

Asam folat merupakan kandungan nutrisi yang dapat mendukung program hamil. Salah satu buah yang kaya akan asam folat adalah alpukat.

Buah berdaging hijau ini mengandung asam folat tinggi dan vitamin K yang dapat membantu tubuh menyerap nutrisi secara efektif. 

Vitamin K pada buah alpukat juga membantu menjaga regulasi hormonal, baik pada pria maupun wanita.

3 dari 10

3. Jus Jeruk

loading

Ternyata selain rasanya yang enak, jus jeruk mengandung vitamin C dan folat dalam jumlah yang banyak.

Satu buah jeruk besar mengandung 55 mikrogram folat, yaitu sekitar 14 persen dari kebutuhan harian. Zat folat dalam jus jeruk dapat membantu meningkatkan kesuburan. 

Dalam sebuah studi yang dipublikasikan di The American Journal of Obstetrics and Gynecology disebutkan, suplementasi asam folat mampu meningkatkan keberhasilan kehamilan. Oleh karena itu, jus jeruk bagus untuk membantu promilmu. 

4 dari 10

4. Jus Pepaya

loading

Buah pepaya memiliki warna oranye terang yang berasal dari kandungan karotenoidnya. Siapa sangka pepaya juga kaya akan asam folat. 

Satu cangkir (140 gram) buah pepaya memiliki kandungan folat yang mencapai 13 persen dari kebutuhan harian. 

Selain kaya akan folat yang bisa membantu promil, pepaya juga tinggi vitamin C yang dapat bertindak sebagai antioksidan.

5 dari 10

5. Jus Jambu Biji

Jus Jambu Biji
loading

Meskipun lebih tenar sebagai jus untuk demam berdarah, ternyata jus jambu biji juga bermanfaat untuk promil atau kesuburan.

Jambu biji yang merupakan buah asli Amerika Selatan ini diketahui kaya akan vitamin C. Terdapat 125 mg vitamin C dalam 1 buah jambu biji. Hal ini sama dengan 138 persen kebutuhan harian. 

Selain itu, terdapat kandungan antioksidan likopen pada jambu biji. Atas kandungan-kandungannya tersebut, jus jambu biji bisa bermanfaat untuk program hamilmu. 

Artikel Lainnya: Daftar Buah Penambah Darah untuk Ibu Hamil

6 dari 10

6. Jus Melon Oranye

loading

Melon oranye, atau dalam bahasa Inggris disebut cantaloupe, merupakan buah yang kaya akan vitamin A dan vitamin C. Dalam 1 cangkir melon oranye mengandung kira-kira 17,4 mg vitamin C (19 persen kebutuhan harian orang dewasa akan vitamin C).

Selain bermanfaat atas kandungan vitaminnya, jus melon oranye juga berpotensi membantu kesuburan karena seratnya yang tinggi.  

Dalam studi yang dipublikasikan di jurnal Advances in Nutrition, makanan tinggi serat dipercaya dapat meningkatkan kesuburan. Karena itu, jus melon oranye baik untuk kesuburan agar membantu cepat hamil. 

7 dari 10

7. Jus Kiwi

loading

Kiwi merupakan salah satu buah dengan kandungan vitamin C tertinggi. Satu buah kiwi berukuran sedang mengandung sekitar 56 mg vitamin C, atau 62 persen dari kebutuhan harian tubuh akan vitamin C.

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam kiwi bisa berpotensi untuk membantu program hamil kamu. Tidak hanya itu, kiwi juga memiliki manfaat untuk sistem imunitas.

8 dari 10

8. Jus Apel

loading

Apel merupakan buah yang ‘dekat’ dengan kehidupan kita sehari-hari. Bagi kamu penikmat jus apel, ketahuilah bahwa jus ini bisa menjadi pilihan yang bagus untuk membantu promil.

Hal ini dikarenakan apel kaya akan antioksidan, vitamin C dan serat, di mana kandungan-kandungan tersebut berpotensi meningkatkan fertilitas. Jadi, cobalah untuk rutin mengonsumsi buah apel atau jus apel. 

9 dari 10

9. Jus Plum

Jus Plum
loading

Buah plum tidak hanya bermanfaat karena kandungan airnya yang tinggi. Plum juga diteliti kaya akan antioksidan. Tidak hanya itu, ternyata plum tinggi vitamin A, vitamin C, dan asam folat.

Antioksidan dan potensinya dalam membantu meningkatkan kesuburan sudah banyak ditemukan dalam berbagai studi. 

Salah satunya dijelaskan dalam jurnal Advances in Nutrition, bahwa stres oksidatif akibat radikal bebas dapat memengaruhi sel. Padahal, kesuburan bermula dari proses yang melibatkan sebuah sel kecil, yaitu sel telur.  

Telah terbukti bahwa ketika radikal bebas (reactive oxygen species/ ROS) memasuki sel telur, akan terjadi kerusakan yang mengganggu proses fertilisasi. 

Itulah mengapa dalam penanganan ketidaksuburan (infertilitas), pemberian antioksidan menjadi salah satu langkah umum yang selalu ada.

Baca Juga

Demikian beberapa rekomendasi jus buah untuk membantu promil kamu. Perhatikan bahwa jus buah tersebut bukanlah ‘obat sakti’ untuk mengatasi segala masalah ketidaksuburan. 

Jus buah hanyalah sebagai pelengkap kandungan nutrisi yang mungkin dibutuhkan saat menjalani promil. Oleh sebab itu, jus buah bukan satu-satunya jenis asupan bernutrisi bagi orang yang melakukan promil.

Selain itu, hindarilah penambahan berbagai jenis gula sederhana (misalnya, gula pasir) dalam jumlah berlebihan ke dalam proses pembuatan jus. Mengonsumsi jus buah murni adalah pilihan yang relatif lebih sehat.

Hitung juga masa subur dan tentukan program kehamilan Anda dengan menggunakan Health Tools Kalkulator Masa Subur.

Untuk #JagaSehatmu, gunakan layanan Live Chat di aplikasi KlikDokter untuk konsultasi dengan dokter mengenai masalah kesehatan apa pun. Gratis, lho!

[RS]

Referensi

  • Gaskins AJ, Chavarro JE. Diet and fertility: a review. Am J Obstet Gynecol. 2018;218(4):379–89.
  • Skoracka K, Ratajczak AE, Rychter AM, Dobrowolska A, Krela-Kaźmierczak I. Female Fertility and the Nutritional Approach: The Most Essential Aspects. Adv Nutr. 2021 Dec 1;12(6):2372-2386. doi: 10.1093/advances/nmab068. PMID: 34139003; PMCID: PMC8634384.

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Febrie Kesuma Wardana, Sp. OG

Spesialis Kebidanan dan Kandungan
wallet
Rp. 50.000
avatar

dr. Donny Sutrisno Winardo, Sp. OG

Spesialis Kebidanan dan Kandungan
wallet
Rp. 50.000
avatar

dr. Daniel, Sp.OG

Spesialis Kebidanan dan Kandungan
wallet
Rp. 50.000

ARTIKEL TERKAIT

Ragam Buah untuk Kesuburan Kandungan Agar Cepat Hamil

Info Sehat
04 Jun

Sulit Punya Anak, Jangan-Jangan Anda Kena Azoospermia!

Info Sehat
20 Mei

Manfaat Latihan Yoga untuk Meningkatkan Kesuburan

Info Sehat
08 Apr

Manfaat dan Risiko Air Lemon untuk Kesuburan Pria

Info Sehat
07 Apr

Mengenal Penyebab dan Gejala Tuba Falopi Tersumbat

Info Sehat
07 Apr

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat