Lebih Mendahulukan Teman dari Pasangan, Apa Sebabnya?
searchtext customer service

Lebih Mendahulukan Teman Ketimbang Pasangan, Apa Sebabnya?

Ketika menjalin hubungan, ada beberapa orang yang lebih mentingin teman daripada pacar. Apa sih penyebabnya? Kita cari tahu alasannya di sini.
Lebih Mendahulukan Teman Ketimbang Pasangan, Apa Sebabnya?

Klikdokter.com, Jakarta Ketika menjalin hubungan spesial dengan seseorang, Anda tentu harus pintar-pintar membagi waktu untuk pasangan, diri sendiri, keluarga, dan teman-teman. Di awal-awal hubungan, mungkin Anda lebih memprioritaskan waktu bersama pasangan.

Namun, seiring berjalannya waktu, ada beberapa orang lebih mendahulukan teman daripada pasangannya. Bahkan, kerap kali pasangan dibanding-bandingkan dengan temannya. Hal ini terkadang membuat pasangan jenuh dan bertanya-tanya. 

Lantas, apa sih penyebab pacar lebih mengutamakan temannya? Berikut jawaban psikolog.

Artikel lainnya: Tanda-Tanda Anda Terjebak dalam Hubungan Sepihak

1 dari 3

Alasan Pacar Lebih Mengutamakan Teman

Alasan Pacar Lebih Mengutamakan Teman
loading

Ada beberapa alasan mengapa seseorang lebih mendahulukan teman daripada pasangan. Berikut beberapa penyebab seseorang lebih mentingin teman daripada pacar.

  1. Sudah Banyak Melakukan Rutinitas Bersama

Menurut Psikolog Ikhsan Bella Persada, M. Psi., penyebab seseorang lebih mendahulukan teman ketimbang pacar karena sebelumnya sudah banyak menghabiskan waktu bersama.

“Hal ini menyebabkan saat ingin melakukan hal rutin bersama pasangan, akan mencari sahabat terlebih dahulu,” kata Ikhsan.

Saat telah memiliki banyak rutinitas bersama sahabat atau teman, Anda akan terbiasa untuk mengajak mereka lebih dulu daripada pasangan. Namun, hal ini terkadang membuat pasangan menjadi dinomorduakan.

Itu sebabnya, usahakan membagi waktu secara adil dan proporsional agar tidak ada pihak yang merasa dinomorduakan.

  1. Lebih Senang Bersama Teman/Sahabat

Alasan lain pacar lebih mengutamakan teman adalah karena dia merasa aktivitas yang dilakukan bersama teman atau sahabat lebih menyenangkan.

“Hal ini karena aktivitas yang dilakukan bersama teman atau sahabat itu beramai-ramai sehingga lebih seru atau menyenangkan,” ujar Ikhsan.

Artikel lainnya: Tips Hadapi Pasangan yang Suka Follow Cewek Cantik di Media Sosial

  1. Hubungan dengan Pasangan Belum Kuat

Mendahulukan teman daripada pasangan juga bisa disebabkan hubungan dengan pasangan belum yang terlalu kuat atau masih di tahap awal.

“Bisa juga terjadi karena hubungan dengan pasangan kurang nyaman dalam menampilkan jati diri di depan pasangan. Selain itu, perbedaan cara berpikir satu sama lain juga sangat memengaruhi,” tutur psikolog itu lagi.

Untuk memperkuat hubungan, sebaiknya Anda lebih banyak menghabiskan waktu dengan pasangan. Semakin banyak menghabiskan waktu bersama, hubungan Anda dan kekasih akan semakin erat.

  1. Persahabatan yang Begitu Intim

Anda akan lebih suka menghabiskan waktu dengan teman jika relasi yang tercipta sudah berlangsung lama dan mendalam.

Persahabatan yang mendalam membuat Anda lebih terbuka, nyaman, dan bebas membahas sesuatu. Perasaan yang sama mungkin belum bisa Anda peroleh dari kekasih.

Artikel lainnya: Karakter Teman yang Baik untuk Anak Berdasarkan Psikolog

2 dari 3

Pacar Mendahulukan Teman, Harus Bagaimana?

Pacar Mendahulukan Teman, Harus Bagaimana?
loading

Kesal karena Anda sebagai pacar dinomorduakan? Wajar saja. Tapi coba bertindak dengan kepala dingin dan hindari meluapkan emosi secara berlebihan. Sebab, menurut psikolog Ikhsan, kuncinya adalah komunikasi yang baik dengan pasangan.

“Pertama kita harus komunikasikan ke pasangan dan mencari tahu apa alasan pasangan mendahulukan temannya ketimbang diri kita,” ujar Ikhsan.

“Tujuannya agar Anda tidak berasumsi lebih lanjut. Bisa saja kan, maksud pasangan sebenarnya tidak seperti yang Anda asumsikan.”

Kemudian, kata Ikhsan, ungkapkan harapan Anda agar sesekali diutamakan oleh pasangan. “Hal ini wajar banget kok diutarakan, supaya pasangan tahu apa yang Anda rasakan.”

“Selanjutnya, ajak pasangan berdiskusi mengenai pembagian waktu. Kapan waktunya mengutamakan pasangan, dan kapan mengutamakan teman,” psikolog itu menambahkan.

Baca Juga

Itulah beberapa penyebab seseorang lebih mentingin teman daripada pacar. Saat ini terjadi, coba saling berkomunikasi dengan baik. Cari jalan tengah agar waktu bisa dibagi secara proporsional dan seimbang.

Konsultasikan langsung masalah relationship Anda kepada psikolog melalui aplikasi Klikdokter.

[HNS/JKT]

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

Eviani Zuhrida, S.Psi.,M.Psi.,Psikolog

Psikolog
wallet
Rp. 50.000
avatar

Tengku Sheila Noor Faraza, S.Psi, M.Psi, Psikolog

Psikolog
wallet
Rp. 50.000
avatar

Fitri Dian Hapsari, S.Psi, M.Psi, Psikolog

Psikolog
wallet
Rp. 25.000

ARTIKEL TERKAIT

Bingung Mengatasi Konflik Pasutri? Coba Terapkan Metode 5-5-5

Info Sehat
16 Agt

Pacaran tapi Tak Dikenalkan ke Keluarga? Awas Pocketing Relationship

Info Sehat
15 Agt

Siapa Bilang Tidak Penting? Ini Alasan Pasangan Perlu Deep Talk

Info Sehat
14 Agt

Sederet Alasan Kenapa Pria Lebih Mudah Jatuh Cinta

Info Sehat
13 Agt

Sederet Hal yang Terjadi di Otak Pria saat Jatuh Cinta

Info Sehat
12 Agt

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat