5 Efek Samping Konsumsi Madu Beku Berlebihan
searchtext customer service

Efek Samping Konsumsi Madu yang Dibekukan

Sedang tren mengonsumsi madu beku di jagat maya. Adakah risiko kesehatan yang dapat ditimbulkan? Cari tahu efek samping madu beku di sini.
Efek Samping Konsumsi Madu yang Dibekukan

Klikdokter.com, Jakarta Tren makan madu beku belakangan populer di kalangan pengguna TikTok. Makanan bertekstur kenyal serupa jeli ini dibuat dengan membekukan satu botol madu penuh.

Tampilannya yang menarik mendorong jutaan pengguna TikTok membuat dan mencicipi madu beku. Bagaimana tanggapan dokter soal tren tersebut?

Dokter Astrid Wulan Kusumoastuti mengatakan, ”Kandungan gula dalam madu terbilang tinggi. Jadi beku ataupun tidak, madu harus dikonsumsi dalam jumlah yang wajar agar tidak merugikan kesehatan.”

Artikel lainnya: Kenali Madu Kelulut dan Manfaatnya bagi Kesehatan

1 dari 2

Bahaya Konsumsi Madu Beku

loading

Apa saja efek samping madu beku yang bisa membahayakan kesehatan? Simak penjelasan berikut.

1. Gula Darah Tinggi

Gula Darah Tinggi
loading

Madu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Jika dikonsumsi dalam jumlah cukup, madu dapat meningkatkan kesehatan jantung, kekebalan tubuh, serta kadar antioksidan darah.

Namun, bila dikonsumsi secara berlebihan, madu justru dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah. Amanda Izquierdo, ahli diet bersertifikasi asal Chicago, Amerika Serikat mengatakan hal ini karena madu mengandung banyak gula dan kalori.

Berdasarkan Everyday Health, satu porsi madu mengandung 17 gram gula. Oleh karena itu, Amanda menganjurkan orang dewasa mengonsumsi gula di bawah 10 persen dari kalori harian mereka.

Ahli gizi, Jackie Newgent, RDN menambahkan, “Perempuan direkomendasikan mengonsumsi madu tidak lebih dari 2 sendok makan per hari. Sementara itu, pria disarankan tidak lebih dari 3 sendok makan madu.”

2. Sugar Crash

Lonjakan kadar gula darah akibat konsumsi madu beku, menurut konsultan nutrisi, Keri Gans, dapat menyebabkan sakit kepala pada orang yang sehat.

Ahli gizi, Jennifer Glockner mengatakan, efek samping makan madu beku berlebih tersebut juga terjadi karena tubuh mengalami sugar crash.

Sugar crash terjadi ketika tubuh mengonsumsi makanan dengan kandungan gula tinggi. Kondisi ini menyebabkan fluktuasi gula darah secara drastis. 

“Akibatnya, Anda merasa sakit kepala, lapar, gemetar, gelisah, lelah, jantung berdebar hingga kurang konsentrasi,” jelasnya, dikutip dari Healthline.

3. Masalah Pencernaan

Ilustrasi Masalah Pencernaan
loading

Amanda Izquierdo mengatakan, madu jika dikonsumsi dalam jumlah sedikit dapat membantu meredakan masalah pencernaan. 

Artikel lainnya: Manfaat Madu Hitam bagi Kesehatan Tubuh

Namun, jika dikonsumsi secara berlebih, madu justru dapat menyebabkan masalah pencernaan.

“Hal ini karena madu mengandung fruktosa yang tinggi. Mengonsumsi terlalu banyak madu dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti kembung, mual dan diare,” kata Amanda.

4. Berat Badan Bertambah

Jackie Newgent mengatakan madu memiliki kalori yang sangat tinggi. Satu sendok makan madu mengandung 60 kalori. 

“Oleh karena itu, jika Anda konsumsi madu beku secara intens, hal ini dapat memicu kenaikan berat badan,” jelasnya.

5. Peradangan Kronis

Seseorang Mengalami Peradangan Kronis
loading

Efek samping madu beku lainnya adalah dapat memicu peradangan kronis. “Jika dikonsumsi terus-menerus, konsumsi gula berlebih seperti madu beku sangat berbahaya, karena pada gilirannya dapat menyebabkan peradangan kronis,” kata Keri Gans.

Hal ini turut dikonfirmasi oleh Jennifer Glockner, "Kelebihan gula secara umum dapat menyebabkan peradangan, termasuk di saluran pencernaan Anda."

Itu dia deretan efek samping madu beku berlebih untuk kesehatan. Konsumsi madu beku berbahaya bagi kadar gula darah, pencernaan, serta metabolisme tubuh.

Baca Juga

Oleh karena itu, orang dengan kondisi prediabetes, diabetes maupun, non-diabetes tidak direkomendasikan mengonsumsi madu beku, apalagi secara berlebihan.

Jika Anda ingin bertanya lebih lanjut seputar info manfaat mengonsumsi madu, konsultasikan ke dokter via Live Chat 24 Jam.

[HNS/JKT]

ARTIKEL TERKAIT

Susu Campur Madu, Minuman Manis yang Menyehatkan

Info Sehat
06 Agt

Madu Bisa Menyuburkan Kandungan, Benarkah?

Info Sehat
04 Mar

Konsumsi Madu untuk Penderita Diabetes, Amankah?

Info Sehat
26 Feb

Perbedaan Madu, Propolis, Royal Jelly, dan Bee Pollen

Info Sehat
13 Nov

Manfaat Clover Honey, Jenis Madu yang Lagi Viral

Info Sehat
15 Okt

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat