6 Dampak Buruk Merokok saat Memakai Behel
searchtext customer service

Bahaya Merokok bagi Pengguna Behel atau Kawat Gigi

Pengguna behel dianjurkan untuk tidak merokok. Apabila nekat merokok, enam masalah kesehatan gigi dan mulut ini dapat mengintai! Simak infonya di sini.
Bahaya Merokok bagi Pengguna Behel atau Kawat Gigi

Klikdokter.com, Jakarta Merokok merupakan salah satu kebiasaan buruk yang harus Anda hindari. Selain berbahaya bagi paru-paru dan jantung, aktivitas ini juga dapat memengaruhi kesehatan rongga mulut, terutama ketika Anda sedang menjalani perawatan behel. 

Saat Anda memutuskan untuk menggunakan behel, penting untuk mematuhi hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama masa perawatan. Sebab, hal ini tentu saja akan memengaruhi keberhasilan perawatan.

Perlu diketahui bahwa merokok saat memakai behel dapat meningkatkan sejumlah masalah pada gigi dan mulut. 

Karena itu, dibutuhkan kerja sama antara dokter gigi dan pasien agar perawatan dapat berhasil, salah satunya dengan menghentikan kebiasaan merokok. Nah, berikut adalah beberapa bahaya merokok bagi pengguna behel: 

1 dari 7

1. Menghambat Proses Pergerakan Gigi

Menghambat Proses Pergerakan Gigi
loading

Menjaga kesehatan gigi dan gusi sangatlah penting, terutama bagi Anda yang menggunakan behel atau kawat gigi. Sebab, gigi dan gusi yang kuat akan mendukung proses perawatan ortodonti. 

Dengan merokok selama atau setelah pasang behel, justru dapat memengaruhi kondisi gigi dan gusi. Hal ini juga berisiko menghambat pergerakan gigi dan mempercepat resorpsi tulang alveolar. 

Artikel lainnya: Berapa Kali Karet Behel Harus Diganti dalam Setahun?

2 dari 7

2. Kerusakan Gigi

loading

Merokok saat memakai behel dapat menyebabkan penumpukan plak dan karang gigi. Kondisi ini akan membuat gigi menjadi lebih sensitif. Akibatnya, gigi bisa mengalami kerusakan. 

Kerusakan gigi ini juga terjadi karena rokok dapat menghambat produksi air liur. Alhasil, mulut menjadi kering. Hal inilah yang menjadi pemicu berkembangnya bakteri dan rusaknya jaringan serta tulang gigi. 

3 dari 7

3. Infeksi Gusi

Infeksi Gusi
loading

Kebiasaan merokok yang tidak segera dihentikan lama-kelamaan dapat mengiritasi jaringan gusi, sehingga menyebabkan gusi menyusut atau terlepas dari gigi Anda. 

Setelah jaringan gusi surut, akar gigi Anda menjadi terbuka dan meningkatkan risiko kerusakan gigi dan gusi.

Adanya penumpukan plak, karang gigi, serta infeksi bakteri dapat melemahkan jaringan gusi dan tulang rahang. 

Jika tidak segera diobati, kondisi ini bisa memicu penyakit gusi tahap lanjut, yaitu periodontitis. Infeksi gusi serius ini akan merusak gusi, bahkan dapat menghancurkan tulang rahang. 

Artikel lainnya: Ini Kondisi Gigi yang Perlu Pakai Behel, Apa Saja?

4 dari 7

4. Bau Mulut

loading

Tidak hanya membuat gigi rusak, merokok saat memakai behel dapat mengundang bau mulut. Kondisi bau mulut ini juga dipicu oleh produksi air liur yang sedikit. 

Selain itu, bau mulut dapat muncul karena partikel yang diisap dari rokok menempel pada kawat gigi. 

Oleh karena itu, seseorang yang menggunakan behel harus sangat teliti ketika membersihkan mulut. Hal ini untuk memastikan bahwa tidak ada sisa makanan atau partikel rokok yang menyangkut pada kawat gigi.

5 dari 7

5. Gigi Berwarna

Gigi Berwarna
loading

Perubahan warna pada gigi bisa disebabkan oleh kebiasaan merokok. Gigi perokok dapat berwarna kekuningan yang disertai bintik-bintik hitam. Noda ini bahkan sulit dihilangkan kendati Anda sudah menyikat gigi. 

Lebih lanjut, bagi pengguna behel, aktivitas merokok dapat menyebabkan masalah gigi kian rumit. 

Kondisi ini bisa terjadi ketika kawat gigi dilepaskan. Permukaan gigi yang sebelumnya terlindung behel akan memiliki warna yang lebih terang dibandingkan dengan permukaan gigi lainnya. 

Artikel lainnya: Perhatikan Ini Sebelum Pasang Kawat Gigi

6 dari 7

6. Kawat Gigi Hitam

loading

Perlu diketahui, kandungan nikotin dalam tembakau dapat menyebabkan noda hitam menempel pada kawat gigi. 

Dalam kasus terburuk, merokok saat memakai behel bahkan dapat menghambat kemampuan kawat gigi untuk menyelaraskan gigi. Hal ini tentunya akan memengaruhi penampilan Anda.

Untuk memastikan rongga mulut tetap sehat dan terhindar dari sejumlah masalah, salah satu hal penting yang perlu Anda lakukan saat memasang behel adalah dengan berhenti merokok. 

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghentikan kebiasaan merokok, yakni mengendalikan stres dengan baik, menghindari pemicu Anda merokok, mencoba terapi pengganti nikotin, dan sebagainya. 

Saran dari dokter gigi mungkin juga akan membantu Anda dalam menghentikan kebiasaan ini. Dengan segera menghentikan kebiasaan merokok, kesehatan gigi dan mulut akan tetap terjaga dan tentunya perawatan behel menjadi lebih optimal.

Baca Juga

Nah, bagi Anda yang bertanya apakah boleh merokok selama pakai behel? Jawabannya adalah tidak, karena hal tersebut dapat memengaruhi perawatan behel Anda, bahkan membuat noda hitam pada kawat gigi!

Ingin konsultasi dengan dokter seputar masalah gigi dan mulut? Chat dokter langsung melalui fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter. Gratis!

[RS]

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

drg. Tika Prana Pramita, Sp. KG

Dokter Gigi Spesialis Konservasi Gigi
wallet
Rp. 50.000
avatar

drg. Max Johnson, Sp. BM

Dokter Gigi Spesialis Bedah Mulut
wallet
Rp. 50.000
avatar

drg. Robin, Sp. Perio

Dokter Gigi Spesialis Periodonsia
wallet
Rp. 50.000

ARTIKEL TERKAIT

Cara Atasi Gigi Sensitif pada Pengguna Behel

Info Sehat
27 Mei

Haruskah Cabut Gigi Sebelum Pasang Behel?

Info Sehat
19 Mei

Berapa Kali Karet Behel Harus Diganti dalam Setahun?

Info Sehat
11 Mei

Benarkah Pakai Behel Bisa Bikin Gusi Turun?

Info Sehat
13 Apr

Ini yang Terjadi pada Kualitas Sperma Jika Anda Merokok

Info Sehat
12 Apr

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat