Kulit Digaruk Saat Haid Bisa Sebabkan Stretch Mark?
search

Kulit yang Digaruk Saat Haid Bisa Sebabkan Stretch Mark?

Konon, menggaruk saat haid berisiko sebabkan stretch mark. Benarkah demikian? Yuk, cari tahu penyebab bekas garuk saat haid di sini.
Kulit yang Digaruk Saat Haid Bisa Sebabkan Stretch Mark?

Klikdokter.com, Jakarta Stretch mark atau yang disebut dengan striae, berkembang ketika kulit merenggang dengan cepat.

Kondisi ini ditandai dengan garis-garis putih, merah muda, atau merah di permukaan kulit. Biasanya, stretch mark dijumpai di perut, pinggul, dan juga paha bagian dalam. 

Namun demikian, bisakah stretch mark muncul akibat garukan saat menstruasi? Bagaimana penjelasan munculnya bekas garuk saat haid ini?

Artikel Lainnya: Jangan Menggaruk Kulit Saat Mengalami 7 Kondisi Ini!

 

1 dari 3

Benarkah Kulit yang Digaruk Saat Haid Memunculkan Stretch Mark?

Benarkah Kulit yang Digaruk Saat Haid Memunculkan Stretch Mark?
loading

Dijelaskan oleh dr. Arina Heidyana, “Garukan sebenarnya tidak akan menyebabkan stretch mark. Biasanya, stretch mark disebabkan oleh peregangan kulit yang terjadi secara cepat. Misalnya, saat berat badan meningkat secara cepat, hamil, dan sebagainya.”

Lantas bagaimana dengan anggapan stretch mark yang muncul usai digaruk saat sedang haid? Menurut dr. Arina, bekas garuk saat haid itu bukanlah stretch mark, melainkan dermatographia.

“Itu bisa aja dermatographia. Jadi, ketika sudah digaruk, pada kulit akan muncul garis merah menyerupai garukan. Bisa juga tidak sadar kalau garukannya agak kencang sehingga bisa memunculkan garis merah,” jelas dr. Arina. 

Dermatographia adalah kondisi yang dikenal dengan nama skin writing. Saat orang dengan dermatographia menggaruk kulit dengan ringan, goresan tersebut akan memerah dan menjadi benjolan memanjang atau bergaris.

Penderita akan mendapati rasa gatal, ruam merah, peradangan, serta terjadi peninggian permukaan kulit yang berkontak. Keluhan tersebut biasanya akan membaik usai menstruasi berlalu.

Dermatographia saat haid bisa jadi dipicu oleh fluktuasi hormonal wanita saat haid. Keluhan gatal akibat dermatographia dapat muncul karena goresan, berkontak dengan bahan kimia, atau benda tertentu.

Artikel Lainnya: Mengapa Biduran Tak Boleh Digaruk?

2 dari 3

Menjaga Kulit Tetap Sehat saat Haid

Seorang Wanita Makan Makanan Sehat untuk Menjaga Kulit Tetap Sehat saat Haid
loading

Karena kulit wanita biasanya akan lebih sensitif saat sedang menstruasi, tak ada salahnya Anda lebih berhati-hati demi mencegah dermatographia.

Itu sebabnya, sebelum dan selama menstruasi, sebaiknya Anda menghindari menggaruk atau kebiasaan lain yang berisiko memicu gatal dan goresan.

Selain itu, ada beberapa hal yang dapat diusahakan demi mencegah munculnya keluhan ini, Anda dianjurkan untuk menjaga stamina dan kesehatan pada 3 - 7 hari menjelang dan selama haid. Caranya antara lain:

  • tidur cukup, hindari bergadang jika tidak diperlukan.
  • jangan sampai kelelahan
  • hindari dan kelola stres dengan baik
  • penuhi kebutuhan gizi lengkap dan seimbang
  • cukup minum
  • konsumsi makanan sehat
  • olahraga teratur

Hindari menggaruk langsung dengan jari Anda. Kalaupun kulit terasa gatal, garuklah dengan tisu atau kapas sebagai pelindung secara perlahan. Alternatif lain, Anda bisa menggunakan kompres hangat untuk meredakan gatalnya.

Itulah penjelasan seputar stretch mark yang muncul saat haid. Ternyata, bekas garuk saat haid tersebut kemungkinan bukan stretch mark. Namun demikian, diagnosis pasti hanya dapat dilakukan melalui pemeriksaan dokter.

Baca Juga

Saat keluhan gatal bergaris dan ruam merah sudah mengganggu, memberat, atau tak juga menghilang beberapa hari setelah haid berlalu, segera kunjungi dokter spesialis kulit.

Yuk, konsultasi langsung dengan dokter seputar masalah kesehatan kulit Anda melalui aplikasi Klikdokter. Buruan download!

(HNS/AYU)

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Yenny Rachmawati, Sp.D.V.

Spesialis Kulit dan Kelamin
wallet
Rp. 50.000
avatar

dr. Dimas Ega Wijaya Putra, Sp.DV

Spesialis Kulit dan Kelamin
wallet
Rp. 25.000
avatar

dr. Kartika Paramita, Sp. KK

Spesialis Kulit dan Kelamin
wallet
Rp. 30.000

ARTIKEL TERKAIT

Tanaman Polipodium Leucotomos Bisa Lindungi Kulit dari Sinar Matahari?

Info Sehat
28 Agt

Penyebab Munculnya Breakout Setelah Eksfoliasi Kulit Wajah

Info Sehat
27 Agt

Ini Kandungan Lotion untuk Melembapkan Kulit

Info Sehat
26 Agt

Cara Luluran yang Benar dan Efektif Bagi Kulit

Info Sehat
25 Agt

Tanda-Tanda Kulit Anda Kekurangan Kolagen

Info Sehat
22 Agt

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat