Jangan Keliru, Ini Perbedaan Bursitis dan Tendinitis
search

Jangan Keliru, Ini Perbedaan Bursitis dan Tendinitis

Meski sama-sama terjadi pada otot dan tulang, kondisi bursitis dan tendinitis pada dasarnya berbeda. Ketahui perbedaannya di sini.
Jangan Keliru, Ini Perbedaan Bursitis dan Tendinitis

Klikdokter.com, Jakarta Tendinitis dan bursitis merupakan dua kondisi peradangan jaringan lunak di sekitar otot dan tulang. Umumnya keduanya kerap terjadi di area bahu, siku, pergelangan tangan, pinggul, lutut, dan pergelangan kaki. 

Ketika merujuk pada peradangan di area tersebut, tidak sedikit orang yang menggunakan istilah tendinitis dan bursitis secara bergantian. Padahal, perbedaan bursitis dan tendinitis sangat signifikan.

1 dari 4

Mengenal Beda Tendinitis dan Bursitis

Mengenal Beda Tendinitis dan Bursitis
loading

Berdasarkan Very Well Health, tendinitis merupakan kondisi peradangan pada tendon atau urat. Jaringan fibrosa serupa tali ini menghubungkan otot dan tulang. 

Dalam praktiknya, tendon dan otot bekerja sama menggerakkan rangka tubuh. Cara kerja tendon serupa winch atau alat mekanikal untuk menarik beban. 

Ketika otot berkontraksi, tendon akan menarik tulang sehingga dapat melakukan gerakan tertentu. 

Tendon memungkinkan tubuh bergerak fleksibel ketika berjalan, berlari, melompat, mengangkat, dan melakukan aktivitas fisik lainnya.

Tendon berukuran kecil serta berada di area tangan dan kaki. Sementara, urat yang paling besar atau disebut tendon Achilles menghubungkan tulang di tumit dengan otot betis.

Artikel Lainnya: Penyebab Lutut Nyeri Saat Ditekuk

Menurut dr. Dyah Novita Anggraini, bursitis merupakan peradangan yang terjadi pada bursa. “Bursa adalah bantalan yang melindungi tendon dan tulang agar tidak sering bergesekkan saat Anda bergerak,” jelasnya.

Keberadaannya sangat penting karena membantu mobilitas tendon di atas tulang. Meski begitu, tidak semua tendon memiliki bursa.

Kantung berisi cairan ini hanya terdapat di area tulang yang menonjol. Letaknya berdekatan dengan tendon sekitar sendi besar, seperti bahu, siku, bagian luar pinggul, dan tempurung lutut.

Karena letaknya berdekatan, peradangan pada bursa dan tendon saling memengaruhi satu sama lain.

Hal ini menyebabkan istilah medis seperti manset rotator tendinitis (robeknya jaringan tendon sekitar sendi bahu) dan bursitis bahu kadang digunakan bersamaan. Nyatanya, kedua kondisi medis ini tidaklah sama.

2 dari 4

Penyebab Tendinitis dan Bursitis

Penyebab Tendinitis dan Bursitis
loading

Umumnya, tendinitis disebabkan cedera akut akibat gerakan berulang. Misalnya, mengayunkan palu, berlari, maupun bermain tenis. 

Melansir Healthline, tendinitis juga dapat terjadi karena faktor usia, serta penyakit tertentu seperti diabetes maupun radang sendi rheumatoid arthritis (RA). Tendinitis juga dapat disebabkan penggunaan antibiotik seperti kuinolon. 

Sementara, pemicu bursitis adalah gerakan berulang. Misalnya, sering berlutut dalam waktu lama maupun melakukan aktivitas olahraga tertentu. Peradangan pada bursa juga dapat disebabkan oleh kondisi medis seperti asam urat maupun RA.

Artikel Lainnya: Jangan Abaikan, Jenis Penyakit Kaki Ini dan Penanganannya

Gejala Tendinitis dan Bursitis

Gejala tendinitis menyebabkan nyeri di area tendon yang mengalami peradangan. Kondisi ini dapat menyebabkan tendon membengkak dan nyeri ketika ditekan. Akibatnya, bagian tubuh yang mengalami tendinitis sulit digerakkan.

Gejala bursitis menyebabkan bursa yang meradang mengalami penebalan, pembengkakan, kemerahan, dan nyeri.

3 dari 4

Mengobati Tendinitis dan Bursitis

Mengobati Tendinitis dan Bursitis
loading

Langkah pengobatan pertama dalam menyembuhkan tendinitis maupun bursitis adalah mengistirahatkan bagian tubuh yang mengalami peradangan.

Guna mengurangi pembengkakan, selanjutnya dapat memberikan kompres dingin pada area tubuh yang mengalami dua kondisi tersebut.

Peradangan dan rasa nyeri yang disebabkan tendinitis dan bursitis juga dapat dikurangi dengan konsumsi obat anti-peradangan non-steroid. 

Baca Juga

Sementara, tendinitis dan bursitis yang dipicu oleh kondisi medis tertentu dapat diatasi dengan mengobati penyakit yang mendasari peradangan tendon maupun bursa.

Jika ingin tanya lebih lanjut seputar cedera otot, konsultasi lebih cepat lewat LiveChat dokter.

(FR/AYU)

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Nadia Syifa

Dokter Umum
wallet
Rp. 15.000
avatar

dr. Peter Fernando

Dokter Umum
wallet
Rp. 35.000
avatar

dr. Jessica Wirjosoenjoto

Dokter Umum
wallet
Rp. 10.000

ARTIKEL TERKAIT

Tak Bikin Kulit Sehat, Ini Bahaya Konsumsi Suplemen Kolagen Berlebihan

Info Sehat
08 Agt

Benarkah Ekstrak Kerang Hijau Dapat Atasi Nyeri Sendi Lansia?

Info Sehat
30 Mei

Penyebab Sering Mengalami Nyeri Otot Saat Puasa

Info Sehat
27 Apr

Obat Nyeri Sendi Alami yang Bisa Anda Jadikan Pilihan

Info Sehat
05 Apr

Pantat Kesemutan dan Mati Rasa, Awas Piriformis Syndrome!

Info Sehat
19 Mar

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat