Benarkah Buah Cranberry Bisa Atasi Flu? - Info Sehat Klikdokter.com
searchtext customer service

Benarkah Buah Cranberry Bisa Atasi Flu?

Buah cranberry memiliki beragam manfaat kesehatan. Salah satu, manfaat cranberry dapat mengatasi flu! Benarkah efektif? Simak di sini.
Benarkah Buah Cranberry Bisa Atasi Flu?

Serangan virus flu bisa membuat Anda sulit beraktivitas karena tubuh akan terasa lesu dan kepala pusing. 

Mengonsumsi obat-obat pereda flu memang menjadi salah satu cara yang efektif. Namun, tak ada salahnya Anda coba dulu mengonsumsi buah cranberry.

Disebut-sebut, buah beri-berian ini bisa membantu meredakan gejala flu! Bagaimana faktanya? Cek di sini.

1 dari 3

Buah Cranberry untuk Atasi Flu, Efektifkah?

Buah Cranberry untuk Atasi Flu, Efektifkah?
loading

Buah cranberry berasal dari Amerika Utara. Buah berwarna merah tersebut banyak dikembangkan di Amerika Serikat bagian utara, Chile, dan Kanada.

Cranberry rupanya bukan buah sembarangan. Banyak yang menjulukinya superfood lantaran kandungan nutrisi dan antioksidannya yang tinggi.

Artikel Lainnya: Atasi Flu dengan Buah Elderberry, Benarkah Efektif?

Melansir Medical News Today, cranberry mengandung beragam jenis vitamin B penting, seperti B1 (tiamin), B2 (riboflavin), vitamin B-3 (niasin), dan vitamin B6.

Mereka juga sumber vitamin C yang baik. Seperti diketahui, vitamin C adalah antioksidan alami yang kuat. 

Vitamin C baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melawan kerusakan akibat radikal bebas penyebab penyakit, dan meningkatkan penyerapan zat.

Selain itu, cranberry juga mengandung serat, kalsium, zat besi, magnesium, kalium, fosfor, seng, vitamin A, dan juga vitamin K.

Deretan nutrisi inilah yang dipercaya mampu membantu memulihkan kondisi dari flu. Hal tersebut turut diamini oleh dr. Dyah Novita Anggraini.

Menurut dr. Dyah Novita, “Cranberry tinggi antioksidan dan probiotik alami sehingga bisa bantu atasi sakit flu dengan cepat.”

Studi pada 2013 pernah melihat efek konsumsi polifenol cranberry terhadap fungsi sel-T, sebagai “pertahanan pertama” tubuh saat ada infeksi, termasuk virus flu.

Penelitian dilakukan kepada orang dewasa yang sehat selama musim dingin dan flu. Hasilnya, konsumsi polifenol cranberry dapat membantu meningkatkan fungsi sel-T. 

Berdasarkan data dari jumlah peserta studi yang terbatas, peneliti menduga ada kolerasi antara konsumsi cranberry dan pengurangan gejala pilek dan flu. Namun, penelitian lebih lanjut soal ini masih diperlukan. 

Dilansir dari Healthline, mengonsumsi cranberry memang bisa meningkatkan kekebalan. Beberapa penelitian kecil juga menunjukkan bahwa senyawa di dalam jus cranberry dapat meningkatkan kekebalan dan mengurangi gejala flu. 

Hanya saja, minum jus cranberry setiap hari selama 70 hari disebut-sebut tidak mengurangi risiko terkena pilek atau flu. Namun, Anda mungkin akan merasakan gejala yang lebih ringan, dikutip dari WebMD

Artikel Lainnya: Makan Pisang Bisa Membantu untuk Mengatasi Flu, Benarkah?

2 dari 3

Berapa Takaran Konsumsi Cranberry untuk Mengatasi Flu?

Berapa Takaran Konsumsi Cranberry untuk Mengatasi Flu?
loading

Menurut dr. Dyah Novita, “Sejauh ini berapa takaran pastinya (konsumsi cranberry untuk atasi flu) belum ada sumber yang menyebutkan. Namun, cranberry bisa dikonsumsi dalam jumlah wajar.” 

Dia menambahkan, “Anda bisa memakannya mentah dicampur menjadi salad atau bisa dikonsumsi dalam keadaan kering.”

Bagaimana soal efek sampingnya? Jus ataupun ekstrak cranberry pada umumnya aman untuk kebanyakan orang. 

Namun, minum terlalu banyak jus cranberry dapat menyebabkan beberapa efek samping, seperti sakit perut ringan dan diare pada beberapa orang. 

Bahkan, mengonsumsi sejumlah besar produk cranberry dapat meningkatkan risiko batu ginjal. 

Itu sebabnya, seperti saran dr. Dyah Novita di atas, konsumsilah buah untuk flu ini dalam jumlah yang wajar. Variasikan dengan asupan sehat lainnya.

Baca Juga

Makan cranberry dapat membantu Anda mengatasi flu. Namun, dukung penyembuhan Anda dengan istirahat yang cukup, konsumsi makanan sehat, dan minum air putih. Bila gejala flu tak juga membaik atau bahkan memburuk, hubungi dokter Anda. 

Cari tahu manfaat cranberry lainnya melalui artikel-artikel kesehatan di aplikasi Klikdokter. Yuk, di-download

(HNS/AYU)

ARTIKEL TERKAIT

Segudang Manfaat Sehat Buah Manggis untuk Anda

Info Sehat
09 Sep

Benarkah Buah Sirsak Efektif untuk Mengatasi Flu?

Info Sehat
08 Sep

Benarkah Makan Dua Buah Sehari Turunkan Risiko Diabetes?

Info Sehat
31 Agt

Manfaat Buah Bidara (Jujube) untuk Penderita Diabetes

Info Sehat
26 Agt

Minyak Oregano untuk Atasi Pilek dan Flu, Efektifkah?

Info Sehat
21 Agt

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat