Minum Teh Hijau Tingkatkan Keberhasilan Program Hamil? - Info Sehat Klikdokter.com
search

Minum Teh Hijau Tingkatkan Keberhasilan Program Hamil?

Minum satu sampai dua cangkir teh hijau saat program hamil diduga bisa meningkatkan peluang memiliki anak. Benarkah demikian? Cek faktanya di sini!
Minum Teh Hijau Tingkatkan Keberhasilan Program Hamil?

Cms-admin.klikdokter.com, Jakarta Teh hijau merupakan jenis minuman herbal yang diketahui punya banyak manfaat kesehatan. Salah satu khasiatnya konon adalah meningkatkan kesuburan wanita.

Disebutkan bahwa konsumsi teh hijau sebanyak satu hingga dua cangkir dalam satu hari dapat membantu meningkatkan kesuburan wanita. Tidak heran, banyak wanita yang rutin mengonsumsi teh hijau saat program hamil.

Lantas, bagaimana tanggapan medis mengenai kabar bahwa konsumsi teh hijau saat program hamil dapat meningkatkan peluang untuk mengandung anak? Yuk, cari tahu!

Artikel Lainnya: Sederet Manfaat Alpukat untuk Program Hamil

1 dari 3

Manfaat Teh Hijau untuk Kesuburan Wanita, Benarkah Adanya?

Manfaat Teh Hijau untuk Kesuburan Wanita, Benarkah Adanya?
loading

Faktanya, teh hijau mengandung vitamin B, asam folat, magnesium, kafein, dan antioksidan polifenol. Berkat kandungan-kandungan tersebut, teh hijau disinyalir dapat mencegah kerusakan sel tubuh yang berujung pada kanker.

Di samping itu, kandungan yang ada di dalam teh hijau juga dapat membantu mengoptimalkan sirkulasi darah dan mengurangi peradangan di dalam tubuh. Polifenol yang ada di dalamnya bahkan disebut sebagai zat yang bisa memberikan manfaat baik bagi kesuburan dan ovulasi wanita.

Sayangnya, anggapan tersebut masih belum punya dasar ilmiah yang kuat. Pasalnya, menurut dr. Arina Heidyana, penelitian tentang teh hijau dan kesuburan masih sangat sedikit. Oleh karena itu, hubungan antara konsumsi teh hijau dan kesuburan wanita masih belum dapat dipastikan.

“Namun, memang, teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Seperti diketahui, antioksidan bisa mencegah kerusakan sel dan mencegah stres oksidatif. Hal ini diduga bisa berpengaruh baik pada kesehatan tubuh, termasuk kesuburan,” ucap dr. Arina.

Artikel Lainnya: Sederet Efek Samping Obat Penyubur Kandungan

2 dari 3

Boleh Dikonsumsi Asalkan Tidak Berlebihan

Boleh Dikonsumsi Asalkan Tidak Berlebihan
loading

Manfaat teh hijau untuk program hamil memang belum sepenuhnya terbukti. Namun, bukan berarti Anda tak boleh mengonsumsi teh hijau sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kesuburan agar bisa hamil.

Pada dasarnya, teh hijau memiliki banyak manfaat kesehatan berkat kandungan yang ada di dalamnya. Oleh karena itu, dengan mengonsumsinya secara teratur dan dalam jumlah yang tepat, bukan tak mungkin kondisi tubuh Anda akan membaik sehingga kesuburan ikut meningkat.

Satu hal yang perlu diperhatikan terkait konsumsi teh hijau yaitu kandungan kafein di dalamnya. Bagi Anda yang sensitif terhadap zat tersebut, sebaiknya berpikir dua kali sebelum mengonsumsi teh hijau.

Sebab, pada orang-orang yang sensitif, kafein yang ada di dalam teh hijau dapat menyebabkan diare, sakit perut, kecemasan, jantung berdebar, hingga insomnia atau kesulitan tidur di malam hari.

Baca Juga

Manfaat teh hijau untuk kesuburan wanita belum sepenuhnya terbukti secara medis. Namun, Anda tetap dapat mengonsumsi minuman herbal tersebut sebagai upaya menjaga kesehatan tubuh.

Jangan lupa untuk memperhatikan hal-hal yang telah disampaikan terkait konsumsi teh hijau, agar Anda tak malah mengalami efek samping merugikan.

Jika Anda punya pertanyaan mengenai manfaat teh hijau, kesuburan, atau kondisi kesehatan lainnya, tak perlu sungkan untuk berkonsultasi langsung kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi Klikdokter.

(NB/JKT)

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Donny Sutrisno Winardo, Sp. OG

Spesialis Kebidanan dan Kandungan
wallet
Rp. 50.000

ARTIKEL TERKAIT

Sederet Efek Samping Obat Penyubur Kandungan

Info Sehat
01 Sep

Manfaat Stroberi untuk Kesuburan dan Kehamilan

Info Sehat
24 Agt

Pilihan Jus Buah Segar untuk Dukung Program Hamil

Info Sehat
21 Agt

Menyingkap Manfaat Jamu Beras Kencur untuk Kesuburan

Info Sehat
17 Agt

Manfaat Asparagus untuk Kesuksesan Program Hamil

Info Sehat
16 Agt

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat