Pakai Skincare Retinol saat Hamil, Berbahayakah? - Info Sehat Klikdokter.com
searchtext customer service

Pakai Skincare Retinol saat Hamil, Berbahayakah?

Banyak anggapan simpang siur yang beredar seputar penggunaan retinol untuk ibu hamil. Lantas, bagaimana fakta medis yang sebenarnya? Yuk, cari tahu selengkapnya!
Pakai Skincare Retinol saat Hamil, Berbahayakah?

Produk perawatan kulit alias skincare berbahan retinol semakin sering digunakan, khususnya oleh wanita yang ingin selalu tampil awet muda. Pasalnya, produk yang mengandung senyawa tersebut memang terbukti bisa mencegah kerutan dan mengobati jerawat di wajah.

Saking besar manfaat retinol untuk mencegah penuaan, tak sedikit ibu hamil yang juga tertarik untuk menggunakan skincare berbahan tersebut.

Namun, ada sebuah teori yang mengatakan bahwa pakai retinol saat hamil bisa berbahaya bagi kesehatan kandungan. Apakah anggapan ini terbukti, atau hanya isapan jempol belaka?

Artikel Lainnya: Ibu Hamil Pakai Tabir Surya, Amankah?

1 dari 3

Retinol untuk Ibu Hamil: Berbahaya atau Bermanfaat?

Retinol untuk Ibu Hamil: Berbahaya atau Bermanfaat?
loading

Retinol merupakan bahan aktif dari vitamin A yang banyak digunakan dalam produk skincare.

Vitamin A adalah sekelompok senyawa lemak tak jenuh, yang mencakup retinol, retinal, dan asam retinoat. Vitamin A dan analog sintetisnya digunakan untuk mengobati berbagai kondisi kulit, serta beberapa bentuk kanker.

Kendati punya manfaat demikian, penggunaan retinol untuk ibu hamil ternyata tidak dianjurkan. Hal ini disebutkan oleh penelitian yang dipublikasikan dalam The European Medicines Agency.

Menurut penelitian tersebut, penggunaan retinol selama hamil dihubungkan dengan gangguan saraf pada ibu maupun janin.

Di samping itu, penggunaan retinol pada ibu hamil juga dikaitkan dengan kelainan bentuk janin, terutama pada wajah dan langit-langit mulut.

“Meski hanya dioleskan atau secara topikal, penggunaan retinol sebaiknya tetap dihindari oleh ibu hamil. Karena, penggunaan retinol bisa mengganggu kehamilan dan janin,” tegas dr. Astrid Wulan Kusumoastuti.

Tidak hanya retinol saja yang bisa berdampak demikian. Ada pula berbagai macam turunan retinol lain yang sebenarnya tidak dianjurkan untuk digunakan oleh ibu hamil, seperti:

  • Retin-A
  • Asam retinoat
  • Retinoid
  • Tazarotene

Artikel Lainnya: Bumil, Ini Tips Pakai Skincare Selama Kehamilan

2 dari 3

Pilihan Skincare yang Lebih Aman untuk Ibu Hamil

Pilihan Skincare yang Lebih Aman untuk Ibu Hamil
loading

Jika ibu hamil ingin pakai skincare, pilihlah produk dengan bahan-bahan alami yang bersifat ringan saat terkena kulit. Salah satu contohnya adalah aloe vera, yang berfungsi menjaga kelembapan kulit selama kehamilan.

Selain itu, ibu hamil juga bisa menggunakan skincare yang mengandung vitamin C untuk merangsang pembentukan kolagen. Hal ini turut membantu dalam mencegah munculnya tanda-tanda penuaan pada kulit.

Jangan lupa juga untuk menerapkan gaya hidup sehat dan pola makan bergizi seimbang agar kulit bisa ikut ternutrisi dari dalam.

Baca Juga

Apabila ingin tahu lebih lanjut mengenai tips pakai skincare selama kehamilan, Anda bisa membacanya lewat artikel berikut ini: Bumil, Ini Tips Pakai Skincare Selama Kehamilan.

Jika punya pertanyaan sehubungan dengan retinol untuk ibu hamil, Anda bisa mengonsultasikannya kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi Klikdokter.

(NB/JKT)

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Irwan Junawanto,SpKK

Spesialis Kulit dan Kelamin
wallet
Rp. 30.000
avatar

dr. Hari Darmawan, Sp.KK

Spesialis Kulit dan Kelamin
wallet
Rp. 50.000
avatar

dr. Yuli Sulistiyowati, M. Sc, Sp. KK

Spesialis Kulit dan Kelamin
wallet
Rp. 50.000

ARTIKEL TERKAIT

Manfaat Jus Kentang untuk Kesehatan Kulit

Info Sehat
06 Sep

Beragam Manfaat Saw Palmetto untuk Kulit

Info Sehat
04 Sep

Mengenal Boreh, Perawatan Kecantikan Khas Bali

Info Sehat
03 Sep

Bukan Cuma Bikin Candu, Ini Efek Buruk Sabu pada Kulit

Info Sehat
03 Sep

Kulit Seperti Terbakar saat Kena Es, Waspada Ice Burn

Info Sehat
02 Sep

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat