Pilihan Olahraga yang Cocok untuk Remaja Perempuan - Info Sehat Klikdokter.com
searchtext customer service

Pilihan Olahraga yang Cocok untuk Remaja Perempuan

Remaja perempuan mesti rutin berolahraga, agar kesehatan fisik dan mental selalu terjaga. Berikut beberapa olahraga untuk remaja perempuan yang bisa dijadikan pilihan.
Pilihan Olahraga yang Cocok untuk Remaja Perempuan

Klikdokter.com, Jakarta Olahraga adalah hal yang penting dilakukan secara rutin, tak terkecuali bagi remaja perempuan. Pasalnya, aktivitas positif ini tak hanya untuk menjaga kondisi fisik, tapi juga kesehatan mental.

Bahkan, menurut Kids Health, remaja perempuan yang rutin berolahraga memiliki risiko lebih kecil untuk terkena kanker payudara di kemudian hari.

Selain itu, aktivitas sehat itu juga bisa membantu anak perempuan melewati masa remaja yang sulit.

Nah, bagi remaja perempuan yang ingin menikmati sederet manfaat tersebut, berikut ini beberapa olahraga yang bisa dijadikan pilihan:

1 dari 4

1. Renang

Remaja Perempuan Berenang
loading

Berdasarkan dr. Muhammad Iqbal Ramadhan, renang adalah jenis olahraga kardio yang cocok untuk remaja perempuan. Sebab, jenis olahraga ini terbukti efektif membakar lemak dan mendukung bentuk tubuh perempuan.

Melansir Medical News Today, manfaat yang bisa dirasakan remaja perempuan berkat olahraga renang adalah kekuatan dan kebugaran tubuh, otot lebih kencang, hingga berat badan ideal.

“Selain itu, renang juga bermanfaat untuk menguatkan jantung,” kata dr. Iqbal.

Artikel Lainnya: Tips Membangkitkan Semangat untuk Kembali Olahraga

2. Jogging

Jogging juga termasuk sebagai olahraga yang cocok untuk remaja perempuan. Olahraga kardio ini bermanfaat untuk membakar banyak kalori, sehingga membantu memperoleh berat badan ideal.

Manfaat tersebut bisa dirasakan lebih optimal apabila olahraga jogging secara rutin dikombinasikan dengan penerapan gaya hidup sehat dan pola makan bergizi seimbang.

2 dari 4

3. Plank

Remaja Perempuan Melakukan Plank
loading

Gerakan plank nyaris menyerupai push up. Bedanya, plank menggunakan lengan bawah sebagai tumpuan.

Manfaat plank untuk anak perempuan menurut dr. Iqbal, yaitu dapat mengencangkan otot sekitar perut, dada, maupun belakang pinggul.

4. Senam

Remaja perempuan juga dianjurkan melakukan olahraga senam. Aktivitas ini bermanfaat dalam meningkatkan fleksibilitas otot, membangun kekuatan, mengoptimalkan koordinasi tubuh, dan baik untuk kesehatan tulang.

Selain itu, senam juga bermanfaat untuk meningkatkan fokus dan disiplin. Hal ini penting, mengingat banyak anak perempuan yang kesulitan menghadapi masa remaja.

Artikel Lainnya: Sederet Penyebab Tangan Gemetar Setelah Olahraga

3 dari 4

5. Voli

Remaja Perempuan Olahraga Voli
loading

Berdasarkan Sporty Tell, bola voli merupakan olahraga beregu yang paling diminati anak perempuan di Amerika Serikat.

Voli untuk remaja perempuan bermanfaat untuk membakar kalori, meningkatkan kekuatan otot maupun tulang, melatih keseimbangan dan koordinasi tubuh, serta mengoptimalkan metabolisme.

Selain itu, seperti olahraga pada umumnya, voli juga dapat meningkatkan suasana hati. Pasalnya, selama bermain voli, tubuh akan melepaskan hormon endorfin.

Endorfin merupakan zat kimia alami yang diproduksi sistem saraf tubuh untuk mengatasi rasa sakit atau stres.

Bagi anak perempuan yang kerap galau menghadapi masa remaja, voli bisa menjadi aktivitas pelarian yang positif.

6. Yoga

Rekomendasi olahraga untuk remaja perempuan yang terakhir adalah yoga. Jenis olahraga relaksasi ini bermanfaat untuk melatih fleksibilitas dan keseimbangan, juga terbukti mampu meredakan stres.

Beberapa penelitian mengungkap bahwa yoga dapat menurunkan kadar kortisol atau hormon stres di dalam tubuh. Olahraga ini pun terbukti mampu meningkatkan kualitas tidur.

Baca Juga

Kualitas tidur yang baik adalah salah satu kunci untuk mencegah stres berlebih, obesitas, dan risiko gangguan kesehatan lainnya.

Itu dia deretan olahraga yang cocok untuk remaja perempuan. Jika punya pertanyaan terkait hal tersebut atau hal lainnya tentang kondisi kesehatan, Anda bisa melakukan konsultasi lebih lanjut kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi Klikdokter.

(NB/AYU)

ARTIKEL TERKAIT

Menu Sarapan Sehat Sebelum Main Sepak Bola

Info Sehat
07 Sep

Rekomendasi Olahraga Duduk untuk Lansia

Info Sehat
06 Sep

Beragam Cara Tingkatkan Kesehatan Paru dengan Lari

Info Sehat
05 Sep

Waspada, Ini Penyebab Mata Kunang-Kunang saat Olahraga

Info Sehat
05 Sep

Manfaat Olahraga Gymnastic untuk Kesehatan Anak

Info Sehat
05 Sep

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat