Penyebab Nyeri Tulang Kering saat Olahraga dengan Treadmill - Info Sehat Klikdokter.com
searchtext customer service

Penyebab Nyeri Tulang Kering saat Olahraga dengan Treadmill

Nyeri tulang kering saat olahraga dengan treadmill dapat disebabkan oleh sejumlah faktor. Apa saja faktor yang termasuk? Cari tahu selengkapnya lewat ulasan berikut!
Penyebab Nyeri Tulang Kering saat Olahraga dengan Treadmill

Apakah Anda termasuk orang yang gemar olahraga dengan treadmill? Jenis aktivitas ini memang bermanfaat untuk menurunkan berat badan, meningkatkan kesehatan sistem kardiovaskular, hingga mendukung daya tahan tubuh.  

Meski demikian, olahraga dengan treadmill tidak dapat dilakukan sembarangan. Jika abai, jenis aktivitas ini berpotensi menyebabkan nyeri tulang kering.

Berdasarkan Livestrong, keluhan tersebut biasa dirasakan di antara tulang kering serta otot yang membalut sisi sampingnya. Rasa nyeri bisa timbul dan menghilang, selama Anda berlari di treadmill.

Beberapa hal yang bisa menjadi penyebab nyeri tulang kering saat olahraga dengan treadmil, antara lain:

1 dari 4

1. Salah Pilih Sepatu

Salah Pilih Sepatu
loading

Disampaikan dr. Reza Fahlevi, Sp. A, penggunaan sepatu yang tidak nyaman dapat menjadi penyebab nyeri tulang kering ketika berlari di atas treadmill.

Artikel Lainnya: Kepadatan Tulang Bisa Menurun di Usia 30, Lakukan Ini dari Sekarang!

Sebab, sepatu yang kurang tepat tidak mampu memberikan fleksibilitas optimal. Sepatu seperti itu juga tidak dapat melindungi hentakan kaki di permukaan treadmill, sehingga mengakibatkan nyeri tulang kering.

“Untuk itu, gunakanlah sepatu yang nyaman, baik dari segi ukuran maupun bentuk,” saran dr. Reza.

Mengutip American College of Sports Medicine, sepatu lari sebaiknya diganti jika Anda sudah menempuh jarak 563 kilometer.

2. Kesalahan Gerakan

Menurut dr. Reza, kesalahan gerakan ketika berlari di atas treadmill dapat memicu nyeri tulang kering.

“Misalnya, berlari terlalu kencang atau hentakannya terlalu kuat. Nyeri tulang kering pada kasus ini khususnya terjadi pada orang obesitas,” ucap dr. Reza.

Kesalahan gerakan tersebut menyebabkan otot dan tendon pada tulang kering bekerja terlalu keras. Akibatnya, kemampuan otot dan tendon dalam mengantisipasi gaya kejut hentakan kaki di permukaan treadmill menjadi berkurang. Alhasil, nyeri tulang kering tak bisa dihindari lagi.

2 dari 4

3. Porsi Latihan Berlebihan

Porsi Latihan Berlebihan
loading

Nyeri tulang kering juga dapat disebabkan porsi latihan yang berlebihan. Hal ini biasa dialami orang yang sudah tidak lama berolahraga, namun memaksakan diri berlari di atas treadmill dengan intensitas berat. 

“Oleh karena itu, jangan memaksakan porsi maupun intensitas olahraga. Berlarilah sesuai kemampuan, dan lakukan secara bertahap,” saran dr. Reza.

Artikel Lainnya: Tumbuh Tulang di Otot, Ketahui Cedera Myositis Ossificans

4. Kekurangan Kalsium dan Vitamin D

Salah satu manfaat utama kalsium adalah menjaga kesehatan dan kepadatan tulang. Agar penyerapan kalsium dari makanan berjalan optimal, tubuh membutuhkan asupan vitamin D yang cukup.

Jika keduanya tidak terpenuhi, Anda lebih berisiko mengalami gangguan tulang—termasuk nyeri tulang kering—ketika berolahraga dengan treadmill.

5. Kondisi Fisik

Kondisi fisik dapat menyebabkan nyeri tulang kering ketika olahraga dengan treadmill. Kondisi fisik yang dimaksud di sini, misalnya masalah tulang maupun telapak kaki datar. 

Kedua kondisi tersebut bisa meningkatkan risiko cedera, dan memicu nyeri tulang kering ketika berlari di atas treadmill.

3 dari 4

6. Punya Riwayat Cedera

Punya Riwayat Cedera
loading

Berdasarkan dr. Reza, Anda berisiko tinggi mengalami nyeri tulang kering jika punya riwayat cedera, khususnya pada area tersebut.

Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk memulihkan cedera terlebih dahulu sebelum kembali berolahraga dengan treadmill.

7. Bantalan Treadmill Terlalu Keras

Landasan permukaan treadmill dilapisi oleh bantalan. Jika komponen ini memiliki tekstur yang terlalu keras, risiko nyeri tulang kering bisa semakin tinggi. Risiko ini bisa meningkat apabila Anda melakukan hentakan yang terlalu keras, atau memiliki berat badan berlebih.

Baca Juga

Kendati bukan kondisi medis yang serius, nyeri tulang kering akibat olahraga dengan treadmill bisa mengganggu aktivitas. Jika mengalaminya, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter guna mengetahui penyebab dan cara terbaik mengatasinya.

Jika ingin bertanya lebih lanjut seputar topik kesehatan lain, Anda bisa bertanya secara daring kepada dokter dengan memanfaatkan layanan LiveChat 24 jam atau aplikasi Klikdokter.

(NB/JKT) 

ARTIKEL TERKAIT

Mitos-Mitos Olahraga yang Tak Perlu Anda Percaya

Info Sehat
12 Sep

Pentingnya Aktivitas Fisik bagi Usia Senior di Masa Pandemi

Info Sehat
11 Sep

‘Merapel’ Waktu Olahraga di Akhir Pekan, Adakah Manfaatnya?

Info Sehat
11 Sep

Pilihan Olahraga yang Cocok untuk Remaja Perempuan

Info Sehat
09 Sep

Menu Sarapan Sehat Sebelum Main Sepak Bola

Info Sehat
07 Sep

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat