Penyebab dan Solusi untuk Kulit Wajah Kusam Berjerawat
search

Penyebab Wajah Kusam dan Berjerawat beserta Solusinya

Punya kulit wajah kusam dan berjerawat sehingga kurang percaya diri? Tak perlu panik! Berikut ini penyebab wajah kusam dan berjerawat beserta cara mengatasinya.
Penyebab Wajah Kusam dan Berjerawat beserta Solusinya

Kulit wajah kusam dan berjerawat bagaikan mimpi buruk bagi setiap orang. Meski bukan kondisi yang mengancam nyawa, keadaan ini tetap dapat mengganggu aktivitas lantaran mampu menurunkan rasa percaya diri.

Lantas, harus bagaimana? Apakah ada tindakan yang bisa dilakukan sebagai cara mengatasi kulit wajah kusam dan berjerawat?

Tentu saja ada! Namun, sebelum membahas solusinya, Anda mesti terlebih dahulu tahu tentang penyebab wajah kusam dan berjerawat.

1 dari 3

Penyebab Wajah Kusam dan Berjerawat

loading

Berikut ini adalah beberapa kondisi yang dapat menjadi penyebab wajah kusam dan berjerawat:

  • Tidak Membersihkan Wajah secara Rutin

Menjaga kebersihan wajah dengan saksama adalah kunci utama untuk mencegah kekusaman dan jerawat.

Artikel Lainnya: Sering Beruntusan, Ketahui Cara Hilangkan Jerawat Pasir

Pasalnya, kotoran atau sisa makeup yang menempel di kulit wajah dalam waktu cukup lama dapat menyumbat pori-pori. Hal inilah yang kemudian menyebabkan iritasi hingga pembentukan jerawat.

Tak hanya itu, kotoran di wajah yang tidak dibersihkan secara rutin dan dengan cara tepat juga bisa menyebabkan penumpukan sel kulit mati sehingga menyebabkan kekusaman dan tampak bersisik.

  • Sering Terpapar Ultraviolet Matahari

Terpapar sinar ultraviolet matahari dalam waktu cukup lama dapat mencetuskan kerusakan kulit, dan menyebabkan kekusaman.

Kulit yang rusak akibat terpapar sinar ultraviolet lebih mudah mengalami iritasi, sehingga risiko terbentuknya jerawat pun akan semakin tinggi.

  • Kurang Minum Air Putih

Mengonsumsi air putih dalam jumlah cukup adalah kunci untuk menjaga hidrasi kulit. Apabila Anda kurang minum air putih, tubuh akan masuk dalam kondisi dehidrasi.

Faktanya, dehidrasi tak hanya akan merugikan kesehatan organ tubuh bagian dalam, tapi juga bisa berdampak buruk kondisi kulit secara keseluruhan.

Dalam kondisi dehidrasi, kulit bisa tampak lebih kusam, bersisik, dan terasa kasar. Kondisi kulit yang seperti ini lebih mudah mengalami iritasi, sehingga jerawat lebih mudah terbentuk.

  • Tidak Menggunakan Pelembap

Pelembap atau moisturizer berfungsi untuk ‘mengunci’ minyak alami kulit sehingga tak terjadi kekeringan.

Apabila Anda tidak mengaplikasikan pelembap, minyak alami kulit dapat lebih mudah menguap. Kondisi ini membuat kulit Anda tampak kering dan kusam, serta berisiko lebih tinggi untuk mengalami iritasi hingga pembentukan jerawat.

Artikel Lainnya: Kebiasaan yang Bisa Bikin Anda Punya Wajah Boros

  • Tidak Mengonsumsi Sayur dan Buah

Selain perawatan dari luar, kulit juga butuh asupan nutrisi dari dalam. Nah, cara terbaik untuk memenuhi asupan nutrisi kulit adalah dengan mengonsumsi sayur dan buah-buahan segar.

Apabila Anda kekurangan konsumsi sayur dan buah, kulit tak akan mendapatkan asupan nutrisi yang cukup untuk bisa bertahan dari paparan dunia luar.

Sebagai akibatnya, polusi, paparan ultraviolet matahari, dan kondisi-kondisi lingkungan lainnya dapat dengan mudah menyebabkan kerusakan pada kulit. Pada akhirnya, kekusaman dan pembentukan jerawat tak bisa dihindari lagi.

  • Tidak Rutin Melakukan Eksfoliasi

Tindakan eksfoliasi akan membantu kulit mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk dan beregenerasi.

Dengan begitu, sel-sel kulit mati penyebab kulit kusam dan jerawat dapat lebih cepat dan mudah dihilangkan. Kulit pun akan beregenerasi dengan baik sehingga tampak lebih sehat.

  • Stres dan Kurang Tidur

Stres dan kurang tidur juga dapat menyebabkan masalah pada kesehatan kulit Anda. Kedua kondisi tersebut membuat kulit menjadi lebih rentan untuk mengalami kekusaman dan berjerawat, khususnya jika dibiarkan terjadi berkelanjutan.

2 dari 3

Solusi Menghilangkan Jerawat dan Wajah Kusam

loading

Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan sebagai cara mencerahkan wajah kusam dan menghilangkan jerawat:

  • Bersihkan Wajah Secara Berkala

Untuk mencegah sekaligus mengatasi kulit wajah kusam dan berjerawat, Anda diharuskan untuk membersihkan wajah secara rutin.

Namun, pastikan Anda tidak melakukannya terlalu sering, karena malah dapat menghilangkan minyak alami yang ada di kulit.

Tidak cukup hanya dengan itu, Anda juga wajib menggunakan produk skincare yang terbukti dapat mengatasi sekaligus mencegah kulit kusam dan berjerawat.

Dalam hal ini, produk yang bisa Anda jadikan pilihan utama adalah GARNIER Bright and Complete Anti-Acne.

Artikel Lainnya: Tanda Anda sedang Stres yang Bisa Dilihat dari Kondisi Kulit

GARNIER Bright and Complete Anti-Acne produk skincare 3-in-1, yang dapat membersihkan, mengatasi jerawat, dan mencerahkan kulit.

GARNIER Bright and Complete Anti-Acne
loading

Kandungan vitamin C di dalam GARNIER Bright and Complete Anti-Acne pun telah teruji secara klinis dapat membantu mencerahkan dan menghilangkan noda hitam di kulit.

Lebih lanjut, GARNIER Bright and Complete Anti-Acne Cleanser juga memiliki kandungan salicylic acid yang telah direkomendasikan oleh dermatologis sebagai bahan untuk mengatasi jerawat dengan cepat.

  • Gunakan Pelembap

Setelah wajah dicuci bersih dan dilap hingga kering, segera aplikasikan pelembap yang sesuai dengan kondisi kulit Anda. Hal ini bertujuan untuk ‘mengunci’ minyak alami kulit agar tidak menguap dan menyebabkan kekeringan.

  • Lakukan Eksfoliasi

Anda dianjurkan untuk melakukan eksfoliasi guna mengangkat sel kulit mati agar tidak terus menumpuk dan menyebabkan kekusaman serta jerawat.

Eksfoliasi dapat dilakukan dengan bantuan scrub. Pastikan Anda melakukan tindakan eksfoliasi tidak lebih dari 2 kali dalam seminggu. Jika lebih dari itu, kulit malah bisa mengalami kerusakan.

Artikel Lainnya: Hati-hati! Sering Naik Pesawat Bisa Tingkatkan Risiko Wajah Jerawatan

  • Gunakan Produk Perawatan yang Tepat

Agar kulit kusam dan jerawat tak kembali menghampiri, Anda mesti merawat kulit menggunakan skincare yang tepat. Lagi-lagi, pilihan skincare terbaik untuk mencegah kulit kusam dan berjerawat adalah Garnier Bright Complete Anti-Acne Mask.

Garnier Bright Complete Anti-Acne Mask mengandung salicylic acid yang bertugas untuk membasmi sekaligus mencegah pembentukan jerawat di kulit wajah.

Selain itu, Garnier Bright Complete Anti-Acne Mask juga mengandung vitamin C dan niacinamide, yang terbukti dapat mencegah noda hitam serta mengurangi kemerahan di kulit.

Baca Juga

GARNIER Bright and Complete Anti-Acne merupakan solusi terbaik untuk kulit kusam dan berjerawat. Jadi, jangan lupa untuk selalu menyediakannya di rumah, ya. Jangan lupa baca aturan pakai, agar manfaatnya dapat dirasakan lebih optimal.

Jika kulit kusam dan jerawat tak kunjung hilang akibat adanya kondisi medis lain yang menyertai, sebaiknya Anda konsultasikan hal ini kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi Klikdokter.

(NB/AYU)

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Yenny Rachmawati, Sp.D.V.

Spesialis Kulit dan Kelamin
wallet
Rp. 50.000
avatar

dr. Kartika Paramita, Sp. KK

Spesialis Kulit dan Kelamin
wallet
Rp. 30.000

ARTIKEL TERKAIT

Pakai Skincare Retinol saat Hamil, Berbahayakah?

Info Sehat
09 Sep

Beragam Manfaat Saw Palmetto untuk Kulit

Info Sehat
04 Sep

Mengenal Boreh, Perawatan Kecantikan Khas Bali

Info Sehat
03 Sep

Bukan Cuma Bikin Candu, Ini Efek Buruk Sabu pada Kulit

Info Sehat
03 Sep

Kulit Seperti Terbakar saat Kena Es, Waspada Ice Burn

Info Sehat
02 Sep

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat